Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Moodle dan Pengaruhnya terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i1.354Keywords:
Model Problem Based Learning, Moodle, Motivasi Belajar Siswa, Hasil Belajar Kognitif SiswaAbstract
Penelitian ini berfokus pada model Problem Based Learning berbantuan Moodle yang bertujuan untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar kognitif siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan one group pretest-postest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan melibatkan 36 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dan tes soal. Berdasarkan hasil analisis motivasi belajar didapati 3% siswa berada pada kategori sangat rendah, 33% pada kategori rendah, 56% pada kategori cukup, dan 8% pada kategori tinggi dan analisis hasil belajar diperoleh rata-rata nilai pre-test sebesar 56.71 dan rata-rata nilai post-test sebesar 78.5, dari hasil tersebut diketahui peningkatan N-Gain sebesar 0.503 yang masuk dalam kategori sedang. Untuk mengetahui keefektifan model yang digunakan maka dihitung dengan uji wilcoxon dan didapati hasil Zhitung (5.094) > dari Ztabel (2.892).
Downloads
References
Abadi, B. C. (2017). Penerapan Self Direckted Learning Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Teknik Komputer Jaringan. Jurnal IT-EDU . 02 (01) ,163
Arikunto, S. (2007). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta . Bumi Aksara
Astuti, P, Suryani, Wilujeng, I., (2017). Keefektifan Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning (PBL) Ditinjau Dari Penguasaan Materi, Keterampilan Memecahkan Masalah, Dan Sikap Kerja Sama Peserta Didik SMA. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Maghfiroh, L. Subchan, W., & Iqbal, M., (2016). Aplikasi Problem Based Learning berbantuan Moodle untuk Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekologi Kelas X IPA 2. Jurnal Edukasi . 3 (1), 6
Istiningtyas, R. D. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Sedaya Tahun AJARAN 2017/2018. Skripsi, tidak dipublikasikan . Universitas Negeri Yogyakarta.
Hamalik, O. (2001). Proses Balajar dan Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Komara, E. (2014). Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: Refika Aditama.
Manggabarani, F., Sugiarti , & Masri, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pitumpanua Kab.Wajo. Skripsi, tidak dipublikasikan Makasar: Universitas Negeri Makasar.
Muazizah, N. (2016). Keefektifan Penggunaan E-Learning Berbasis Moodle dengan Pendekatan Guinded Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Hidrokarbon Kelas XI. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Mulawarman
Novianto, A. (2016). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Moodle Terhadap Motivasi Belajar Siswa XII TKJB SMKN 2 Surakarta pada Kompetensi Mengadiministrasikan Server Jaringan Tahun Pelajaran 2015/2016. Dutacom,11 (1), 69.
Priansyah, D. J. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran; Cerdas, Kreatif dan Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Rahmawati, N. N. (2018). Penerapan Flipped Classroom pada Materi Hidrolisis Garam untuk Meningkatan Self-Regulated Learning Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Mulawarman.
Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada
Sadirman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukri, A. & Purwanti, E. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Brain Gym. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains . 1(1), 50
Susanti, L. (2014). Pengaruh Metode Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pamona Utara Sulawesi Tengah. Skrispi, tidak dipublikasikan . Universitas Kristen Satya Wacana
Sutikno, S. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.