Pengaruh Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Zoom Berbantuan Google Classroom terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMAN 8 Berau

  • Santi Universitas Mulawarman
  • Lambang Subagiyo Universitas Mulawarman
  • Zeni Haryanto Universitas Mulawarman
Keywords: Pembelajaran Daring, Zoom Cloud Meeting, Google Classroom, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring menggunakan aplikasi zoom berbantuan Google Classroom terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Suhu dan Kalor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest dan sampel sebanyak 40 peserta didik dari kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMAN 8 Berau. Pengumpulan data menggunakan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring menggunakan aplikasi Zoom berbantuan Google Classroom  memiliki pengaruh yang signifikan. Hal ini ditunjukkan berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang meningkat dari 20,60 menjadi 75,17 dan nilai signifikansi pada uji t berpasangan sebesar 0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring menggunakan aplikasi Zoom berbantuan Google Classroom terhadap hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Santi, Universitas Mulawarman

Prodi Pendidikan Fisika Universitas Mulawarman

References

Amrini, S. & Rahmawati, R.D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Media Blended Learning Berbasis Edmodo. Journl Education and Development. Vol 8, no 1.

Bilfaqih, Y., & Qomaruddin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Daring. Yogyakarta. CV Budi Utama, hal 1.

Denisa, A., dkk. (2016). Pembelajaran Berbasis Video Untuk Anak Generasi Z Prosiding Inovasi Pendidikan di Era Big Data dan Aspek Psikologisnya. ISSN: 2548-5407. PASCASARJANA Universitas Negeri Malang.

Hanif, Y. H. & Himawanto, W. (2017). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.cet.1.h 67.

Hasanah, N., Ajie, D. P., & Sulfiati, V. (2021). Pemanfaatan Media Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Online Pada masa Pandemi Covid-19. di Pos Paud Permata, Surakarta. Jurnal Cikal Cendikia. Vol 1, No 02.

Herlanti, Y. (2014). Buku Saku Tanya Jawab tentang Pendidikan Sains. Jakarta :UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. h.74.

Hikmat, H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi COVID-19: Survey Online. LP2M.

Kuantarto, E. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Online dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesia Language Education and Literature, 3(1), 99-110. 10.24235/ieal.v3il.1820.

Fraenkel R., Wallen, E Hyun. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.

Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Penggunaan Zoom Meeting untuk Proses pembelajaran di masa Pandemi Covid-19 . SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1).

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online dengan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al-Asma Jurnal of Islamic Education 2, no. 1.

Nureza, F. (2020). Dampak covid 19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Online dalam Pendidikan Islam. Jurnal Al- Mau’izah 2, no, 2.

Sabran, & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, 122-125.

Salamah, W. (2020). Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Proses Pembelajaran. Jurnal penelitian dan Pengembangan, 5(3).

Syarifudin, A. S. (2020). Menerapkan Pembelajaran Online Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Sebagai Dampak penerapan Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1).

Yuliati., Yuyu., Saputra., & Suhandi, D. (2019). “Pembelajaran Ilmiah di Era Revolusi Industri 4.0” Jurnal Cakrawala Pendas, Vol. 2, No. 2. Hal. 167.

Published
2022-04-30
How to Cite
Santi, Subagiyo, L., & Haryanto, Z. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Zoom Berbantuan Google Classroom terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMAN 8 Berau. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(1), 10 - 19. https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i1.678
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>