https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/primatika/issue/feedPrimatika : Jurnal Pendidikan Matematika2024-12-29T06:19:57+00:00Nanda Arista Rizkinanda.arista@fkip.unmul.ac.idOpen Journal Systems<p style="text-align: justify;"><strong>Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika</strong> <span class="VIiyi" lang="en"><span class="JLqJ4b ChMk0b" data-language-for-alternatives="en" data-language-to-translate-into="id" data-phrase-index="0">abbreviated as </span></span><strong>Primatika. J. Pend. Mat.</strong> (p-ISSN: <strong><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1348456734" target="_blank" rel="noopener">2302-4518</a></strong>, e-ISSN: <strong><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1528341779" target="_blank" rel="noopener">2622-0911</a></strong>) is an open-access and double-blind peer-reviewed online journal published by Department of Mathematics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Mulawarman. This journal would be published <strong>two times</strong> in a year (<strong>June, </strong>and<strong> December</strong>). Primatika. J. Pend. Mat. has been accredited Sinta (Science and Technology Index) by the Ministry of Education, Culture, Research, and Technology of the Republic of Indonesia as an appreciation for the quality of management and publication of articles in this journal which is valid from Vol 8. No. 1 (2019). For information and services editorial information please contact <a href="mailto:primatika@fkip.unmul.ac.id" target="_blank" rel="noopener">primatika@fkip.unmul.ac.id</a></p>https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/primatika/article/view/4525Pengaruh kecerdasan emosional dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP2024-12-24T02:18:56+00:00Thesalonica Graina Barungthesalonicagrainabarung@gmail.comNanda Arista Rizkinanda.arista@fkip.unmul.ac.idAsyril Asyrilasyril@fkip.unmul.ac.idPetrus Fendiyantopetrus@fkip.unmul.ac.id<p>Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu dalam rangka mengidentifikasi pengaruh yang diberikan kecerdasan emosional dan aktivitas belajar pada hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMPN 7 Samarinda. Penelitian yang berjenis <em>ex post facto</em> menggunakan sejumlah 149 siswa dari 6 kelas sebagai sampelnya yang ditentukan melalui <em>cluster random </em>sebagai teknik samplingnya. Analisis data penelitian dilakukan secara statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan regresi linear berganda berdasarkan taraf signifikan (α) sebesar 0.05. Adapun hasil analisis deskriptif yaitu, nilai rata-rata atas hasil penelitian kecerdasan emosional senilai 54.10, dari aktivitas belajar senilai 57.22, dan dari hasil belajar matematika siswa adalah senilai 58.50. Ketiga variabel berada dalam kategori cukup. Hasil analisis statistik inferensial, didapatkan persamaan regresi dugaan, yakni Y̅=-3.788+0.606X<sub>1</sub>+0.151X<sub>2</sub>. Didapati adanya pengaruh yang diberikan oleh kecerdasan emosional pada hasil belajar matematika dan ada pengaruh yang diberikan aktvitas belajar pada hasil belajar matematika. Koefisien determinasi (R<sup>2</sup>) sebesar 0.152. Sehingga disimpulkan bahwa ditemukan sebesar 15.2% pengaruh yang diberikan kecerdasan emosional dan aktivitas belajar pada hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMPN 7 Samarinda.</p>2024-12-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Thesalonica Graina Barung, Nanda Arista Rizki, Asyril, Petrus Fendiyantohttps://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/primatika/article/view/4483Efektivitas mindful learning dalam konteks pendidikan di Indonesia (2000-2024)2024-12-13T14:27:49+00:00Ryan Angga Pratamaryan.angga@uniba-bpn.ac.idAdhilla Salsabila Putri Arthaprimatika@fkip.unmul.ac.idNurfitri Zainal Abidinprimatika@fkip.unmul.ac.id<p>Studi meta-analisis ini bertujuan untuk mengeksplorasi seberapa besar efektivitas implementasi <em>mindful learning</em> dalam konteks pendidikan di Indonesia, faktor-faktor yang memoderasi efektivitasnya, serta bagaimana variasi efektivitas <em>mindful learning</em> berdasarkan variabel moderator yang ditetapkan peneliti. Sebanyak 12 studi diperoleh dari pencarian literatur pada basis data Garuda, Google Scholar, ERIC, dan Semantic Scholar, serta pencarian dibantu menggunakan AI Tools SciSapce dan perangkat lunak Publish or Persih 8. Selanjutnya, ukuran efek digabungkan sesuai dengan Model Efek Acak dan analisis data dilakukan menggunakan perangkat lunak CMA v3. Hasil analisis menunjukkan bahwa <em>mindful learning</em> berpengaruh signifikan dengan ukuran efek sebesar 0.983,95% <em>CI </em>[0.702,1.263] yang termasuk dalam kategori “sedang”. Selain itu, efektivitas <em>mindful learning</em> juga dipengaruhi oleh variabel moderator seperti variabel terikat (Q=7.701,p<0.05), jenjang pendidikan (Q=8.389,p<0.05), dan wilayah (Q=7.257,p<0.05). Namun, tidak dipengaruhi