Meningkatkan efektivitas metode belajar matematika melalui model TANDUR
DOI:
https://doi.org/10.30872/primatika.v14i1.4698Keywords:
Efektivitas pembelajaran, Model TANDUR, Pembelajaran matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran TANDUR dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Metode menggunakan desain eksperimen dalam pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 72 siswa kelas 7 SMP Muhammadiyah 2 kalasan dibagi menjadi kelompok eksperimen kelas 7A sebagai kelompok uji dan 7B sebagai kelompok acuan. Sebelum intervensi, rerata capaian belajar pada kelompok uji yaitu 63,97, sedangkan kelompok acuan 61,14. Setelah penerapan model TANDUR, nilai rata-rata kelompok uji menjadi 79,08 lebih tinggi dari nilai minimum ketuntasan belajar 72. Uji normalitas menampilkan kedua kelompok berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas menampilkan bahwa variasi kedua kelompok adalah homogen. Uji t menampilkan perbedaan model TANDUR lebih efektif dibandingkan metode konvensional. Selain peningkatan hasil belajar, penelitian ini juga menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Data observasi meninjau siswa di kelas uji aktif bertanya 50% dibanding 13% di kelas acuan, menjawab pertanyaan guru 61% dibanding 19,4%, serta berdiskusi dalam kelompok 77% dibanding 25% dan lebih sering memberikan tanggapan teman 55,6% dibanding 16,7%. Penelitian ini menunjukkan bahwa model TANDUR dapat menjadi alternatif efektif dalam pembelajaran matematika. Dengan demikian, model pembelajaran TANDUR tidak hanya meningkatkan hasil belajar siswa juga mendorong keaktifan dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Aditya, A. Y. (2024). Pengambangan vidio pembelajaran berbantuan Renderforest berbasis kolaborasi. Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah Dan Pesantren, 3(02), 60–72. https://doi.org/10.56741/pbpsp.v3i02.583
Aditya, A. Y., & Suparman. (2023). Research trends in creative thinking skills in mathematics education. ASEANA Science and Education Journal, 3(2), 17–28. https://doi.org/10.53797/aseana.v3i2.3.2023
Aditya, A. Y., & Suparman. (2024). Study of creative thinking skills: A bibliometric analysis. World Journal on Educational Technology: Current Issues, 16(1), 1–4. https://doi.org/10.18844/wjet.v16i1.9008
Afriana, S., Khoirunisa, K., Ajizah, R., & Nugraheni, A. S. N. (2023). Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis strategi Quantum Learning tipe TANDUR untuk Madrasah Ibtidaiyah. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 13(1), 7–16. https://doi.org/10.24014/jiik.v13i1.20828
Agustin, A. D., Maulana, & Hanifah, N. (2024). Perbandingan strategi TANDUR dan STAD dengan berbantuan bahan ajar berbasis Augmented Reality dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis. JIPMat, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i1.439
Alhakiki, A., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Quantum Teaching kerangka TANDUR terhadap hasil belajar matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 534–540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.395
Anggraini, H. T. (2023). Pengaruh penyisipan teknik Snowball Throwing dalam model pembelajaran Quantum Teaching terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SENPIKA), 1, 29–41. https://doi.org/10.20527/fpf4md32
DeVries, R. (2000). Vygotsky, Piaget, and education: A reciprocal assimilation of theories and educational practices. New Ideas in Psychology, 18, 187–213. https://doi.org/10.1016/S0732-118X(00)00008-8
Evelyne, T., Imelda, E., & Sriwati. (2023). Penerapan metode Quantum Teaching pada kegiatan asistensi pengajaran akuntansi di SMA Tarsisius 1 Jakarta. Jurnal Serina Abdimas, 1(1), 93–100. https://doi.org/10.24912/jsa.v1i1.23837
Harahap, U. A., & Nst, M. M. (2023). Pengaruh strategi pembelajaran TANDUR terhadap hasil belajar IPA. NIZHAMIYAH, 13(1), 43–59. https://doi.org/10.30821/niz.v13i1.2747
Hestiana, H., Kuswanto, H., Azalia, A., & Ramadhanti, D. (2021). Study of reverse planting techniques on rice as physical science learning materials. Jurnal Pijar Mipa, 16(4), 449–453. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i4.2581
Indrawati, Y. T., Sujino, S., & Dacholfany, M. I. (2021). Model pembelajaran Quantum Teaching. PROFETIK: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Agama Islam, 2(1), 24–30. https://doi.org/10.24127/profetik.v2i1.1830
Langford, P. E. (2005). Vygotsky’s developmental and educational psychology. Lev Semenovich (ed.), 2nd edition. Taylor & Francis.
Lunevich, L. (2021). Creativity in teaching and teaching for creativity in engineering and science in higher education revisiting Vygotsky’s psychology of art. Creative Education, 12(7), 1445–1457. https://doi.org/10.4236/ce.2021.127110
Maielfi, D. (2021). Validitas instrument penerapan model Quantum Teaching tipe TANDUR terhadap keterampilan komunikasi dan kolaborasi mahasiswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 404–411. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.316
Marten, P., Dewi, R., & Simega, B. (2024). Keefektifan model pembelajaran Quatum Teaching tipe TANDUR pada pembelajaran teks cerita fantasi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 978–984. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.929
Murnawan, I. K. (2021). Penerapan model pembelajaran Quantum Teaching untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Journal of Education Action Research, 5(2), 254–262. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33159
Nahar, S., Suhendri, Zailani, & Hardivizon. (2022). Improving students’ collaboration thinking skill under the implementation of the Quantum Teaching model. International Journal of Instruction, 15(3), 451–464. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15325a
Piaget, J. (1952). When Thinking Begins. International University Press.
