Pengembangan Buku Ajar Fisika Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor di SMA
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i1.465Keywords:
Pengembangan, Buku Ajar, STEM, Validitas, ResponAbstract
Pengembangan buku ajar fisika berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada pokok bahasan suhu dan kalor di SMA bertujuan untuk menghasilkan buku ajar fisika berbasis STEM yang valid dan mendeskripsikan respon siswa terhadap buku ajar yang telah dikembangkan. Desain penelitian pengembangan yang digunakan yaitu mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan meliputi Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Buku ajar yang telah dikembangkan dilakukan penilaian kelayakan produk oleh validator ahli dan pengguna. Hasil validasi buku ajar fisika berbasis STEM berkategori sangat valid dengan tingkat validitas mencapai 86,2%. Hasil respon siswa menunjukkan respon sangat positif dengan nilai persentase respon siswa mencapai 90,98%. Berdasarkan hasil perolehan validitas dan respon siswa, maka buku ajar fisika berbasis STEM pada pokok bahasan suhu dan kalor berkategori sangat valid dan mendapat respon sangat baik dari siswa. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai referensi sumber belajar bagi guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran di SMA.
Downloads
References
Akbar, S. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Almuharomah, F. A., Mayasari, T., dan Kurniadi, E. (2019). Pengembangan Modul Fisika STEM Terintegrasi Kearifan Lokal “Beduk” Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), 1-10.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Aristawati, N. K., Sadia, I. W., dan Sudiatmika, A. A. I. A. R. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 8(1), 31-41.
Bozkurt, A., Ucar, H., dan Idin, S., (2019). The Current State of The Art in STEM Research: A Systematic Review Study. Cypriot Journal of Educational Science, 14(3), 374-383.
Kemendikbud. 2014. Pedoman Guru Mata Pelajaran Fisika untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Leionen, J., Moisseev, D., dan Nousiainen, T., (2013). Linking Snowflake Microstructure to Multi-Frequency Radar Observation. Journal of Geophysical Research Atmospheres, 118(8), 3259-3270.
Moore, T. J., Stohlmann, M.S., Wang, H. H., Tank, K. M., Glancy, A. W., dan Roehrig, G. H. (2014). Implementation and Integration of Engineering in K-12 STEM education. Engineering in Pre-College Settings: Synthesizing Research, Policy, and Practices. Purdue University Press: 35-60.
Nessa, W., Hartono, Y., dan Hiltrimartin, C. (2017). Pengembangan Buku Siswa Materi Jarak pada Ruang Dimensi Tiga Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Problem Based Learning di Kelas X. Jurnal Elemen, 3(1), 1-14.
Pangesti, K.I., Yulianti, D., dan Sugianto. (2017). Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(3), 53-58.
Rusyati, R., Permanasari, A., dan Ardianto, D. (2019). Rekonstruksi Bahan Ajar Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Teknologi Siswa pada Konsep Kemagnetan. Journal of Science Education and Practice, 2(2), 10-22.
Sugianto, D., Ahied, M., Hasi, W. P., Wulandari, A. Y. R. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Proyek Terintegrasi STEM pada Materi Tekanan. Natural Science Education Research, 1(1), 28-39.
Suryana, A., Utami, I. S., Septiyanto, R. F., dan Wibowo, F. C. (2017). Pengembangan STEM-A Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 67-73.
Syahirah, M., Anwar, L., dan Holiwarni, B. (2020). Pengembangan Modul Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Pada Pokok Bahasan Elektrokimia. Jurnal Pijar Mipa, 15(4), 317-324.
Yuanita, Y., dan Kurnia, F. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Materi Kelistrikan Untuk Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 199-210.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.