Peningkatan Hasil Belajar Fisika dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Platform E-learning Madrasah dan Zoom Cloud Meeting di MAN 1 Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i2.558Keywords:
E-learning Madrasah, Zoom Cloud Meeting, Hasil BelajarAbstract
Pandemi covid-19 yang melanda dunia mempengaruhi berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan. Perubahan metode pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka kini berubah menjadi pembelajaran jarak jauh. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyebaran covid-19. Penelitian ini dilakukan pada saat masih mewabahnya covid-19 di dunia, sehingga melalui pembelajaran daring menggunakan platform e-learning madrasah dan zoom cloud meeting sebagai pengganti sarana tatap muka, peserta didik dapat mengikuti kegiatan pembelajaran seperti biasa walaupun harus berada dalam tempat yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik MAN 1 Samarinda dalam pembelajaran daring menggunakan platform e-learning madrasah dan zoom cloud meeting. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dengan sampel kelas XI IPA 1 dengan jumlah 36 peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest design. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar peserta didik kemudian dianalisis menggunakan N-gain. Dari analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kelas XI IPA 1 memperoleh N-gain 0,72 yang dimana masuk dalam kategori tinggi dengan rata-rata hasil belajar sebesar 78,92. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t-berpasangan diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran daring menggunakan platform e-learning madrasah dan zoom cloud meeting. Selain itu, platform ini juga sesuai untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran daring selama masa pandemi.
Downloads
References
Arizona, K., Abidin, Z., dan Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111.
Arisandhy, N.S. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Media Internet Mahasiswa Dalam Memanfaatkan Fitur Berita Di Line Today. UPI
Darmalaksana, W., Hambali, R., Masrur, A., dan Muhlas, M. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 1-12.
Dwi, B., Amelia, A., Hasanah, U., dan Putra, A. M. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 3.
Hikmah, Shofaul. (2020). Pemanfaatan E-learning Madrasah Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi Di MIN 1 Rembang. Edutrained : Jurnal Pendidikan dan Pelatihan. Vol.4 No.2, 73-85.
Kusuma, J. W., dan Hamidah, H. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942.
Mantra, I. B. N., Widiastuti, I. A. M. S., dan Pramawati, A. A. I. Y. (2020). Peningkatan Kompetensi Mengajar Secara Online Bagi Para Guru Selama Pandemi Virus Corona. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 1(1), 12-20.
Meliana, Meliana; Junus, Muhammad; Sulaeman, Nurul Fitriyah. Learning Science Through Online System: Whatsapp Vs Google Meet Platform. ScienceEdu: Jurnal Pendidikan IPA, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1-6, apr. 2021. ISSN 2685-2071.
Nisa, Komariyah, L. dan Syam, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran E-learning Berbantuan Google Classroom dan Zoom Cloud Meeting terhadap Hasil Belajar Peserta didik di SMK Negeri 6 Samarinda. Jurnal Kajian Pendidikan IPA. Vol 1, Nomor 1.
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid 19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30-36.
Rachmat, A. dan Krisnadi, I. (2020). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring (Online) Untuk Siswa SMK Negeri 8 Kota Tanggerang Pada Saat Pandemi Covid-19.
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.