Analisis Ranah Kognitif Soal Latihan Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi pada Buku Fisika Kelas X (Studi pada Buku Karya Ni Ketut Lasmi)
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i02.337Keywords:
analisis, ranah kognitif, taksonomi bloom, latihan soal, buku ajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besar persentase kemunculan ranah kognitif pada soal latihan berdasarkan taksonomi Bloom Revisi yang terdapat pada buku pelajaran Fisika kelas X karya Ni Ketut Lasmi khususnya pada materi Vektor, Gerak Lurus dan Gerak Parabola dengan total soal sebanyak 172 butir soal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar klasifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kemunculan soal yang mengembangkan keterampilan berpikir tingkat rendah (lower order thinking skills) terbilang besar yaitu C1-konseptual 2,9%, C2-konseptual 5,2%, C3-konseptual 0,6%, dan C3-prosedural 66,9%, sedangkan pada kategori soal yang mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills) persentase tertinggi terdapat pada kategori soal C4-prosedural sebesar 23,8% dan untuk C4-konseptual hanya 0,6%. Selain tingkatan soal di atas, maka persentase kemunculan tingkat soal lainnya sebesar 0%. Sehingga, persentase kemunculan soal yang mengembangkan keterampilan tingkat tinggi masih rendah dan masih perlu ditingkatkan.
Downloads
References
Darmawan, I. P. A., & Sujoko, E. (2013). Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom. Satya Widya, 29(1). https://doi.org/10.24246/j.sw.2013.v29.i1.p30-39
Facione, P. a. (2015). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. In Insight assessment.
Giani, Z., & Hiltrimartin, C. (2015). Analisis Tingkat Kognitif Soal-Soal Buku Teks Matematika Kelas VII Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Pendidikan Matematika (MATHEDU), 9(2), 78–98. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22342/jpm.9.2.2125.78-98
Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Buku Pelajaran (22 Maret 2016). Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. Diakses tanggal 09 Juni 2020 (https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/files/peraturan/Permendikbud_Tahun2016_Nomor008/Permendikbud_Tahun2016_Nomor008_lampiran.pdf)
Ramadhani, M. C., Kantun, S., & Widodo, J. (2014). Analisis Validitas dan Tingkat Kesukaran Soal Latihan Evaluasi Akhir Tahun pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Mata Pelajaran Ekonomi SMA/MA Kelas XI. Jurnal Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa Universitas Jember, 1–7.
Sri Kadarwati, T. W. (2013). Higher Order Thinking Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berorientasi Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1), 161–171. https://doi.org/10.21831/cp.v5i1.1269
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Edisi Kedua. Alfabeta.
Susanti, N. Y., Trapsilasiwi, D., & Kurniati, D. (2015). Analisis Tingkat Kognitif Uji Kompetensi pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 Berdasarkan Taksonomi Bloom. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i1.4509
Widodo, A. (2006). Revisi Taksonomi Bloom dan Pengembangan Butir Soal. 3, 18–29.
Yulianti, R. (2013). Analisis Tingkat Kesesuaian Materi Dan Soal Buku Ajar Akuntansi Terhadap Standar Isi KTSP Mata Diklat Produktif Akuntansi Kelas XI Akuntansi. Economic Education Analysis Journal, 2(1), 18–23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.