Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Android menggunakan Augmented Reality pada materi jaring-jaring kubus dan balok

Authors

  • Ikmawati Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Ariantje Dimpudus Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Kevin Ely Asar Greas Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Muhammad Ramadani Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Yeisha Lorry Ega Pakpahan Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Nur Insan Ramadhani Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30872/primatika.v13i2.4381

Keywords:

Android, Augmented Reality, Jaring-jaring, Model ADDIE

Abstract

Hasil pengamatan awal menunjukkan adanya hambatan belajar peserta didik pada materi jaring-jaring kubus dan balok. Sebagai solusi, media pembelajaran berbasis augmented reality (AR) digunakan untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Teknologi AR memungkinkan peserta didik memvisualisasikan objek virtual dalam dunia nyata menggunakan kamera ponsel, sehingga pembelajaran tidak terbatas pada metode konvensional. Tujuan penelitian ini yaitu 1) mengembangkan mobile AR berbasis Android untuk mendukung proses pembelajaran, 2) mengimplementasikan dan menguji kelayakan aplikasi ini, dan 3) menumbuhkan motivasi peserta didik agar lebih rajin belajar terutama ilmu perhitungan dengan menggunakan mobile learning berbasis Android. Penelitian ini mengembangkan model ADDIE yang terdiri dari 5 fase keseluruhan, yaitu analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Media pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media, materi, dan bahasa, menunjukkan hasil "sangat layak". Uji coba menunjukkan bahwa media ini efektif meningkatkan motivasi belajar peserta didik, dengan 85% peserta didik merasa lebih antusias dan 80% lebih mudah memahami materi. Media ini juga mendukung peningkatan hasil belajar, dengan rata-rata nilai peserta didik naik dari 70 menjadi 85. Hasil penelitian berupa media pembelajaran berbasis Android ini selanjutnya akan digunakan dalam Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD Dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Paedagogik, 6(1), 72–89. https://doi.org/10.24952/paedagogik.v6i01.166

Aprilianty, D. R., Syakirah, J., Rahmi Haranti, M., Muslimin, Y., Zulkardi, Z., Hapizah, H., Mulyono, B., & Meryansumayeka, M. (2022). Pengembangan Alat Peraga PanJarKuBa (Papan Jaring-Jaring Kubus dan Balok) pada Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8(1), 93–105. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v8i1.12149

Ashari, A. L., Setiawan, A., & Anwar, M. S. (2024). Pengembangan Alat Peraga Jaring-Jaring Bangun Ruang Tiga Dimensi. Assyfa Journal of Multidisciplinary Education, 1(1), 50–55. https://doi.org/10.61650/ajme.v1i1.542

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Dewi, N. R. (2022). Penerapan Desain Pembelajaran Addie E-Learning Materi Bahasa Inggris Pada Siswa Sma. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4). https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.3978

Farisi, O. I. R., & Pratamasunu, G. Q. O. (2018). Mobile Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif Jaring-jaring Kubus dan Balok. NJCA (Nusantara Journal of Computers and Its Applications), 3(2), 96–104. https://doi.org/10.36564/njca.v3i2.58

Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.34312/Jmathedu.V2i2.10587

Daulae, T. H. (2019). Langkah-Langkah Pengembangan Media Pembelajaran Menuju Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Forum Paedagogik, 11(1), 52–63. https://doi.org/10.24952/paedagogik.v11i1.1778

Hartono, Astuti, R., Oktaviana, D., Prihatin, I., & Abdillah. (2020). Web Based Workshop: Media Untuk Matematika Kreatif Sekolah Menengah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SNPP), 1(1). 165–174.

Ikmawati, I., & Badariyah, A. N. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Materi Matriks Untuk Kelas X SMK Samarinda. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 33–42. https://doi.org/10.30872/primatika.v8i1.139

Ikmawati, I., Yusuf, M., Putra, F. P., Ramadhan, D. R., & Ramadhani, N. I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Paket C. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4(2), 94–102. https://doi.org/10.51179/asimetris.v4i2.2271

Irmayanti, D., Muni, L. S. A., & Pratiwi, M. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality. Nuansa Informatika, 16(2), 123–134. https://doi.org/10.25134/nuansa.v16i2.6004

Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media Pembelajaran Matematika Konkret Versus Digital: Systematic Literature Review di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 131–140. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.131-140

Mustaqim, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 36–48. https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.13267

Nurbaiti, S., Anwar, R. B., & Sudarman, S. W. (2022). Pengembangan Alat Peraga Bangun Ruang Tiga Dimensi. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 198–205. https://doi.org/10.24127/emteka.v3i2.1678

Putri, A. E., Aprilia, C. R., & Dinarti, S. (2023). Implementasi Alat Peraga Gurukulo Berbasis Augmented Reality Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Palrejo. Prosiding Conference on Research and Community Services, 5(1), 555–567.

Putri, R. A., Susiswo, S., & Muksar, M. (2024). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Pirie Kieren untuk Mendukung Pertumbuhan Pemahaman Matematis. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 12(2), 282–293. https://doi.org/10.25273/jipm.v12i2.19349

Rahmawati, D., & Hidayati, Y. M. (2022). Pengaruh Multimedia Berbasis Website Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2367–2375. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1465

Ramadhani, N. I., Berahman, B., Ikmawati, I., & Haryaka, U. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Materi Relasi Dan Fungsi Kelas Viii Smp Menggunakan Kodular. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 10(2), 360–369. https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i2.6545

Rustandi, A., & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546

Siahaan, L. S. ., Sinaga, C. V. ., & Thesalonika, E. . (2022). Pengaruh Alat Peraga Jaring-Jaring terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD NEGERI 124385 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3065–3075. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8689

Wardani, I. K., Mujiwati, E. S., & Putri, K. E. (2023). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Adobe Flash Cs6 Materi Jaring-Jaring Balok Dan Kubus Untuk Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5807-5816 https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9801

Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213–224. https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707

Wijayanti, E., Fayeldi, T., & Putri Pranyata, Y. I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Website Pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII di SMP PGRI 01 Pakisaji Kabupaten Malang. Zenodo. https://doi.org/10.5281/ZENODO.4305182

Wulandari, S. (2019). Kemampuan Spasial dalam Pengkonstruksian Jaring-Jaring Kubus dan Balok. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 7(1), 30–36. https://doi.org/10.25273/jems.v7i1.5289

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Ikmawati, I., Dimpudus, A., Greas, K. E. A., Ramadani, M., Pakpahan, Y. L. E., & Ramadhani, N. I. (2024). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Android menggunakan Augmented Reality pada materi jaring-jaring kubus dan balok. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 175–188. https://doi.org/10.30872/primatika.v13i2.4381

Issue

Section

Articles