Pembelajaran Fisika Berbasis Android dengan Program Adobe Flash Cs 6 untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA IT Granada Samarinda

Main Article Content

Eka Yuliana
Lambang Subagiyo
Zulkarnaen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran berbasis android dengan program adobe flash CS 6 yang layak digunakan sebagai sumber belajar fisika kelas X, mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis android dengan program adobe flash CS 6 terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar  fisika kelas X. Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Terpadu Granada Samarinda dengan jumlah sampel sebanyak 29 siswa pada kelas X IPA A. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal essai untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa yaitu berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk hasil pengembangan media dinyatakan valid berdasarkan penilaian ahli media dan guru fisika, media pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis pada impuls dan momentum dengan nilai gain 0,64 atau dalam kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yuliana, E., Subagiyo, L., & Zulkarnaen. (2020). Pembelajaran Fisika Berbasis Android dengan Program Adobe Flash Cs 6 untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA IT Granada Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1(02), 105 - 114. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i2.191
Section
Articles
Author Biography

Eka Yuliana, Universitas Mulawarman

Program Studi Pendidikan Fisika

References

Amalia, R. D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Education Mobile Berbasis Android pada Mata Pelajaran IPA Fisika Kelas VIII di MTs Al-Asror Patemon Kecamatan Gunung Patai Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Azhar, A. (2011). Media Pembelajaran. Meedia Pembelajaran.https://doi.org/media pembelajaran.

Darmayoga, I. W., Lasmawan, I. W., & Marhaeni, A. A. I. N. (2013). Pengaruh Implementasi Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ips Ditinjau Dari Minat Siswa Kelas Iv Sd Sathya Sai Denpasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia.

Pendidikan, B. S. N. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Peters, M., Godfrey, C. M., Mcinerney, P., Baldini Soares, C., Khalil, H., & Parker, D. (2017). 2017 Guidance for the Conduct of JBI Scoping Reviews. Joana Briggs Institute Reviewer’s Manual

Saselah, Y. R., Amir, M., & Riskan, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 Professional Pada Pembelajaran Kesetimbangan Kimia. Jurnal Kimia Dan Pembelajaran Kimia, 2(2), 80–89. https://docplayer. info/58342448