Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Edpuzzle pada Materi Sumber Energi Sesuai Kurikulum Merdeka

Authors

  • Emilya Puteri Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Zeni Haryanto Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Nurul Fitriyah Sulaeman Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30872/jlpf.v6i2.4462

Keywords:

Media Pembelajaran, Edpuzzle, ADDIE, Kelayakan Media

Abstract

Media pembelajaran interaktif berbasis teknologi, salah satunya Edpuzzle, dikembangkan berdasarkan perkembangan teknologi pendidikan dan Kurikulum Merdeka yang berpusat pada kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran berbasis Edpuzzle pada materi sumber energi sesuai Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE yang disederhanakan menjadi tiga tahap, yaitu analisis, desain, dan pengembangan. Pada tahap pengembangan, dilakukan pengujian kelayakan oleh ahli media, ahli materi, dan pendidik. Media pembelajaran fisika berbasis Edpuzzle ini difokuskan pada materi sumber energi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kelayakan media mencapai 81%, sedangkan kelayakan materi sebesar 88%, keduanya dengan kriteria sangat layak. Hasil tersebut menyimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Edpuzzle sangat layak digunakan sebagai sarana pembelajaran. Media ini mendukung pembelajaran yang lebih interaktif, relevan dengan kebutuhan siswa, serta membantu pencapaian tujuan pembelajaran sesuai Kurikulum Merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arfa, A. N., Supriyatin, T., Syafa’atun, S., & Kurniawan, M. A. R. (2022). Mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Edpuzzle di SMPN 11 Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi Dan Sains, 1(2), 15–24. https://doi.org/10.30998/jpmbio.v1i2.1294

Atika, A., Kosim, K., Sutrio, S., & Ayub, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 13–17. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.381

Daryanes, F., Darmadi, D., Fikri, K., Sayuti, I., Rusandi, M. A., & Situmorang, D. D. B. (2023). The development of articulate storyline interactive learning media based on case methods to train student’s problem-solving ability. Heliyon, 9(4), e15082. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e15082

Fridayanti, Y., Irhasyuarna, Y., & Putri, R. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Pada Materi Hidrosfer Untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik SMP/MTS. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 49–63. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.75

Gunawan, & Ritongga, A. A. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0. Rajawali Pers, 13(1), 104–116.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A. D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, Fakhrudin, A., Hamdani, & Suprapno. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. In Nucl. Phys. (Vol. 13, Issue 1).

Maudina, E., Nurhayati, N., & Supriyadi, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Menyimak Teks Cerita Rakyat Berbasis Edpuzzle Kelas X Sma Pusri Palembang. https://repository.unsri.ac.id/53335/

Mayer, R. E. (2021). Evidence-Based Principles for How to Design Effective Instructional Videos. In Journal of Applied Research in Memory and Cognition (Vol. 10, Issue 2, pp. 229–240). https://doi.org/10.1016/j.jarmac.2021.03.007

Pulungan, P. S. M. P., & Marpaung, A. S. S. P. . M. H. (2023). Statistik Pendidikan Penerbit Cv. Eureka Media Aksara. Statistik Pendidikan, 1–112.

Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarma, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi ( Differentiated Instruction ).

Sunaryo, S., Nasbey, H., & Maulana, A. (2023). E-Modul Belajar Berbasis Problem-Based Learning Pada Materi Energi Micro Hidro Berbantuan 3D Page Flip Untuk Siswa Sma. E-Jaournal Prosiding Seminar Nasional Fisika, XI, 311–320. https://doi.org/10.21009/03.1102.pf43

Tambunan, M. A., & Siagian, P. (2022). Humantech Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website (Google Sites) Pada Materi Fungsi Di Sma Negeri 15 Medan. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(10), 1520–1533.

Wardhany, R. P. K. (2020). Media Video Kejadian Fisika Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2301–9794, 1–8.

Zahroh, A. A., & Hasan, L. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi untuk Materi Basa Rinengga di Kelas X SMA Islam Temayang Bojonegoro Adinda Alfiranda Zahroh Fakultas Bahasa dan Seni , Universitas Negeri Surabaya Latif Nur Hasan Fakultas Bahasa dan Seni , Universita. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/job.v18n3.p1177-1196

Downloads

Published

2025-11-30

How to Cite

Puteri, E., Haryanto, Z., & Sulaeman, N. F. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Edpuzzle pada Materi Sumber Energi Sesuai Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 6(2), 132–139. https://doi.org/10.30872/jlpf.v6i2.4462

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>