Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilakukan saat masa pandemi COVID-19, sehingga seluruh pembelajaran dilakukan secara daring. Salah satu model pembelajaran yang cocok digunakan saat masa pandemi ini adalah model pembelajaran flipped classroom. Model pembelajaran flipped classroom merupakan salah satu model belajar dengan cara siswa mempelajari materi ketika berada di luar kelas dan ketika di kelas, siswa mengerjakan latihan soal dan diskusi mengenai materi yang belum dipahami. Media sosial Instagram dipilih karena media ini sangat dekat dengan remaja setara dengan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan belajar model pembelajaran kelas terbalik di kelas X SMK dengan menggunakan memanfaatkan media sosial Instagram pada materi Barisan dan Deret Aritmetika dan Geometri. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi pre-test, post-test, wawancara, dan angket terbuka untuk seluruh siswa. Uji t dilakukan untuk menganalisis hasil ­pre-test dan post-test, dan analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis hasil wawancara dan angket terbuka. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang menandakan bahwa model pembelajaran kelas terbalik daring dengan menggunakan media sosial Instagram efektif dilakukan. Selain itu, pembelajaran seperti ini juga menambah pengalaman baru bagi siswa yang dirasa efektif dilakukan dalam pembelajaran.

Keywords

Kelas terbalik Instagram Barisan dan deret Aritmetika Geometri

Article Details

How to Cite
Sinatrya, P., & Aji, S. U. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom Daring Menggunakan Media Sosial Instagram di Kelas X SMK. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 81-90. https://doi.org/10.30872/primatika.v9i2.368

References

  1. Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook Tip Fotografi Ponsel. Media Kita.
  2. Bishop, J. L., & Verleger, M. A. (2013). The Flipped classroom: A Survey of the Research. Atlanta: 120th ASEE Annual Conference & Exposition.
  3. Damayanti, H. N., & Sutama, S. (2016). Efektivitas flipped classroom terhadap sikap dan keterampilan belajar matematika di SMK. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(2), 1-7.
  4. Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan eksperimen-kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187-203.
  5. Kemp, S. (2020). Digital 2020: Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia
  6. Khasana, V. A., Setiyawan, H., & Desiningrum, N. (2020). Pengaruh aplikasi Instagram terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran matematika materi volume bangun ruang di SDN Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo. Child Education Journal, 2(2), 83-91.
  7. Kristanto, Y. D., & Padma, R. S. (2020). Flipping A Statistics Classroom for Pre-Service English Language Teachers. arXiv preprint arXiv:2002.05530.
  8. Mahendra, B. (2017). Eksistensi Sosial Remaja dalam Instagram (Sebuah Perspektif Komunikasi). Jurnal Visi Komunikasi, 16(1), 151-160.
  9. Maolidah, I. S., Ruhimat, T., & Dewi, L. (2017). Efektivitas penerapan model pembelajaran flipped classroom pada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Educational Tehcnologia, 3(2), 160-170.
  10. Tolks, D., Romeike, B. F., Ehlers, J., Kuhn, S., Kleinsorgen, C., Huber, J., ... & Hege, I. (2020). The online inverted classroom model (oICM). A blueprint to adapt the inverted classroom to an online learning setting in medical and health education. MedEdPublish, 9.
  11. Utami, R. P., Probosari, R. M., & Fatmawati, U. (2015). Pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan Instagram terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMA Negeri 8 Surakarta. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 4(1), 47-52.
  12. Yulietri, F., Mulyoto, M., & S, L. A. (2015). Model flipped classroom dan discovery learning pengaruhnya ditinjau terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemandirian belajar. Jurnal Teknodika, 13(2), 5-17.