Pemanfaatan Laboratorium Fisika dan Kontribusinya dalam Pembelajaran Fisika, Studi Kasus di SMA Negeri 1 Sendawar dan SMA Negeri 1 Liggang Bigung Kabupaten Kutai Barat
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i1.406Keywords:
Pemanfaatan laboratorium, Kegiatan praktikumAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan laboratorium fisika dan kontribusinya dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri Kabupaten Kutai Barat. Analisis pemanfaatan laboratorium fisika ini ditinjau dari beberapa indikator yaitu: sarana dan prasarana, pemanfaatan laboratorium, kelengkapan dan ketersediaan alat, kegiatan praktikum, kondisi ruangan laboratorium, upaya yang dilakukan untuk memajukan pemanfaatan laboratorium, serta kontribusi laboratorium fisika terhadap pembelajaran fisika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kombinasi (mixed methods). Sampel pada penelitian ini adalah 2 SMA Negeri di Kabupaten Kutai Barat . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan laboratorium fisika sebagai sarana kegiatan praktikum di Kabupaten Kutai Barat tergolong dalam kategori kurang baik. Kontribusi laboratorium fisika dalam pembelajaran fisika masih kurang berkontribusi terhadap pembelajaran fisika.
Downloads
References
Berliani, S. (2019). Analisis Staandardisasi Laboratorium Dalam Proses Pembelajaran Fisika (Studi Kasus di MAN 4 Aceh Besar). Aceh: Universitas Islam Negeri AR-RANIRY Banda Aceh.
Imastuti. (2016). Pemanfaatan Laboratorium Dalam Pembelajaran Fisika SMA/MA Se-Kota Salatiga. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Indrawan, I. (2015). Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Deepublish.
Rohmi, A,. dan Delsina, F. (2019). Kontribusi Minat Belajar dan Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Laboratorium Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Vokasionaal Teknik Elektronika Dan Informatika, Vol. 7, No (2302–3295), 160.
Wahyunidar. (2017). Analisis Pemanfaatan Laboratorium Fisika Sebagai Sarana Kegiatan Praktikum di SMA Negeri Se-Kabupaten Luwu Timur. Makasar: UIN ALAUDIN MAKASAR.
Zikrika. (2015). Efektifitas Penggunaan Laboratorium IPA dalam Pembelajaran Biologi di SMP Negeri 3 Palembang. Palembang: UIN Raden Fatah Palembang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.