Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Simulasi PhET terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Samarinda

Authors

  • Blandina Isabella Ririn Universitas Mulawarman
  • Zulkarnaen Universitas Mulawarman
  • M. Junus Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i01.131

Keywords:

Discovery Learning, Simulasi PhET, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini  berfokus pada penerapan model discovery learning yang melibatkan siswa secara langsung dan komprehensif dalam menemukan dan memecahkan masalah sehingga menghasilkan pengetahuan yang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan media simulasi PhET terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan posttest-only control design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, melibatkan 68 siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Samarinda yang terbagi dalam dua kelompok (ekperimen dan kontrol). Pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal essay dan diperoleh hasil rata-rata Posttest kelas eksperimen sebesar 72,25 sedangkan hasil rata-rata Posttest kelas kontrol sebesar 60,71. Hasil uji independent sample t-test yaitu 0.000, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa akibat model pembelajaran yang diberikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-02-12

How to Cite

Isabella Ririn, B., Zulkarnaen, & M. Junus. (2020). Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Simulasi PhET terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 1(01), 81–89. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i01.131

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)