Main Article Content

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah siswa di kelas X SMK Negeri 5 Samarinda yang mewakili sekolah negeri dan kelas X SMK Farmasi Samarinda mewakili sekolah swasta. Sampel dalam penelitian ini adalah 35 siswa SMK negeri 5 dan 30 siswa SMK Farmasi Samarinda. Pengambilan data menggunakan instrument berupa tes soal essay untuk memperoleh data hasil belajar matematika dan angket untuk memperoleh data tentang disiplin belajar dan kreativitas belajar. Dari analisis inferensial  menggunakan  regresi  linier  ganda,  diperoleh  Fhitung  sekolah (N) = 5,31 dan Ftabel sekolah (N) = 3,27 sedangkan Fhitung  sekolah (S) = 6,67 dan Ftabel sekolah (S) = 3,32 karena Fhitung sekolah (N) dan sekolah (S) > Ftabel. Hasil analisis R2 sekolah (N) = 0,146 menunjukkan kontribusi secara simultan sebesar 14,6% sedangkan R2(S) = 0,331 menunjukkan kontribusi secara simultan sebesar 33,1%, sehingga disimpulkan bahwa disiplin dan kreativitas belajar (N) dan (S) secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.

Keywords

Disiplin Belajar Kreativitas Belajar Hasil Belajar Matematika

Article Details

How to Cite
Ikmawati, I. (2020). Pengaruh Disiplin Dan Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SMK Negeri Dan Swasta. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 35-42. https://doi.org/10.30872/primatika.v9i1.250

References

  1. Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
  2. Daryanto dan Suryatri. (2012). Implementasi Pendidkan karakter di Sekolah. Gava Media.
  3. Djemari, M. (2012). Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Nuha Litera.
  4. Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada.
  5. Morrison, G R dkk. (2011). Designing Effective Instruction Sixth Edition. John Wiley and Son.
  6. Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.
  7. Sasmito dkk. (2012). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Unesa University Press Anggota Ikapi.
  8. Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
  9. Soedjadi, R. (2008). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
  10. Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Rajagrafindo Persada.
  11. Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Proses belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.
  12. Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Universitas Pendidikan Indonesia.
  13. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
  14. Suprapto. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Buku Seru.
  15. Syamsul, K. (2013). Pendidikan Karakter. ArRuzz Media.
  16. Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Persada Media Group.