Analisis Perbandingan Buku Teks Fisika Siswa SMA Kelas XI Antara Buku Sekolah Elektronik (BSE) dan Buku Non BSE Ditinjau Pada Komponen Kelayakan Isi, Penyajian Materi Ajar, Penyajian Pembelajaran, dan Kebahasaan

Main Article Content

Rani Rofidah
Muhammad Junus
Abdul Hakim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan buku teks siswa SMA kelas XI antara Buku Sekolah Elektronik (BSE) dan buku Non-BSE ditinjau pada komponen kelayakan isi, penyajian materi ajar, penyajian pembelajaran, dan kebahasaan. Penelitian kualitatif ini menggunakan desain analisis isi dengan pendekatan deskriptif. Sampel pada penelitian ini menggunakan masing-masing dua buku dari jenis BSE dan non-BSE. Teknik pengumpulan data, yaitu: 1) menyiapkan data; 2) mendefinisikan unit-unit analisis; 3) mengembangkan kategori dan skema coding; 4) melakukan coding, dan; 5) menyajikan data. Instrumen penilaian yang digunakan telah disediakan oleh Kemendikbud melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Hasil penilaian menunjukkan bahwa secara umum pada komponen kelayakan isi, penyajian materi ajar, dan penyajian pembelajaran, BSE lebih unggul daripada non BSE karena non-BSE belum mampu mencapai seluruh tujuan pembelajaran. Pada komponen kebahasaan, buku BSE dan buku non-BSE memiliki kualitas yang sebanding karena kedua jenis buku telah memenuhi hampir seluruh butir penilaian menurut BSNP.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rofidah, R., Junus, M., & Hakim, A. (2020). Analisis Perbandingan Buku Teks Fisika Siswa SMA Kelas XI Antara Buku Sekolah Elektronik (BSE) dan Buku Non BSE Ditinjau Pada Komponen Kelayakan Isi, Penyajian Materi Ajar, Penyajian Pembelajaran, dan Kebahasaan. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1(02), 97 - 104. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i2.351
Section
Articles
Author Biographies

Muhammad Junus, Universitas Mulawarman

Pendidikan Fisika

Abdul Hakim, Universitas Mulawarman

Pendidikan Fisika

References

Agustina, L., & Sahidin, D. (2018). Buku Siswa FISIKA untuk SMA/MA Kelas XI. CV. Depok : ARYA DUTA.

Eriyanto. (2015). Analisis Isi : Pengantar Metodologi untuk penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya (Pertama). Jakarta : Prenadamedia Group.

Indarti, Nugroho, A. P., & Syifa, N. H. (2016). Buku Siswa FISIKA untuk SMA/MA Kelas XI. Surakarta : MEDIATAMA.
Kanginan, M. (2017). FISIKA untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta : ERLANGGA.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 19, 25 (2005).

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran kontekstual konsep dan aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Krippendorff, K. (2004). Content Analysis An Introduction to Its Methodology (Second). SAGE Publications.

Kurniawati, D. E. (2014). Perbandingan Kualitas Buku Sekolah Elektronik BSE) dengan Buku Cetak Fisika SMP Kelas VIII Pada Materi Gaya dan Tekanan. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Lasmi, N. K. (2017). Buku Siswa FISIKA Mandiri (Mengasah Kemampuan Diri). Jakarta : ERLANGGA.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Buku, Pub. L. No. 2, 1 (2008).

Putri, N. I. (2017). Perbandingan Kualitas Buku Sekolah Elektronik (BSE) dan Non-BSE Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Sekolah Menegah Atas Dengan Menggunakan Instrumen Science Textbook Rating System (STRS) Dilihat Dari Aspek Fisik Buku Pendekatan Intruksional dan Bantuan Untu. Universitas Negeri Yogyakarta.

Setia, D. T. (2017). Perbandingan Kualitas Buku Elektronik Sekolah (BSE) dan Non-BSE Pada Mata Pelajaran Fisika SMA : Telaah Science Textbook Rating System.

Zhang, Y., & Wildemuth, B. M. (2009). Qualitative Analysis of Content. Applications of Social Research Methods to Questions in Information and Library Science, 421. https://doi.org/10.1002/hbm.20661