Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) di SMAN 1 Muara Pahu Kelas XI pada Materi Fluida Statis

Main Article Content

Tira Selviana Putri
Muliati Syam
Laili Komariyah

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada penerapan model Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar, hasil belajar kognitif, dan respon peserta didik pada model Project Based Learning (PjBL).  Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest.  Sampel yang digunakan sebanyak 31 peserta didik di kelas XI IPA SMAN 1 Muara Pahu. Instrumen yang digunakan adalah observasi, soal tertulis, dan angket. Berdasarkan perhitungan, diperoleh bahwa persentase rata-rata aktivitas belajar peserta didik sebesar 71% dan berada pada kategori baik. Nilai rata-rata pre-test hasil belajar kognitif peserta didik mendapatkan nilai sebesar 23, sedangkan untuk nilai rata-rata post-test hasil belajar kognitif peserta didik mendapatkan nilai rata-rata sebesar 66. Berdasarkan hasil analisis, respon peserta didik terhadap Project Based Learning (PjBL) mendapatkan nilai rata-rata sebesar 75,47 dan berada pada kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Selviana Putri, T., Syam, M., & Komariyah, L. (2020). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) di SMAN 1 Muara Pahu Kelas XI pada Materi Fluida Statis. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1(02), 152 - 164. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i2.232
Section
Articles
Author Biography

Tira Selviana Putri, Universitas Mulawarman

NIM : 1505035043

References

Abadi, B. C. (2017). “Penerapan Self Direckied Learning Berbasis Moodle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Teknik Komputer Jaringan”. Jurnal IT-EDU, 2(1), hal 79
Fathurrohman, M. (2016). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nana, S. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Priansa, D. J. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung; Alfabeta.
Riduwan. (2010). Dasar-dasar statistik. Bandung: Alfabeta.
Ulfa, N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari Di Kelas VIII SMPN 1 Sukamakmur. Skripsi tidak dipublikasikan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Ali, M. Nur. (2018). “Peringkat Pendidikan Indonesia dan Budaya Buruknya”. Diakses pada tanggal 13 Juni 2019 dari .
Ita, (2019). “Potret Pendidikan Indonesia di Tengah Perkembangan Teknologi”. Diakses pada tanggal 13 Juni 2019 dari .
Suastha, R. D. (2016). “UNESCO Soroti Kesenjangan Kualitas Pendidikan di Indosesia”. Diakses pada tanggal 13 Juni 2019 dari https://www.cnnindonesia.com/ nasional/20160906155806-20-156462/ unesco-soroti-kesenjangan-kualitas-pendidikan-di-indonesia.html