Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Edpuzzle pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke sesuai Kurikulum Merdeka

Authors

  • Marely Corlyna Debora Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Zeni Haryanto Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Riskan Qadar Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30872/jlpf.v6i1.4464

Keywords:

Learning Media, Edpuzzle, ADDIE, Media Eligiblity

Abstract

Media pembelajaran memiliki peran penting dalam menunjang keberhasilan proses belajar mengajar. Salah satu media yang digunakan adalah Edpuzzle, platform video interaktif yang mendukung pembelajaran aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Edpuzzle pada materi elastisitas dan Hukum Hooke sesuai Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, difokuskan pada tiga tahap awal: Analyze, Design, dan Development. Uji kelayakan dilakukan oleh satu ahli media, satu ahli materi, dan satu pendidik. Hasil validasi menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat layak, dengan rata-rata skor kelayakan sebesar 90%. Ahli media memberikan nilai 91% dan ahli materi 92%, keduanya masuk kategori sangat layak. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Edpuzzle dapat digunakan secara efektif dalam pembelajaran fisika, khususnya dalam meningkatkan keterlibatan siswa, membantu pemahaman konsep, serta mempermudah guru dalam menyampaikan materi melalui video interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 62–78. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/18403/14752

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Firdausi, E. A., Suyudi, A., & Yuliati, L. (2020). Identifikasi Kemampuan Penalaran Ilmiah Materi Elastisitas dan Hukum Hooke pada Siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 5(2), 69–75. http://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta. Mataram

Hayati, F. (2020). Pengembangan Video Animasi Berbasis Edpuzzle Dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa dan Seni Anak Usia 4-5 Tahun. Tesis Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44246

Jacinda, A. A. (2021). Peningkatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Peserta Didik Kelas XI SMA YP Unila Bandar Lampung Melalui Diskusi Interaktif Menggunakan Aplikasi Edpuzzle. Skripsi Progam Studi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. https://doi.org/10.1007/978-3-030-56711-8_1

Jalaluddin, M., Yuris, M., & Alfat, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika SMA Kelas XI menggunakan Adobe Flash Professional CS6 Pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 4(4), 174–177. https://doi.org/10.36709/jipfi.v4i4.9743

Jayantika, I. G. A. N. T., & Andini, N. M. P. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Edpuzzle Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, XI(2), 85–96. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/2051/1776

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Nurhidayah, M. Irfan, & Masriani. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Google Form Sebagai Alternatif Penilaian Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Sirkulasi Di Kelas XI IPA Jenjang Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 3(2), 75–82. https://doi.org/10.31605/bioma.v3i2.1351

Purmintasari, Y. D., & Lesmana, C. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Edpuzzle dalam Pembelajaran Sejarah. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan, 7(2), 197–209. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/fhs/article/view/12370/pdf

Purnawanto, A. T. (2022). Perencankan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 20(1), 75–94. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/116

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian dan Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek. Lembaga Academic & Research Institute. Pasuruan

Roos, & Jeanne. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 979–988. https://doi.org/10.5281/zenodo.10047903

Sirri, E. L., & Lestari, P. (2020). Implementasi Edpuzzle Berbantuan Whatsapp Group Sebagai Alternatif Pembelajaran Daring Pada Era Pandemi. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(2), 67–72. http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v5i2.1830

Sundi, V. H., Astari, T., Rosiyanti, H., & Ramadhani, A. (2020). Efektivitas Penggunaan Edpuzzle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–10. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/8074

Utami, L., & Amiruddin, A. (2018). Pengembangan Media Laboratorium Virtual Model 4D Pada Mata Kuliah Fisika. Jurnal Fisika dan Pembelajarannya (PHYDAGOGIC), 1(1), 7–14. https://doi.org/10.31605/phy.v1i1.212

Zahroh, A. (2015). Total Quality Management: Capaian Kualitas Output Melalui Sistem Kontrol Mutu Sekolah. Jurnal Cendekia, 9(1), 79–94. https://doi.org/10.30957/cendekia.v9i1.54

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Debora, M. C., Haryanto, Z., & Qadar, R. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Edpuzzle pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke sesuai Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 6(1), 34–41. https://doi.org/10.30872/jlpf.v6i1.4464

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>