Main Article Content
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah siswa di kelas X SMK Negeri 5 Samarinda yang mewakili sekolah negeri dan kelas X SMK Farmasi Samarinda mewakili sekolah swasta. Sampel dalam penelitian ini adalah 35 siswa SMK negeri 5 dan 30 siswa SMK Farmasi Samarinda. Pengambilan data menggunakan instrument berupa tes soal essay untuk memperoleh data hasil belajar matematika dan angket untuk memperoleh data tentang disiplin belajar dan kreativitas belajar. Dari analisis inferensial menggunakan regresi linier ganda, diperoleh Fhitung sekolah (N) = 5,31 dan Ftabel sekolah (N) = 3,27 sedangkan Fhitung sekolah (S) = 6,67 dan Ftabel sekolah (S) = 3,32 karena Fhitung sekolah (N) dan sekolah (S) > Ftabel. Hasil analisis R2 sekolah (N) = 0,146 menunjukkan kontribusi secara simultan sebesar 14,6% sedangkan R2(S) = 0,331 menunjukkan kontribusi secara simultan sebesar 33,1%, sehingga disimpulkan bahwa disiplin dan kreativitas belajar (N) dan (S) secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika applies the license of CC BY-SA 4.0 (a Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License). This license allows authors to keep ownership of the copyright of their papers. But this license permits any user to download, print out, extract, reuse, archive, and distribute the article, so long as appropriate credit is given to the authors and the source of the work. The license ensures that the article will be available as widely as possible and that the article can be included in any scientific archive. For more information, please see Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License.
References
- Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
- Daryanto dan Suryatri. (2012). Implementasi Pendidkan karakter di Sekolah. Gava Media.
- Djemari, M. (2012). Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Nuha Litera.
- Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada.
- Morrison, G R dkk. (2011). Designing Effective Instruction Sixth Edition. John Wiley and Son.
- Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.
- Sasmito dkk. (2012). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Unesa University Press Anggota Ikapi.
- Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
- Soedjadi, R. (2008). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
- Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Rajagrafindo Persada.
- Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Proses belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.
- Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Universitas Pendidikan Indonesia.
- Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
- Suprapto. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Buku Seru.
- Syamsul, K. (2013). Pendidikan Karakter. ArRuzz Media.
- Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Persada Media Group.