Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Impuls dan Momentum di SMA Negeri 11 Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i1.355Keywords:
model pembelajaran inkuiri terbimbing, kemampuan kognitifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi impuls dan momentum di SMA Negeri 11 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Sampel yang digunakan sebanyak 35 siswa kelas X MIPA. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis sebanyak 10 soal essay. Hasil rata-rata pretest sebesar 19,86, sedangkan hasil rata-rata posttest sebesar 61,94. Rata-rata kemampuan kognitif siswa mengalami peningkatan dengan N-Gain sebesar 0,52 dengan kategori sedang. Peningkatan tertinggi pada indikator mengingat diperoleh N-Gain sebesar 0,86 dengan kategori tinggi, sedangkan peningkatan terendah pada indikator mengevaluasi diperoleh N-Gain sebesar 0,29 dengan kategori rendah. Berdasarkan hasil analisis uji-t berpasangan ditemukan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil pretest dengan posttest. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan kognitif yang signifikan antara sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran inkuiri terbimbing.
Downloads
References
Amijaya, S.L, Ramdani A dan Merta W. (2018). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94-99.
Fatiqin, A, Amilda dan Sari H.M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Kognitif Siswa pada Materi Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah Kelas X di SMA. Jurnal Edubiotik.3, 3(1), 53-61.
Hamiyah, N., dan Mohammad Jauhar. (2014). Strategi Belajar-Mengajar dikelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Karsilah. (2017). Inovasi Model Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa SMP”. Indonesian Journal of Science and Education, 1(1), 49-56.
Nurdyansyah dan Eni Fariyanti. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Putri, D.H. (2009). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Tipe A Menggunakan Media Powerpoint pada Mata Kuliah Fisika Dasar 1 Konsep Dinamika Partikel Mahasiswa Semester 1 T.A Ganjil 2008/2009 Prodi P.Fisika FKIP UNIB. Jurnal Exacta, 7(2), 56-62.
Rusman. (2014). Model – model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers.
Sinuraya, J., dan Mihardi S. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Matakuliah Fisika Umum”. Jurnal Penelitian bidang pendidikan, 25(2), 16-23.
Sihombing, R. (2015). Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry Approach) Pada Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Jayapura. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(2), 37-49.
Sukma., Komariyah L., dan Syam M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Santifika: Jurnal Ilmu Pendidikan MIPA dan MIPA, 18(1), 59-63.
Sumarni, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di SMA Negeri 01 Manokwari (Studi Pada Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan). Jurnal Nalar Pendidikan, 5(1), 21-30.
Suranti, N.M.Y., Gunawan dan Sahidu, H. (2016). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta Didik Pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 73-79.
Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wahyuni,S., Kosim dan Gunawan. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Eksperimen Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(2), 240-246.
Yulianci, S., Gunawan dan Aris D. (2017). Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(2), 146-154.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.