Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Edmodo terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik

  • Siti Nur Zannah Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman
  • Lambang Subagiyo Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman
  • Puardmi Damayanti Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman
Keywords: Discovery Learning, Edmodo, Minat, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model discovery learning berbantuan Edmodo terhadap minat dan hasil belajar peserta didik dikelas XI MIPA pada materi fisika yaitu gelombang bunyi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 peserta didik dari kelas XI MIPA 2 SMAN 3 Samarinda. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning berbantuan Edmodo memiliki pengaruh terhadap minat peserta didik berdasarkan koefisien determinasi yang diperoleh menujukkan nilai R square sebesar 40,8% dan nilai signifikansi pada uji regresi linear sederhana ialah sebesar 0,000. Sama halnya dengan minat, model discovery learning berbantuan Edmodo memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar yang ditunjukkan berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang meningkat dari 32,36 menjadi 75,27 dan nilai signifikansi pada uji t berpasangan yang lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, A., & Hidayat, M. Y. (2018). Faktor-faktor Kesulitan Belajar Fisika Pada Peserta Didik Kelas IPA Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 45–50.

Ana, N. Y. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam peningkatan hasil belajaran siswa di sekolah dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 21–28.

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.

Cahyo, A. N. (2013). Panduan Aplikasi Teori-teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Jakarta : Diva Press.

Fanani, M. Z. (2013). Pendekatan dan Model Pembelajaran Kurikulum 2013. Didaktika Religia, 1(2), 1–21.

Fauziyah, S., & Triyono, M. B. (2020). Pengaruh E-Learning Edmodo Dengan Model Blended Learning Terhadap Minat Belajar. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 112–124.

Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Learning Management System (LMS) Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi COVID-19. Journal of Information System, Informatics and Computing, 4(2), 1–8.

Fitriyah, A. M., & Warti, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MAN Model Kota Jambi. Jurnal Pelangi, 9(2), 108–112.

Jumaeroh, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Edmodo dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Tekanan pada Zat Kelas VIII SMP Negeri 1 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. IAIN SALATIGA.

Jumaeroh, S., & Zuhaida, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Edmodo dengan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPA Materi Tekanan pada Zat. THABIEA: JOURNAL OF NATURAL SCIENCE TEACHING, 2(2), 118–122.

Ma’aruf, I. (2016). “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS dI SMA Negeri 1 Kalirejo Lampung Tengah.” Skripsi, Universitas Islam Negeri Malang.

Maghfiroh, N. W., & Kirom, A. (2018). Pengaruh Penerapan Media Edmodo Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Anwarul Maliki Sukorejo Pasuruan. Al-Ghazwah, 2(2), 207–226.

Masitoh, P. S. (2018). “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN Tulungagung, Kec. Kalidawir, Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018.” Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Muhajir, M., Musfikar, R., & Hazrullah, H. (2019). Efektivitas Penggunaan E-Learning Berbasis Edmodo Terhadap Minat Dan Hasil Belajar (Studi Kasus Di SMK Negeri Al Mubarkeya). Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(1), 50–56.

Musdalifa, M., Ramdani, R., & Danial, M. (2020). Pengaruh Blended Learning Berbasis Jejaring Sosial Edmodo pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga). Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia Dan Pendidikan Kimia, 21(1), 59–69.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c), 659–663.

Nofela, L. (2019). “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelaj aran Simdig Kelas X Kuliner di SMK Negeri 9 Padang.” Skripsi, Universitas Negeri Padang.

Penyusun, T. (2013). Permendikbud No. 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.

Rahmawati, E., Jaenudin, R., & Fitriyanti, F. (2015). Pengaruh Media Edmodo Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(2), 186–193.

Rahmawati, N. S., Bungsu, T. K., Islamiah, I. D., & Setiawan, W. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa Ma Al-Mubarok Melalui Pendekatan Saintifik Berbantuan Aplikasi Geogebra Pada Materi Statistika Dasar. Journal on Education, 1(3), 386–395.

Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 371–380.

Sumianingrum, N. E., Wibawanto, H., & Haryono, H. (2017). Efektivitas Metode Discovery Learning Berbantuan E-Learning di SMA Negeri 1 Jepara. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(1), 27–35.

Sutrisno, S., Happy, N., & Susanti, W. (2020). Eksperimentasi Model Discovery Learning Terhadap Prestasi dan Minat Belajar Matematika Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 580–590.

Thesarah, R. H., Subagiyo, L., & Qadar, R. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Audio-Visual Dengan Aplikasi Powtoon untuk Meningkatkan Minat dan Hasil BelajarSsiswa Pada Materi Impuls dan Momentum di SMK Negeri 6 Samarinda. JURNAL Kajian Pendidikan IPA, 1(1), 31–40.

Tobamba, E. K., Siswono, E., & Khaerudin, K. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(2), 372–380.

Published
2021-11-30
How to Cite
Zannah, S. N., Subagiyo, L., & Damayanti, P. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Edmodo terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik . Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2(2), 183 - 192. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i2.617
Section
Articles