Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Edpuzzle pada Materi Sumber Energi Sesuai Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v6i2.4462Keywords:
Media Pembelajaran, Edpuzzle, ADDIE, Kelayakan MediaAbstract
Media pembelajaran interaktif berbasis teknologi, salah satunya Edpuzzle, dikembangkan berdasarkan perkembangan teknologi pendidikan dan Kurikulum Merdeka yang berpusat pada kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran berbasis Edpuzzle pada materi sumber energi sesuai Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE yang disederhanakan menjadi tiga tahap, yaitu analisis, desain, dan pengembangan. Pada tahap pengembangan, dilakukan pengujian kelayakan oleh ahli media, ahli materi, dan pendidik. Media pembelajaran fisika berbasis Edpuzzle ini difokuskan pada materi sumber energi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kelayakan media mencapai 81%, sedangkan kelayakan materi sebesar 88%, keduanya dengan kriteria sangat layak. Hasil tersebut menyimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Edpuzzle sangat layak digunakan sebagai sarana pembelajaran. Media ini mendukung pembelajaran yang lebih interaktif, relevan dengan kebutuhan siswa, serta membantu pencapaian tujuan pembelajaran sesuai Kurikulum Merdeka.
Downloads
References
Arfa, A. N., Supriyatin, T., Syafa’atun, S., & Kurniawan, M. A. R. (2022). Mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Edpuzzle di SMPN 11 Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi Dan Sains, 1(2), 15–24. https://doi.org/10.30998/jpmbio.v1i2.1294
Atika, A., Kosim, K., Sutrio, S., & Ayub, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 13–17. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.381
Daryanes, F., Darmadi, D., Fikri, K., Sayuti, I., Rusandi, M. A., & Situmorang, D. D. B. (2023). The development of articulate storyline interactive learning media based on case methods to train student’s problem-solving ability. Heliyon, 9(4), e15082. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e15082
Fridayanti, Y., Irhasyuarna, Y., & Putri, R. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Pada Materi Hidrosfer Untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik SMP/MTS. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 49–63. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.75
Gunawan, & Ritongga, A. A. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0. Rajawali Pers, 13(1), 104–116.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A. D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, Fakhrudin, A., Hamdani, & Suprapno. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. In Nucl. Phys. (Vol. 13, Issue 1).
Maudina, E., Nurhayati, N., & Supriyadi, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Menyimak Teks Cerita Rakyat Berbasis Edpuzzle Kelas X Sma Pusri Palembang. https://repository.unsri.ac.id/53335/
Mayer, R. E. (2021). Evidence-Based Principles for How to Design Effective Instructional Videos. In Journal of Applied Research in Memory and Cognition (Vol. 10, Issue 2, pp. 229–240). https://doi.org/10.1016/j.jarmac.2021.03.007
Pulungan, P. S. M. P., & Marpaung, A. S. S. P. . M. H. (2023). Statistik Pendidikan Penerbit Cv. Eureka Media Aksara. Statistik Pendidikan, 1–112.
Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarma, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi ( Differentiated Instruction ).
Sunaryo, S., Nasbey, H., & Maulana, A. (2023). E-Modul Belajar Berbasis Problem-Based Learning Pada Materi Energi Micro Hidro Berbantuan 3D Page Flip Untuk Siswa Sma. E-Jaournal Prosiding Seminar Nasional Fisika, XI, 311–320. https://doi.org/10.21009/03.1102.pf43
Tambunan, M. A., & Siagian, P. (2022). Humantech Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website (Google Sites) Pada Materi Fungsi Di Sma Negeri 15 Medan. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(10), 1520–1533.
Wardhany, R. P. K. (2020). Media Video Kejadian Fisika Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2301–9794, 1–8.
Zahroh, A. A., & Hasan, L. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi untuk Materi Basa Rinengga di Kelas X SMA Islam Temayang Bojonegoro Adinda Alfiranda Zahroh Fakultas Bahasa dan Seni , Universitas Negeri Surabaya Latif Nur Hasan Fakultas Bahasa dan Seni , Universita. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/job.v18n3.p1177-1196
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Emilya Puteri, Zeni Haryanto, Nurul Fitriyah Sulaeman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.




.png)