Pimdee, P., Sukkamart, A., Nantha, C., Kantathanawat, T., & Leekitchwatana, P. (2024). Enhancing Thai student-teacher problem-solving skills and academic achievement through a Blended Problem-Based Learning approach in online flipped classrooms. Heliyon, 10(7), e29172. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e29172
Pratiwi, K. K., Suhadjo, S., Wibowo, B., & Lutviatiani, M. (2022). Implementation of multi-literacy education based on cultural literacy with the TANDUR strategy in Community Learning Center (CLC). Edukasi, 16(2), 125–133. https://doi.org/10.15294/edukasi.v16i2.40949
Purba, I., Purba, N. A., & Lumbantobing, M. T. (2023). Pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap minat belajar siswa pada sub tema 2 peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan kelas V UPTD SDN 124394 Siantar Timur. Journal on Education, 6(1), 1923–1931. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3176
Rahmawati, R., Razaq, A. R., & Ibrahim, M. (2021). Implementasi peranan Quantum Teaching kelas VII SMP Muhammadiyah Limbung Gowa Sulawesi Selatan. Al-Maraji’ : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 32–49. https://doi.org/10.26618/almaraji.v5i2.6572
Riskaida, A., Sabardila, A., Markhamah, & Wahyudi, A. B. (2025). Increasing listening quality of indonesian language lesson on 5th grade of SD N 1 Jelobo by using Quantum Learning methods. Proceedings of the International Conference of Learning on Advance Education (ICOLAE 2021), 469–476. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220503.045
Sakdiah, H., & Muda, I. (2021). Model pembelajaran Quantum Teaching tipe TANDUR pada pembelajaran tari Melayu untuk meningkatkan kreatifitas siswa kelas VII di SMP Swasta Kualuh Aekkanopan. Gesture: Jurnal Seni Tari, 10(1), 53–65. https://doi.org/10.24114/senitari.v10i1.24715
Saputra, R., Sihombing, L., & Pasaribu, E. (2022). Pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar peserta didik pada tematik tema 2 selalu berhemat energi subtema 1 sumber. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 10(2), 95–103. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol10issue2page95-103
Semmar, Y., & Al-Thani, T. (2015). Piagetian and Vygotskian approaches to cognitive development in the kindergarten classroom. Journal of Educational and Developmental Psychology, 5(2), 1–7. https://doi.org/10.5539/jedp.v5n2p1
Slavin. (2021). Question on questioning skill of health educators in Nepal. Creative Education, 12(2), 18. https://doi.org/https://doi.org/10.4236/ce.2021.122028
Sugiono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan, Edisi ke 3. Alfabeta.
Suminar, M. (2022). Pembelajaran analisis morfologis dalam teks biografi menggunakan metode pembelajaran TANDUR pada peserta didik kelas X SMK Pelita. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1198–1209. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.369
Susanto, G. A. S. A., Faradita, M. N., & Naila, I. (2023). Pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching Learning terhadap hasil belajar siswa kelas V MI. Journal on Education, 5(2), 3765–3772. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1057
Trisnoningsih, D. (2021). Peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi menggunakan metode Quantum Learning berbantuan gambar berseri. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 863–871. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1271
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Massachusetts (3rd ed.). Harvard University Press.
Wertsch, J. V. (2019). The concept of activity in Soviet psychology (2nd ed.). Taylor & Francis.
Widana, I. W. (2021). Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di Indonesia. Jurnal Elemen, 7(2), 450–462. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3744
Widiyono, A. (2021). Penerapan model pembelajaran Quantum Teaching untuk meningkatkan hasil belajar IPA. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 183–193. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i2.52593
Yohanes, R. S. (2010). Teori Vygotsky dan implikasinya terhadap pembelajaran matematika. Jurnal Widya Warta, 2(2), 127–135.
Yuliana, Y., Sabri, T., & Syafruddin, S. (2024). Implementasi model TANDUR menggunakan media flashcard di Sekolah Dasar Negeri Gugus 5 kecamatan Sungai Tebelian. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 15(2), 425–433. https://doi.org/10.31932/ve.v15i2.4098
Zaharah, N., Marzal, J., & Effendi-Hsb, M. H. (2021). Pengembangan multimedia pembelajaran matematika berbasis Quantum Learning pada materi segiempat dan segitiga untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2768–2782. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.733
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anggie Yudistira Aditya, Marsekal Rahman Hakiem

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika applies the license of CC BY-SA 4.0 (a Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License). This license allows authors to keep ownership of the copyright of their papers. But this license permits any user to download, print out, extract, reuse, archive, and distribute the article, so long as appropriate credit is given to the authors and the source of the work. The license ensures that the article will be available as widely as possible and that the article can be included in any scientific archive. For more information, please see Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License.









