Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) di SMAN 1 Muara Pahu Kelas XI pada Materi Fluida Statis
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i02.232Keywords:
Model Project Based Learning (PjBL), Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Kognitif, Respon Peserta DidikAbstract
Penelitian ini difokuskan pada penerapan model Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar, hasil belajar kognitif, dan respon peserta didik pada model Project Based Learning (PjBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Sampel yang digunakan sebanyak 31 peserta didik di kelas XI IPA SMAN 1 Muara Pahu. Instrumen yang digunakan adalah observasi, soal tertulis, dan angket. Berdasarkan perhitungan, diperoleh bahwa persentase rata-rata aktivitas belajar peserta didik sebesar 71% dan berada pada kategori baik. Nilai rata-rata pre-test hasil belajar kognitif peserta didik mendapatkan nilai sebesar 23, sedangkan untuk nilai rata-rata post-test hasil belajar kognitif peserta didik mendapatkan nilai rata-rata sebesar 66. Berdasarkan hasil analisis, respon peserta didik terhadap Project Based Learning (PjBL) mendapatkan nilai rata-rata sebesar 75,47 dan berada pada kategori baik.
Downloads
References
Fathurrohman, M. (2016). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nana, S. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Priansa, D. J. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung; Alfabeta.
Riduwan. (2010). Dasar-dasar statistik. Bandung: Alfabeta.
Ulfa, N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari Di Kelas VIII SMPN 1 Sukamakmur. Skripsi tidak dipublikasikan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Ali, M. Nur. (2018). “Peringkat Pendidikan Indonesia dan Budaya Buruknya”. Diakses pada tanggal 13 Juni 2019 dari <https://siedoo.com/berita-4965-peringkat-pendidikan-indonesia-dan-budaya-buruknya/amp>.
Ita, (2019). “Potret Pendidikan Indonesia di Tengah Perkembangan Teknologi”. Diakses pada tanggal 13 Juni 2019 dari <https://news.detik.com/dw/d-4533564/potret-pendidikan-indonesia-di-tengah-perkembangan-teknologi.html>.
Suastha, R. D. (2016). “UNESCO Soroti Kesenjangan Kualitas Pendidikan di Indosesia”. Diakses pada tanggal 13 Juni 2019 dari https://www.cnnindonesia.com/ nasional/20160906155806-20-156462/ unesco-soroti-kesenjangan-kualitas-pendidikan-di-indonesia.html
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.