Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif matematika berbasis simulasi menggunakan Adobe Flash Professional CS6 pada bangun datar

Authors

  • Agung Tralisno Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Adiwangsa Jambi, Jambi, Indonesia
  • Serly Siti Aisah Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Adiwangsa Jambi, Jambi, Indonesia
  • Elsa Salsabila Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Adiwangsa Jambi, Jambi, Indonesia
  • Fitria Wulandari Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Adiwangsa Jambi, Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30872/primatika.v14i1.4379

Keywords:

Multimedia pembelajaran, Interaktif, Simulasi, Bangun datar

Abstract

Pengembangan yang dilakukan pada penelitian ini bertujuan untuk menciptakan produk baru dalam bentuk multimedia pembelajaran interaktif matematika yang berfokus pada konsep bangun datar dengan memanfaatkan aplikasi Adobe Flash Professional CS6 berbasis simulasi, serta layak digunakan sebagai media pembelajaran dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep geometri bangun datar peserta didik. Subjek uji coba dalam pengembangan ini ditujukan kepada peserta didik kelas VII E di SMPN 16 Kota Jambi yang terdiri dari 29 orang peserta didik. Prosedur pengembangan yang diaplikasikan dalam penelitian ini yaitu menerapkan model pengembangan ADDIE, yang telah melalui tahapan menganalisis, mendesain, mengembangkan, melaksanakan, dan mengevaluasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, angket validasi, soal pemecahan masalah dan panduan wawancara. Dari hasil uji kelayakan yang dilakukan oleh seorang ahli di bidang pengembangan multimedia dan seorang ahli di bidang pembelajaran dan matematika, multimedia simulasi dinyatakan layak dan valid untuk digunakan dalam kegiatan belajar di kelas. Hasil tersebut didasarkan pada perolehan skor rata-rata penilaian oleh validator media 4,7 dan skor rata-rata validator materi 4,4 yang menunjukkan kriteria tinggi dengan tingkat validitas yang valid. Hasil tes pemecahan masalah menunjukkan peningkatan rata-rata nilai pre-test dari 67,69 menjadi nilai post-test 90,24 dengan rata-rata gain score 0,71 pada kategori tinggi, yang artinya multimedia pembelajaran matematika berbasis simulasi efektif digunakan dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi bangun datar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A., Achmad, A., & Sahibu, S. (2021). Media pembelajaran interaktif mata kuliah pemograman web berbasis Android. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 11(1), 45–54. https://doi.org/10.35585/inspir.v11i1.2626

Alfi, S., & Tralisno, A. (2025). Pengembangan media simulasi fisika Android. MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 3(1), 58–71. https://doi.org/10.30822/magneton.v3i1.3945

Armianti, A., Wildan, D. N., Robiansyah, R., Trissiana, O., & Prahmana, R. C. I. (2016). Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa menggunakan pembelajaran matematika GASING (Gampang, ASyIk, dan menyenaNGkan). Jurnal Elemen, 2(1), 27–38. https://doi.org/10.29408/jel.v2i1.152

Armiznah, D., & Rismawati. (2023). Penggunaan media Geogebra dalam meningkatkan minat belajar siswa pada materi geometri ruang. PERISAI: Jurnal Pendidikan Dan Riset Ilmu Sains, 2(2), 225–234. https://doi.org/10.32672/perisai.v2i2.255

Asnan, H. (2024). Development of learning media using Adobe Flash Professional CS6 software to enhance problem-solving skills in Mts Nurul Hikmah Aek Gerger School. Journal of Science and Social Research, 7(1), 186–196. https://doi.org/10.54314/jssr.v7i1.1731

Astri, N. K. D., Wiarta, I. W., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Pengembangan multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual pada mata pelajaran matematika pokok bahasan bangun datar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 575–585.

Faira, Y., & Nurhastuti. (2022). Efektifitas penggunaan multimedia interaktif dalam peningkatkan pembelajaran bangun datar bagi siswa tunadaksa. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 10(2), 7–14. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/117052/106771

Findley, K., Whitacre, I., & Hensberry, K. (2017). Integrating interactive simulations into the mathematics classroom: Supplementing, enhancing, or driving? Proceedings of the 39th Annual Meeting of the North American Chapter of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, 1, 1297–1304.

