Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Edpuzzle pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke sesuai Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v6i1.4464Keywords:
Learning Media, Edpuzzle, ADDIE, Media EligiblityAbstract
Media pembelajaran memiliki peran penting dalam menunjang keberhasilan proses belajar mengajar. Salah satu media yang digunakan adalah Edpuzzle, platform video interaktif yang mendukung pembelajaran aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Edpuzzle pada materi elastisitas dan Hukum Hooke sesuai Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, difokuskan pada tiga tahap awal: Analyze, Design, dan Development. Uji kelayakan dilakukan oleh satu ahli media, satu ahli materi, dan satu pendidik. Hasil validasi menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat layak, dengan rata-rata skor kelayakan sebesar 90%. Ahli media memberikan nilai 91% dan ahli materi 92%, keduanya masuk kategori sangat layak. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Edpuzzle dapat digunakan secara efektif dalam pembelajaran fisika, khususnya dalam meningkatkan keterlibatan siswa, membantu pemahaman konsep, serta mempermudah guru dalam menyampaikan materi melalui video interaktif.
Downloads
References
Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 62–78. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/18403/14752
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Firdausi, E. A., Suyudi, A., & Yuliati, L. (2020). Identifikasi Kemampuan Penalaran Ilmiah Materi Elastisitas dan Hukum Hooke pada Siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 5(2), 69–75. http://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf
Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta. Mataram
Hayati, F. (2020). Pengembangan Video Animasi Berbasis Edpuzzle Dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa dan Seni Anak Usia 4-5 Tahun. Tesis Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44246
Jacinda, A. A. (2021). Peningkatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Peserta Didik Kelas XI SMA YP Unila Bandar Lampung Melalui Diskusi Interaktif Menggunakan Aplikasi Edpuzzle. Skripsi Progam Studi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. https://doi.org/10.1007/978-3-030-56711-8_1
Jalaluddin, M., Yuris, M., & Alfat, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika SMA Kelas XI menggunakan Adobe Flash Professional CS6 Pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 4(4), 174–177. https://doi.org/10.36709/jipfi.v4i4.9743
Jayantika, I. G. A. N. T., & Andini, N. M. P. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Edpuzzle Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, XI(2), 85–96. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/2051/1776
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Nurhidayah, M. Irfan, & Masriani. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Google Form Sebagai Alternatif Penilaian Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Sirkulasi Di Kelas XI IPA Jenjang Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 3(2), 75–82. https://doi.org/10.31605/bioma.v3i2.1351
Purmintasari, Y. D., & Lesmana, C. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Edpuzzle dalam Pembelajaran Sejarah. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan, 7(2), 197–209. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/fhs/article/view/12370/pdf
Purnawanto, A. T. (2022). Perencankan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 20(1), 75–94. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/116
Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian dan Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek. Lembaga Academic & Research Institute. Pasuruan
Roos, & Jeanne. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 979–988. https://doi.org/10.5281/zenodo.10047903
Sirri, E. L., & Lestari, P. (2020). Implementasi Edpuzzle Berbantuan Whatsapp Group Sebagai Alternatif Pembelajaran Daring Pada Era Pandemi. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(2), 67–72. http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v5i2.1830
Sundi, V. H., Astari, T., Rosiyanti, H., & Ramadhani, A. (2020). Efektivitas Penggunaan Edpuzzle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–10. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/8074
Utami, L., & Amiruddin, A. (2018). Pengembangan Media Laboratorium Virtual Model 4D Pada Mata Kuliah Fisika. Jurnal Fisika dan Pembelajarannya (PHYDAGOGIC), 1(1), 7–14. https://doi.org/10.31605/phy.v1i1.212
Zahroh, A. (2015). Total Quality Management: Capaian Kualitas Output Melalui Sistem Kontrol Mutu Sekolah. Jurnal Cendekia, 9(1), 79–94. https://doi.org/10.30957/cendekia.v9i1.54
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Marely Corlyna Debora, Zeni Haryanto, Riskan Qadar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.




.png)



