Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 9 Samarinda Materi Suhu dan Kalor

  • Annisa Aprilia Afiesta Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman
  • Muliati Syam Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman
  • Riskan Qadar Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman
Keywords: Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Suhu dan Kalor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan model discovery learning dan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan model discovery learning pada materi suhu dan kalor. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel kelas XI IPA 1 SMAN 9 Samarinda sebanyak 30 siswa. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pretest-posttest. Hasil rata-rata nilai pretest sebesar 18.87 yang termasuk dalam kategori rendah dan setelah diberikan perlakuan model discovery learning sebanyak 5 pertemuan diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 60.07 yang termasuk dalam kategori sedang. Kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkan model Discovery Learning mengalami peningkatan yang dilihat dari selisih antara nilai pretest dan posttest yang diidentifikasi menggunakan uji N-Gain dengan hasil 50,78 dalam kategori sedang. Jadi, kemampuan berpikir kritis siswa kleas XI IPA 1 SMAN 9 Samarinda setelah diberikan perlakuan model discovery learning  mengalami peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arini, W. dan Julidi, F. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Pokok Bahasan Vektor Siswa Kelas X SMA 4 Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Berkala Fisika Indonesia, 10(1), 1-11.

Dafrita, I.E. (2017). Pengaruh Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Analisis dalam Menemukan Konsep Keanekaragaman Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 6(1), 32-46.

Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga

Hosnan, M. (2013). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mentari, W., Achmad, A., dan Yolida B. (2015). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah. 3(6), 1-10.

Norris, S.P., and Ennis, R. (1989). Evaluating Critical Thinking. Pasific Grove. CA: Midwest Publications.

Riduwan, dan Akdon. (2009). Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk Administrasi dan Manajemen. Bandung: Dewa Ruci.

Redhana, I.W., (2012). Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pertanyaan Socratik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan. 41(3), 351-365.

Sani, R.A. (2016). Penilaian Autentik. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Published
2022-11-30
How to Cite
Afiesta, A. A., Syam, M., & Qadar, R. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 9 Samarinda Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(2), 84-94. https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i2.623
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)