oleh jumlah siswa (Q=1.222,p>0.05). Secara detail, dari hasil studi ini, direkomendasikan bahwa <em>mindful learning</em> efektif untuk meningkatkan (secara berturut-turut) hasil belajar, kontrol diri, dan kompetensi pengetahuan. <em>Mindful learning</em> juga efektif diterapkan di Universitas, SMA, lalu jenjang SD, serta <em>mindful learning</em> sejauh ini berhasil memberikan efek positif pembelajaran di wilayah Sumatra, Jawa, dan Bali; wilayah lain belum diterapkan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi dasar bagi pemangku kepentingan di dunia pendidikan, seperti guru, sekolah, dan dinas pendidikan, untuk mengoptimalkan kualitas pembelajaran di Indonesia, khususnya dalam mendukung implementasi pendekatan Deep Learning yang diusung oleh Mendikdasmen, dengan <em>mindful learning</em> sebagai salah satu elemen utamanya.</p>2024-12-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Ryan Angga Pratama, Adhilla Salsabila Putri Artha, Nurfitri Zainal Abidinhttps://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/primatika/article/view/4381Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Android menggunakan Augmented Reality pada materi jaring-jaring kubus dan balok2024-11-29T09:16:29+00:00Ikmawati Ikmawatiikmawati@fkip.unmul.ac.idAriantje Dimpudusariantjemath@gmail.comKevin Ely Asar Greasprimatika@fkip.unmul.ac.idMuhammad Ramadaniprimatika@fkip.unmul.ac.idYeisha Lorry Ega Pakpahanprimatika@fkip.unmul.ac.idNur Insan Ramadhaniprimatika@fkip.unmul.ac.id<p>Hasil pengamatan awal menunjukkan adanya hambatan belajar peserta didik pada materi jaring-jaring kubus dan balok. Sebagai solusi, media pembelajaran berbasis augmented reality (AR) digunakan untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Teknologi AR memungkinkan peserta didik memvisualisasikan objek virtual dalam dunia nyata menggunakan kamera ponsel, sehingga pembelajaran tidak terbatas pada metode konvensional. Tujuan penelitian ini yaitu 1) mengembangkan <em>mobile </em>AR berbasis Android untuk mendukung proses pembelajaran, 2) mengimplementasikan dan menguji kelayakan aplikasi ini, dan 3) menumbuhkan motivasi peserta didik agar lebih rajin belajar terutama ilmu perhitungan dengan menggunakan <em>mobile learning</em> berbasis <em>Android</em>. Penelitian ini mengembangkan model ADDIE yang terdiri dari 5 fase keseluruhan, yaitu analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Media pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media, materi, dan bahasa, menunjukkan hasil "sangat layak". Uji coba menunjukkan bahwa media ini efektif meningkatkan motivasi belajar peserta didik, dengan 85% peserta didik merasa lebih antusias dan 80% lebih mudah memahami materi. Media ini juga mendukung peningkatan hasil belajar, dengan rata-rata nilai peserta didik naik dari 70 menjadi 85. Hasil penelitian berupa media pembelajaran berbasis Android ini selanjutnya akan digunakan dalam Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM).</p>2024-12-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Ikmawati, Ariantje Dimpudus, Kevin Ely Asar Greas, Muhammad Ramadani, Yeisha Lorry Ega Pakpahan, Nur Insan Ramadhanihttps://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/primatika/article/view/4313Variabel-variabel yang memengaruhi status partisipasi Sekolah Menengah Atas sederajat penduduk usia 16-18 tahun tertua2024-11-18T08:45:40+00:00Ahmad Bakrisetiadi@stis.ac.idYaya Setiadisetiadi@stis.ac.id<p>Pada Tahun 2022, Provinsi Kalimantan Barat memiliki capaian APM SMA sederajat di bawah nasional dan menempati posisi kedua terakhir dari provinsi lainnya serta antar kabupaten/kota di dalamnya memiliki capaian yang bervariasi. Hal ini mengindikasikan partisipasi SMA sederajat di Provinsi Kalimantan Barat masih tergolong rendah dan tidak merata. Padahal, pemerintah Provinsi Kalimantan Barat telah memenuhi alokasi minimum APBD untuk pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran umum, variabel-variabel yang memengaruhi, dan kecenderungan pengaruh dari variabel-variabel pada level individual dan kabupaten/kota yang signifikan memengaruhi status partisipasi SMA sederajat. Metode analisis yang digunakan adalah regresi logistik biner multilevel. Dari hasil analisis ditemukan bahwa variabel mendapatkan PIP, jenis kelamin anak, pendidikan KRT, usia anak, klasifikasi tempat tinggal, persentase APBD pendidikan belanja non pegawai dan rasio jumlah SMA sederajat terhadap penduduk usia 16-18 tahun berpengaruh signifikan terhadap status partisipasi SMA sederajat.