Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization (TAI) pada Siswa Kelas X 3 SMA Negeri 14 Samarinda

  • Reni Periyanti Universitas Negeri Malang
  • Muliati Syam Universitas Mulawarman
Keywords: pembelajaran kooperatif, team assisted individualization, aktivitas siswa, hasil belajar

Abstract

Pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization (TAI) merupakan pembelajaran yang melibatkan siswa dalam pemecahan masalah yang diberikan oleh guru dalam kelompok kecil, sehingga siswa dituntut untuk berpartisipasi secara aktif di dalam kelas. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah 27 siswa kelas X-3 SMAN 14 Samarinda. Penelitian ini dilaksanakan di semester genap tahun ajaran 2015/2016 dalam dua siklus pembelajaran pada materi optika geometris. Teknik pengumpulan data dengan cara pemberian pretest-posttest, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari 51,85% menjadi 81,84% dan persentase aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran sebesar 93,11% dengan kriteria sangat baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas X-3 SMA Negeri 14 Samarinda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyaningsih, U (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (team assisted individualization) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Jurnal Cakrawala Pendas (JCP), 5(1), 45-52.

Fitriyah, A., & Arief, A. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (team assisted individualization) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X pada pokok bahasan momentum dan impuls di MAN Mojosari Mojokerto. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 6(3), 153-156.

Huda, M. (2012). Cooperatif learning: metode, teknik, stuktur dan model penerapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Soetjipt & Sumarmi. (2017). Improving the students’ activity and learning outcomes on social sciences subject using round table and rally coach of cooperative learning model. Journal of Education and Practice, 8(11), 30-37.

Mardhiah, A (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (team assisted individualization) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi konduktor dan isolator panas. Lentera, 16(19), 98-105

Megawatai, Y. D. N., & Sari, A. R. (2012). Model pembelajaran kooperatif tipe teams assisted individualization (TAI) dalam meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar akutansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Banjarnegara tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 10(1), 162-180.

Permatasari, H (2012). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (team assisted individualization) untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). 107-108.

Rudi, L. (2017). Application of teaching model of team assisted individualization (TAI) in basic chemistry courses in students of forestry and science of environmental Universitas Halu Oleo, International Journal of Education and Research, 5(11), 69-76.

Rusman. (2011). Seri manajemen sekolah bermutu model-model pembelajaran mengembangkan profesional guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Slavin, R. E. 2011. Cooperative Learning Toeri Riset Dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (2010). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada pembelajaran praktik kelistrikan otomotif SMK di kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111-120.

Valery, R., Nofriansyah. (2018). Cooperative learning in the learning activity of students, International Journal of Scientific and Research Publication, 8(9), 62-72.

Wulandari, L., Widodo, J., & Sulhadi. (2020). The implementation of learning instrument of soil forming material with cooperative model type of team assisted individualization of elementary school students. Journal of Primary Education, 9(1), 120-128.

Published
2021-04-30
How to Cite
Periyanti, R., & Syam, M. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization (TAI) pada Siswa Kelas X 3 SMA Negeri 14 Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2(1), 92 - 98. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i1.383
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)