Studi Keterlaksanaan Pembelajaran IPA Terpadu terhadap Siswa Tunarungu di SMPLB-B Karya Ibu Palembang
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i1.1004Keywords:
IPA Terpadu, Tunarungu, SMPLB-BAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran pelaksanaan pembelajaran IPA terpadu pada anak dengan gangguan pendengaran beserta kesulitan yang dihadapi selama proses pembelajaran. Penelitian dilaksanakan di SMPLB-B Karya Ibu Palembang. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII SLB-B Karya Ibu Palembang Tahun Ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Langkah selanjutnya yaitu melakukan analisis data melalui tahap reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran di SMPLB-B Karya Ibu Palembang menerapkan kurikulum 2013 dengan menyesuaikan keterbatasan peserta didik dan proses pembelajarannya merupakan pembelajaran tematik. Selanjutnya, penguasaan pengetahuan akademik tidak menjadi fokus utama dalam pembelajaran di SMPLB-B Karya Ibu Palembang, namun lebih ke penguasaan keterampilan peserta didik. Kesulitan guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas dikarenakan: keterbatasan peserta didik dalam mengingat materi dan mempelajari materi yang bersifat abstrak, dan terbatasnya media dan alat peraga pembelajaran khususnya untuk pembelajaran praktik.
Downloads
References
Abdullah. (2014). Peningkatan Kualitas RPP Tematik Melalui Supervisi Akademik Guru Kelas SMPLB/C Pada Sekolah Binaan Di Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Rehabilitasi Dan Remediasi, 23(2), 69–79.
Ardianingsih, F., Mahmudah, S., & Rianto, E. (2017). Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus pada SLB di Sidoarjo. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 21. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p21-30
Dermawan, O. (2018). Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Slb. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 886–897. https://doi.org/10.15575/psy.v6i2.2206
Herlianti, J. J. (2015). Pelaksanaan Pembelajaran Ipa Bagi Anak Tunarungu Kelas VI di SLB YPPLB Padang. Jurnal Ilmiah Pendidkan Khusus, 1(1), 60–71.
Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Education, 53(9), 1689–1699.
Khairun Nisa, Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik Dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33–40. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1632
Liza, N., Kuntarto, E., & Kusmana, A. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Dalam Memahami Bahasa. Jermal, 1(2), 89–97. https://doi.org/10.31629/jermal.v1i2.2214
Mukarromah, U. Analisis Proses Pembelajaran IPA di Sekolah Luar Biasa (SLB) kelas (B) Tunarungu di SLBN 01 Jakarta (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah).
Nurhasanah, A., & Supardi, Z. A. I. (2014). Pemanfaatan Media Visualisasi Phet Simulations sebagai Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Tunarungu pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 03(02), 48–53.
Nurrosyidah. (2008). Pembelajaran Sain Pada Anak Tunarungu : penelitian deskriptif di SMPLB wilayah Jakarta Selatan. In Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 Sd. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 241. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p241-250
Rusyani, E. (2019). Bahan Ajar Sistem Komunikasi Anak Tunarungu Departemen Pendidikan Khusus Universitas Pendidikan Indonesia.
Zakia, D. L., Sunardi, S., & Yamtinah, S. (2016a). Pemilihan dan penggunaan media dalam pembelajaran IPA siswa tunarungu kelas XI di kabupaten Sukoharjo. Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 5(1), 23–29. https://ojs.unm.ac.id/sainsmat/article/view/3045
Zakia, D. L., Sunardi, S., & Yamtinah, S. (2016b). Pemilihan dan penggunaan media dalam pembelajaran IPA siswa tunarungu kelas XI di kabupaten Sukoharjo. Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 5(1), 23–29.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.