Motivasi dan Hasil Belajar pada Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Zoom Meeting pada Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Muara Lawa
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i1.667Keywords:
Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi dan hasil belajar pada penerapan model Problem Based Learning berbantuan media Zoom Meeting dengan materi Gelombang Bunyi. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas XI MIPA yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dengan 20 pernyataan dan tes soal berjumlah 10 butir untuk mengetahui hasil dan motivasi Belajar. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar pada katagori sedang dengan persentase 76,47% kemudian hasil belajar pada katagori baik dengan persentase 41,18% dan nilai N-Gain adalah 0,67 dengan kriteria sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning ini cukup berpengaruh terhadap hasil dan motivasi belajar peserta didik.
Downloads
References
Abdurrozak, R., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871–880.
Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian (edisi revisi ke lima). Jakarta: Rieka Cipta.
Dermawan, R. (2008). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Fatma, A. N., & Budhi, W. (2019). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap prestasi belajar fisika. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 23–29.
Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan antara motivasi belajar dengan minat belajar siswa kelas IV SDN Poris Gaga 05 kota Tangerang. Jurnal Jpsd, 4(1), 47–53.
Gunawan, Y. I. P. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Keaktifan Siswa dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa. Khazanah Akademia, 2(1), 74–84.
Handhika, J. (2012). Efektivitas media pembelajaran IM3 ditinjau dari motivasi belajar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2).
Indah, D. S., Sunarno, W., & Sarwanto. (2016). Pengembangan Modul Fisika Berbasis SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) untuk Meningkatkan Motivasi Siswa pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMK Jurusan Multimedia dengan Topik Impuls dan Momentum. UNS (Sebelas Maret University).
Janah, M. C., Widodo, A. T., & Kasmui, K. (2018). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1).
Mendikbud. (2020). Pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.
Putra, A. G. P., Bektiarso, S., & Handayani, rif’ati dina. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Fisika Di Sma (Kelas X Sma Negeri 3 Jember). Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 129–134.
Sari, N., Sunarno, W., & Sarwanto, S. (2018). Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(1), 260934.
Sinar, D. (2018). Metode active learning. Yogyakarta, Indonesia: Deepublish.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2012). Penilaian hasil belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wibawanto, T. (2020). Pemanfaatan video conference dalam pembelajaran tatap muka jarak jauh dalam rangka belajar dari rumah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.