Pengaruh Kreativitas Menggunakan Mind Mapping Berbantu Software Mindomo 3.16 terhadap Hasil Belajar Fisika di SMA pada Materi Momentum dan Impuls
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i01.71Keywords:
Kreativitas, Metode Mind Mapping, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas siswa terhadap hasil belajar menggunakan metode Mind Mapping berbantu software Mindomo 3.16. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 9 Samarinda kelas X IPA 2 dengan jumlah sampel 27 siswa. Penilaian kreativitas siswa didasarkan pada produk Mind Mapping berbantu software Mindomo 3.16 yang dibuat oleh siswa. Indikator penilaian kreativitas meliputi; menyusun sesuatu yang baru (originality), menurunkan banyak ide (fluency) dan mengubah perspektif (flexibility), link, desain, dan kata kunci. Akumulasi penskoran kreativitas diperoleh persentase tertinggi adalah skor indikator originality sebesar 20% dan persentase terendah adalah skor indikator desain sebesar 12%. Sedangkan untuk data hasil belajar diperoleh dari tes yang siswa kerjakan. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sebesar 16%, dapat dikategorikan sebagai korelasi yang rendah sekali. Korelasi ini memenuhi hubungan linier Y = 62,874 + 0,253x.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.