Penerapan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran pada Pokok Bahasan Gerak Lurus

  • Iqbal Rahmat Ramadhan Universitas Jember
  • Albertus Djoko Lesmono Universitas Jember
  • Firdha Kusuma Ayu Anggraeni Universitas Jember
Keywords: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Gerak Lurus

Abstract

Materi fisika merupakan ilmu yang didasarkan pada peristiwa yang terjadi di alam yang memiliki keterkaitan dan konsep yang berbentuk abstrak dengan banyaknya rumus yang dipelajari, Kebanyakan peserta didik beranggapan bahwa materi fisika lebih menuntut penghapalan rumus. Adanya permasalahan pada peserta didik dapat diatasi dengan memanfaatkan media pembelajaran untuk mempermudah proses belajar menjadi lebih menyenangkan. Penelitian dilakukan dengan mengimplementasikan Augmented Reality pada aplikasi smartphone menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Desain media dibuat dengan menggunakan penelitian model Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dari Luther yang terdiri dari enam tahapan yaitu: concept (pengonsepan), design (pendesainan), material collecting (pengumpulan materi), assembly (pembuatan), testing (pengujian), dan distribution (pendistribusian). Hasil penelitian berupa produk media pembelajaran berbasis aplikasi  Augmented Reality pada smartphone pokok bahasan gerak lurus dengan media pembelajaran dipublish dalam bentuk apk. Uji coba produk dilakukan di kelas VIII SMP Ulul Albab dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan dan respon dari pengguna mengenai produk media yang dihasilkan peneliti. Keefektifan produk ditentukan dengan melihat hasil belajar peserta didik melalui pre-test dan pos-test dengan hasil analisis data yang didapatkan terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 0,37 dengan kategori sedang. Hasil analisis data mengenai respon siswa setelah menggunakan aplikasi Augmented Reality pada buku paket k-13 pokok bahasan gerak lurus menunjukkan hasil skor respon sebesar 86,2% dengan kategori respon sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. 2016. Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Edcomtech.1(1):9-20.

Andari, R. 2020. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi KAHOOT! Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika. 6(1): 135-137.

Aprilinda, Y., R. Y. Endra., F. N. Afandi., dan F. Ariani. 2020. Implementasi Augmented Reality untuk Media Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Sistem Informasi dan Telematika(Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika). 1(2): 124-133.

Affriyenni, Y., G. Swalaganata., V. R. Mustikasari., dan I. J. Fitriyah. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika pada Materi Optik Geometri Berbasis Augmented Reality dengan Unity dan Vuforia. Jurnal Pendidikan IPA Veteran. 10(10): 160-173.

Aryanta, I. K. D. 2021. Pengembangan ”BUGAR” Fisika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal pendidikan Fisika. 1(2):12-17.

Daun, N. S., Helmi., dan A. Haris. 2020. Diagnosis Kesulitan Belajar Fisika Peserta Didik di SMA Negeri 1 Bantomarannu. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs UNM. 2(1):37-40.

Desyana, N. 2020. Analisis Respon Belajar Siswa Menggunakan Taksonomi Solo Materi Suhu dan Kalor. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA. 9(1):63-67.

Dewi, L. R., dan M. Anggaryani. 2020. Pembuatan Media Pembelajaran Fisika dengan Augmented Reality Berbasis Android pada Materi Alat Optik. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 9(3): 369-376.

Fakhri, M. I., S. Bektiarso., dan Supeno. 2018. Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Berbantuan Macromedia Flash pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Momentum, Impuls, dan Tumbukan Kelas X SMA. Skripsi Universitas Jember.

Hartati, R. 2016. Peningkatan Aspek Sikap Literasi Sains Siswa SMP Melalui Penerapan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA Terpadu. EDUSAINS. 8(1):91-97.

Hapidz. R. A., K. Sumardi., dan M. Komaro. 2019. Desain dan Pembuatan Media Pembelajaran Sistem dan Instalasi Tata Udara. Journal of Mechanical Engineering Education. 6(1):71-78.

Ilhamsyah, B. Y., Sudarti dan S. Bektiarso. 2016. Pengembangan Modul Fisika Berbasis Augmented Reality Materi Rangkaian Arus Searah untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika. 11(3):95-105.

Kustandi, C. dan D. Darmawan. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.

Milisa, T., A. Budiyono., dan I. Diraya. 2021. Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Gerak Lurus Menggunakan Four Tier Diagnostic Test. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 08(1): 61-72.

Nova, D. A. O., Dwikoranto., dan N. A. Lestari. 2021. Analisis Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Fisika Berbasis Ecopedagogy dengan Metode Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika. 7(1): 19-26.

Nistrina, K. 2021. Penerapan Augmented Reality dalam Media Pembelajaran. Jurnal Sistem Informasi, J-SIKA. 3(1): 1-6.

Nurmasinta. 2021. Analisis Kesulitan Belajar Fisika Peserta Didik pada Materi Hukum Newton. Skripsi Universitas Muhammadiyah Makasar.

Pangalo, E. G. 2020. Pembelajaran Mobile Learning Untuk Siswa SMA. Jurnal teknologi pendidikan. 5(1): 38-56.

Pangestu, D. A., I. Fitri., dan Fauziah. 2020. Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan dan Promosi Universitas Nasional. Jurnal Teknologi Informasi. 4(1): 35-42.

Pratiwi, Y. M., A. Suyadi., dan Zulmasula. 2017. Identifikasi Kesulitan Siswa SMA Pada Materi Gerak Lurus. JRPF( Jurnal Riset Pendidikan Fisika). 2(2):61-66.

Pakpahan, A. F., D. P. Y. Ardiana., A. T. Mawati., E. B. W. J. Simarmata., M. Z. Mansyur., L. I. B. Purba., D. Chamidah., F. J. K. Jamaludin., dan A. Iskandar. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Rofifah, O. D., dan T. Rahayu. 2021. Desain Media Pembelajaran Berbasis Powtoon dalam Teks Iklan untuk Siswa kelas VIII SMP. Jurnal Genre. 3(2):83-89.

Rizaldi, D. R., A. W. Jufri., dan Jamaluddin. 2020. PhET: Simulasi Interaktif dalam Proses Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 5(1):10-14.

Sutopo. A. H. 2012. Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wibiwanto, W. 2017. Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Malang: Cerdas Ulet Kreatif Publisher.

Zainuddin., R. P. Sari., dan A. kadir. 2021. Analisis Kesulitan Belajar Fisika Konsep Gerak Lurus pada Peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Konawe Selatan. Jurnal Pendidikan Fisika Kulidawa. 2(1): 7-13.

Published
2023-06-16
How to Cite
Ramadhan, I. R., Lesmono, A. D., & Anggraeni, F. K. A. (2023). Penerapan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran pada Pokok Bahasan Gerak Lurus. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 4(1), 63-70. https://doi.org/10.30872/jlpf.v4i1.1781
Section
Articles