Analisis Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Flipped Classroom Melalui Aplikasi Zoom pada Materi Suhu dan Kalor Di SMP Negeri 2 Bontang

  • Putri Hidayati Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman
  • Muhammad Junus Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman
  • Muliati Syam Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman
Keywords: Flipped Classroom, Keaktifan Siswa, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia khususnya Indonesia mendorong proses belajar mengajar dilakukan secara online dengan menggunakan berbagai media platform. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan siswa dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran  flipped classroom melalui aplikasi zoom di SMP Negeri 2 Bontang dengan materi suhu dan kalor. Jenis penelitian ini adalan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttes design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bontang berjumlah 8 kelas dengan jumlah sampel sebanyak 34 siswa di kelas VII A. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes berupa 10 butir soal essay untuk mengetahui hasil belajar siswa (posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa pada pertemuan pertama dan kedua termasuk kedalam kriteria keaktifan sedang dengan persentase 57,77% dan 62%. Kemudian pada pertemuan ketiga termasuk kedalam kriteria keaktifan siswa tinggi dengan persentase 75%. Sedangkan untuk hasil belajar belajar siswa didapatkan nilai n-gain sebesar 0,56 dimana jika dibandingkan dengan tabel kriteria keefektifan, maka nilai n-gain pada penelitian ini termasuk dalam kategori sedang. Untuk kemampuan kognitif pada tingkat mengingat (C1) dan memahami (C2) sudah menunjukan sangat tinggi dengan persentase yang didapatkan yaitu (95%) dan (98%). Sedangkan untuk tingkat menerapkan (C3), menganalisis (C4), dan mengevaluasi (C5)masih terbilang cukup karena persentase yang didapatkan yaitu (55%), (52%), dan (52%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Galindo, I. (2014). Flip Your Classroom: Reach Every Student in Every Class Every Day. By Jonathan Bergmann and Aaron Sams. Alexandria, Va.: The Association for Supervision and Curriculum Development, 2012. ix + 112 pages. ISBN 978-1-56484-315-9. 13.57. In Teaching Theology & Religion (Vol. 17, Issue 1). https://doi.org/10.1111/teth.12165

Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511

Indah Utari Akip. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom Dilengkapi Dengan Mind Mapping Terhadap Peamahaman Konsep Fisika Peserta Didik.

Mulyani, M., & Muhtadi, D. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Tipe Higher Order Thinking Skill Ditinjau Dari Gender. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1), 1–16. https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4851

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. Jurnal Kependidikan,1(1),2444.http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/ download/530/473/

Susanti, L., & Hamama Pitra, D. A. (2019). Flipped Classroom Sebagai Strategi Pembelajaran Pada Era Digital. Health & Medical Journal, 1(2), 54–58. https://doi.org/10.33854/heme.v1i2.242

Suseno, W., Yuwono, I., & Muhsetyo, G. (2017). Persamaan Linear Dua Variabel Dengan Pembelajaran Kooperatif Tgt. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10),

–1307. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/%0AEISSN:

Published
2021-11-30
How to Cite
Hidayati, P., Junus, M., & Syam, M. (2021). Analisis Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Flipped Classroom Melalui Aplikasi Zoom pada Materi Suhu dan Kalor Di SMP Negeri 2 Bontang. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2(2), 149 - 159. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i2.575
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)