Fitriani, D. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing pada materi segitiga untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Edukasi Patriot, 1, 19–36.

Irsan, M. (2023). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Adobe Flash Professional CS 6 pada materi segitiga dan segiempat. INTEL:Indonesian Journal of Teaching and Learning, 2(1), 123–136.

Irsyad, M. (2020). Media interaktif Adobe Flash CS6 dengan model DART dalam pembelajaran bahasa arab di era Pandemi Covid-19. Thawalib: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 103–130. https://doi.org/10.35695/1946-000-020-015

Koparan, T. (2022). How does simulation contribute to prospective mathematics teachers’ learning experiences and results? Education Sciences, 12(9), 624. https://doi.org/10.3390/educsci12090624

Madcom. (2012). Adobe Flash Professional CS6 untuk Pemula. Penerbit ANDI.

Manik, S. A. R., Humairoh, A. P., Annisa, S., Mailani, E., & Ketaren, M. A. (2024). Peran media visual dalam meningkatkan pemahaman geometri siswa Sekolah Dasar. AR RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation, 1(2), 759–763. https://doi.org/https://doi.org/10.57235/arrumman.v1i2.4425

Mikeska, J., Howell, H., Dieker, L., & Hynes, M. (2021). Understanding the role of simulations in K-12 mathematics and science teacher education: Outcomes from a teacher education simulation conference. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 21(3), 781–812.

Nugraha, A. N. C., & Muhtadi, A. (2015). Pengembangan multimedia pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 16–31. https://doi.org/10.21831/tp.v2i1.5201

Pratini, H. S., & Prihatini, E. Y. R. (2020). Pengembangan media pembelajaran bangun ruang sisi datar berbasis Adobe Flash Professional CS5. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 121–132. https://doi.org/10.31941/delta.v8i1.971

Saputra, R., Thalia, S., & Gustiningsi, T. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis komputer dengan Adobe Flash Pro CS6 pada materi luas bangun datar. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 67–80. https://doi.org/10.22342/jpm.14.1.6794.67-80

Sari, A. K., Sagala, A. A., & Simanjuntak, G. C. (2024). Analisis kesulitan siswa dalam pembelajaran materi bangun geometri dan sifat sifatnya. Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif, 5(6), 99–104. https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jlpi/article/view/295

Susanto, S., & Mahmudi, A. (2021). Tahap berpikir geometri siswa SMP berdasarkan teori Van Hiele ditinjau dari keterampilan geometri. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 106–116. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i1.17044

Sutirman. (2013). Media dan model-model pembelajaran inovatif. Graha Ilmu.

Tambunan, D. R. U., Syahputra, E., & Simanjorang, M. M. (2021). Development of interactive learning media based on Adobe Flash CS6 to improve spatial abilities students in geometry transformation. Journal of Education and Practice, 12(8), 65–70. https://doi.org/10.7176/jep/12-8-09

Tralisno, A. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis multimedia simulasi menggunakan Adobe Flash Professional CS6 pada kosep fuzzle geometri Kelas VIII SMP. Jurnal Inovasi Edukasi, 1(2), 48–79. https://doi.org/10.35141/jie.v1i2.700

Tralisno, A. (2021). Media origami dalam mengatasi problematika pembelajaran matematika pada konsep geometri di sekolah. Jurnal Inovasi Edukasi, 4(2), 86–94. https://doi.org/10.35141/jie.v4i2.720

Yusufjanovna, U. M. (2023). Interactive methods in teaching mathematics: enhancing engagement and learning outcomes. Journal of Pedagogical Inventions and Practices, 21, 5–9.

Ziatdinov, R., & Valles, J. R. (2022). Synthesis of modeling, visualization, and programming in geogebra as an effective approach for teaching and learning STEM topics. Mathematics, 10(3), 398. https://doi.org/10.3390/math10030398

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Tralisno, A., Aisah, S. S., Salsabila, E., & Wulandari, F. (2025). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif matematika berbasis simulasi menggunakan Adobe Flash Professional CS6 pada bangun datar. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 73–90. https://doi.org/10.30872/primatika.v14i1.4379

Issue

Section

Articles