Pembelajaran Fisika Berbasis Android dengan Program Adobe Flash Cs 6 untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA IT Granada Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i02.191Keywords:
Pembelajaran berbasis android, hasil belajar, berpikir kritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran berbasis android dengan program adobe flash CS 6 yang layak digunakan sebagai sumber belajar fisika kelas X, mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis android dengan program adobe flash CS 6 terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika kelas X. Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Terpadu Granada Samarinda dengan jumlah sampel sebanyak 29 siswa pada kelas X IPA A. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal essai untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa yaitu berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk hasil pengembangan media dinyatakan valid berdasarkan penilaian ahli media dan guru fisika, media pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis pada impuls dan momentum dengan nilai gain 0,64 atau dalam kategori sedang.
Downloads
References
Azhar, A. (2011). Media Pembelajaran. Meedia Pembelajaran.https://doi.org/media pembelajaran.
Darmayoga, I. W., Lasmawan, I. W., & Marhaeni, A. A. I. N. (2013). Pengaruh Implementasi Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ips Ditinjau Dari Minat Siswa Kelas Iv Sd Sathya Sai Denpasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia.
Pendidikan, B. S. N. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Peters, M., Godfrey, C. M., Mcinerney, P., Baldini Soares, C., Khalil, H., & Parker, D. (2017). 2017 Guidance for the Conduct of JBI Scoping Reviews. Joana Briggs Institute Reviewer’s Manual
Saselah, Y. R., Amir, M., & Riskan, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 Professional Pada Pembelajaran Kesetimbangan Kimia. Jurnal Kimia Dan Pembelajaran Kimia, 2(2), 80–89. https://docplayer. info/58342448
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.