Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Moodle dan Pengaruhnya terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa

  • Lia Damayanti Universitas Mulawarman
  • Lambang Subagiyo Universitas Mulawarman
  • Muliati Syam Universitas Mulawarman
Keywords: Model Problem Based Learning, Moodle, Motivasi Belajar Siswa, Hasil Belajar Kognitif Siswa

Abstract

Penelitian ini berfokus pada model Problem Based Learning berbantuan Moodle yang bertujuan untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar kognitif siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan one group pretest-postest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan melibatkan 36 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dan tes soal. Berdasarkan hasil analisis motivasi belajar didapati 3% siswa berada pada kategori sangat rendah, 33% pada kategori rendah, 56% pada kategori cukup, dan 8% pada kategori tinggi dan analisis hasil belajar diperoleh rata-rata nilai pre-test sebesar 56.71 dan rata-rata nilai post-test sebesar 78.5, dari hasil tersebut diketahui peningkatan N-Gain sebesar 0.503 yang masuk dalam kategori sedang. Untuk mengetahui keefektifan model yang digunakan maka dihitung dengan uji wilcoxon dan didapati hasil Zhitung (5.094) > dari Ztabel (2.892).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abadi, B. C. (2017). Penerapan Self Direckted Learning Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Teknik Komputer Jaringan. Jurnal IT-EDU . 02 (01) ,163

Arikunto, S. (2007). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta . Bumi Aksara

Astuti, P, Suryani, Wilujeng, I., (2017). Keefektifan Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning (PBL) Ditinjau Dari Penguasaan Materi, Keterampilan Memecahkan Masalah, Dan Sikap Kerja Sama Peserta Didik SMA. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Maghfiroh, L. Subchan, W., & Iqbal, M., (2016). Aplikasi Problem Based Learning berbantuan Moodle untuk Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekologi Kelas X IPA 2. Jurnal Edukasi . 3 (1), 6

Istiningtyas, R. D. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Sedaya Tahun AJARAN 2017/2018. Skripsi, tidak dipublikasikan . Universitas Negeri Yogyakarta.

Hamalik, O. (2001). Proses Balajar dan Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Komara, E. (2014). Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: Refika Aditama.

Manggabarani, F., Sugiarti , & Masri, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pitumpanua Kab.Wajo. Skripsi, tidak dipublikasikan Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Muazizah, N. (2016). Keefektifan Penggunaan E-Learning Berbasis Moodle dengan Pendekatan Guinded Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Hidrokarbon Kelas XI. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Mulawarman

Novianto, A. (2016). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Moodle Terhadap Motivasi Belajar Siswa XII TKJB SMKN 2 Surakarta pada Kompetensi Mengadiministrasikan Server Jaringan Tahun Pelajaran 2015/2016. Dutacom,11 (1), 69.

Priansyah, D. J. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran; Cerdas, Kreatif dan Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Rahmawati, N. N. (2018). Penerapan Flipped Classroom pada Materi Hidrolisis Garam untuk Meningkatan Self-Regulated Learning Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Mulawarman.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Sadirman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukri, A. & Purwanti, E. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Brain Gym. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains . 1(1), 50

Susanti, L. (2014). Pengaruh Metode Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pamona Utara Sulawesi Tengah. Skrispi, tidak dipublikasikan . Universitas Kristen Satya Wacana

Sutikno, S. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica

Published
2021-04-30
How to Cite
Damayanti, L., Subagiyo, L., & Syam, M. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Moodle dan Pengaruhnya terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2(1), 53 - 62. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i1.354
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>