Pemanfaatan Laboratorium Fisika dan Kontribusinya dalam Pembelajaran Fisika, Studi Kasus di SMA Negeri 1 Sendawar dan SMA Negeri 1 Liggang Bigung Kabupaten Kutai Barat

  • Yuli Farida Istinganah
  • Muliati Syam Universitas Mulawarman
  • Zulkarnaen Universitas Mulawarman
Keywords: Pemanfaatan laboratorium, Kegiatan praktikum

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mendeskripsikan pemanfaatan laboratorium fisika dan kontribusinya dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri Kabupaten Kutai Barat. Analisis pemanfaatan laboratorium fisika ini ditinjau dari beberapa indikator yaitu: sarana dan prasarana, pemanfaatan laboratorium, kelengkapan dan ketersediaan alat, kegiatan praktikum, kondisi ruangan laboratorium, upaya yang dilakukan untuk memajukan pemanfaatan laboratorium, serta kontribusi laboratorium fisika terhadap pembelajaran fisika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kombinasi (mixed methods). Sampel pada penelitian ini adalah 2 SMA Negeri di Kabupaten Kutai Barat . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan laboratorium fisika sebagai sarana kegiatan praktikum di Kabupaten Kutai Barat tergolong dalam kategori kurang baik.  Kontribusi laboratorium fisika dalam pembelajaran fisika masih kurang berkontribusi terhadap pembelajaran fisika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, I. (2017). Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium IPA dalam Menunjang Pembelajaran di MI DAARUL AITAM Palembang. Palembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
Berliani, S. (2019). Analisis Staandardisasi Laboratorium Dalam Proses Pembelajaran Fisika (Studi Kasus di MAN 4 Aceh Besar). Aceh: Universitas Islam Negeri AR-RANIRY Banda Aceh.
Imastuti. (2016). Pemanfaatan Laboratorium Dalam Pembelajaran Fisika SMA/MA Se-Kota Salatiga. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Indrawan, I. (2015). Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Deepublish.
Rohmi, A,. dan Delsina, F. (2019). Kontribusi Minat Belajar dan Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Laboratorium Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Vokasionaal Teknik Elektronika Dan Informatika, Vol. 7, No (2302–3295), 160.
Wahyunidar. (2017). Analisis Pemanfaatan Laboratorium Fisika Sebagai Sarana Kegiatan Praktikum di SMA Negeri Se-Kabupaten Luwu Timur. Makasar: UIN ALAUDIN MAKASAR.
Zikrika. (2015). Efektifitas Penggunaan Laboratorium IPA dalam Pembelajaran Biologi di SMP Negeri 3 Palembang. Palembang: UIN Raden Fatah Palembang.
Published
2021-04-30
How to Cite
Farida Istinganah, Y., Syam, M., & Zulkarnaen. (2021). Pemanfaatan Laboratorium Fisika dan Kontribusinya dalam Pembelajaran Fisika, Studi Kasus di SMA Negeri 1 Sendawar dan SMA Negeri 1 Liggang Bigung Kabupaten Kutai Barat. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2(1), 23 - 33. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i1.406
Section
Articles

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'