Mengukur Kelengkapan Physics Laboratory Equipment (PLE) yang Tersedia untuk Pembelajaran Fisika pada SMA Negeri di Samarinda

  • Anissa Widya Wati Universitas Mulawarman
  • Aisiah Apriliyanti Universitas Mulawarman
  • Nurul Fitriyah Sulaeman Universitas Mulawarman
Keywords: Laboratorium, Ketersediaan, Peralatan Fisika

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menyelidiki Peralatan Laboratorium Fisika (Physics Laboratory Equipment) yang tersedia untuk pembelajaran fisika i sekolah menengah atas di Samarinda serta sejauh mana penggunaan peralatan yang tersedia. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sampel terdiri dari dua sekolah menengah atas negeri di Samarinda kota. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan checklist atau daftar periksa yang dirancang sendiri dengan tag "Checklist Peralatan Laboratorium Fisika" (PLEC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan peralatan laboratorium fisika dinilai lengkap dan digunakan secara optimal di kedua sekolah yang diteliti. Sekolah A memiliki PLE yang dimanfaatkan secara maksimal dan memiliki nilai rata-rata kelengkapan tinggi, diikuti oleh Sekolah B dengan peralatan yang tersedia cukup dan kapasitas pemanfaatan yang cukup. Studi menyimpulkan bahwa laboratorium IPA dengan peralatan yang memadai dan pemanfaatan yang maksimal akan menunjang siswa untuk dapat lebih memahami suatu materi secara mendalam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriani, N. (2016). Analisis Manajemen Laboratorium Kimia SMA Negeri di Kota Tanjungpinang Guna Meningkatkan Kompetensi Guru dan Peserta Didik. Jurnal Zarah, 4(1), 1–8. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/zarah/article/view/135/138

Afriyanto, E. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Alat Peraga pada Materi Hukum Biot Savart di SMAN 1 Prambanan Klaten. JRKPF UAD, 2(1), 20–24.

Dewi, M. L. (2015). Pengembangan Modul Praktikum Fisika Berbasis Data Logger untuk SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF 2015.

Emda, A. (2017). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Ketrampilan Kerja Ilmiah. Lantanida Journal, 2(2), 218. https://doi.org/10.22373/lj.v2i2.1409

Gunawan, I. (2019). Managemen Pengelolaan Alat dan Bahan di Laboratorium Mikrobiologi. Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan, 1(1), 19. https://doi.org/10.14710/jplp.1.1.19-25

Hamidah, A., Sari, N., & Budianingsih, R. (2013). Manajemen Laboratorium Biologi BEBERAPA SMA SWASTA DI KOTA JAMBI. Sainmatika, 7(1), 1–10.

Indrawan, I., Reny Safita, D. N., Mahdayeni, Elsha, R. Y., Ita Tryas Nur Rochbani, A., Jaya, E. P., & Syafitri, Rita, Try Susanti, Maryani, E. (2019). Manajeman Laboratorium Pendidikan. In CV. Penerbit Qiara Media (Vol. 53, Issue 9). www.journal.uta45jakarta.ac.id

Lestari, N. A., Jauhariah, M. N. R., & Deta, U. A. (2017). Pelatihan Manajemen Laboratorium Untuk Pengelola Laboratorium Ipa Tingkat Sma Di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal ABDI, 3(1), 17. https://doi.org/10.26740/ja.v3n1.p17-21

Sari, S., Dayana, D., & Farida, I. (2018). Analisis Profil Manajemen Laboratorium Dalam Pembelajaran Kimia Di Sma Wilayah Sumedang. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 3(1), 73–82. https://doi.org/10.15575/jtk.v3i1.2593

Tone, K. (2017). Sistem Pengelolaan Manajemen Laboratorium Komputer Jurusan Sistem Informasi UIN Alaudin Makassar. Jurnal Instek, 2(2), 121–128. http://journal.uin.alauddin.ac.id/index.php/instek/article/view/2602

Published
2023-06-16
How to Cite
Wati, A. W., Apriliyanti, A., & Sulaeman, N. F. (2023). Mengukur Kelengkapan Physics Laboratory Equipment (PLE) yang Tersedia untuk Pembelajaran Fisika pada SMA Negeri di Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 4(1), 22-29. https://doi.org/10.30872/jlpf.v4i1.1668
Section
Articles