</p>2024-12-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Ahmad Bakri, Yaya Setiadihttps://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/primatika/article/view/4284Eksplorasi etnomatematika pada museum Soesilo Soedarman di kabupaten Cilacap2024-11-11T15:09:28+00:00Litsa Arfi Hidayatilitsaarfihidayati@gmail.comKusno Kusnokusno@ump.ac.id<p>Museum Soesilo Soedarman di Kabupaten Cilacap merupakan museum untuk menyimpan koleksi benda-benda bersejarah milik Jenderal (purn) Soesilo Soedarman. Museum di jadikan tempat belajar oleh para siswa untuk meningkatkan pengetahuannya akan benda-benda bersejarah. Tujuan penelitian ini adalah menggali objek-objek matematika dan nilai-nilai filosofisnya yang terkandung dalam Museum Soesilo Soedarman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat konsep matematika yaitu kesebangunan dan geometri pada objek-objek di dalam Museum Soesilo Soedarman di Kabupaten Cilacap.</p>2024-12-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Litsa Arfi Hidayati, Kusnohttps://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/primatika/article/view/4121Exploring preferred math learning tools for pre-service teachers2024-09-30T06:59:29+00:00Charlos Falentinocharlosfalentino@gmail.comGrecellia Mei Magdalena Dakhigrecelliadakhi@gmail.comAnggara Duta Medikaanggara.dutamedika@gmail.comEvanita Mutangevanitamtg@gmail.comMohamad Ezra Febryanmezrafebryan@gmail.comAtin Nuryadinatin.nuryadin@fkip.unmul.ac.idNurul Fitriyah Sulaemannurul.fitriyah@fkip.unmul.ac.id<p>Pre-service teachers play an important role in teaching and influencing future learners. One of the important skills that prospective teachers must have is mathematical ability, so information about pre-service teachers' learning tool preferences in understanding mathematical concepts is crucial. This study aims to identify pre-service teachers' learning tool preferences for understanding mathematical concepts. This study used mixed methods, quantitative and qualitative. Data collection was carried out by distributing questionnaires to 129 prospective teachers from mathematics and science education study programs, as well as elementary school teacher education at Mulawarman University. Quantitative questions used Likert scale-type questions, and qualitative used free-response questions to get an in-depth analysis. The results of this study showed a very weak correlation between learning aid preferences and the understanding of basic math concepts, but it increased considerably when linked to advanced math concepts. In addition, there is a difference in preference between male and female pre-service teachers, where males are more likely to favor tools such as AI or ChatGPT, while females prefer learning videos. This study is expected to provide valuable information for policymakers to provide facilities that support the learning needs of pre-service teachers.</p>2024-12-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Charlos Falentino, Grecellia Mei Magdalena Dakhi, Anggara Duta Medika, Evanita Mutang, Mohamad Ezra Febryan, Atin Nuryadin, Nurul Fitriyah Sulaemanhttps://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/primatika/article/view/4118Kemampuan representasi matematis peserta didik pada pembelajaran Think Pair Share berbantuan media Canva2024-09-30T05:00:42+00:00Ida Setianiidasetiyani31@gmail.comPutriaji Hendikawatiidasetiyani31@gmail.com<p>Salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik adalah kemampuan representasi matematis. Dengan kemampuan representasi yang dimiliki, peserta didik dapat membuat hal-hal yang rumit menjadi lebih sederhana, sehingga dapat mengatasi atau menyelesaikan masalah dengan lebih mudah dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan pembelajaran <em>Think Pair Share</em> (TPS) berbantuan media Canva terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini menerapkan <em>quasi experimental design</em> dengan bentuk <em>posttest-only control design</em>. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 3 Ungaran tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas VIII E sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran TPS berbantuan media Canva efektif terhadap kemampuan representasi matematis karena memenuhi kriteria yaitu: 1) Kemampuan representasi matematis peserta didik pada pembelajaran TPS berbantuan media Canva mencapai ketuntasan belajar secara klasikal; 2) Rata-rata kemampuan representasi matematis peserta didik pada pembelajaran TPS berbantuan media Canva lebih baik daripada rata-rata kemampuan representasi matematis peserta didik pada pembelajaran <em>Problem Based Learning</em>; dan 3) Proporsi ketuntasan hasil tes kemampuan representasi matematis peserta didik pada pembelajaran TPS berbantuan media Canva lebih tinggi daripada ketuntasan hasil tes kemampuan representasi matematis peserta didik pada pembelajaran <em>Problem Based Learning</em>.</p>2024-12-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Ida Setiani, Putriaji Hendikawatihttps://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/primatika/article/view/4035Kajian meta analisis: Effect size hubungan self efficacy terhadap prestasi belajar2024-12-29T06:19:57+00:00Bettri Yustinaningrumbettri_yustinaningrum@yahoo.comFina Melini Panduwinata Tanjungbettri_yustinaningrum@yahoo.comLeny Agustina Daulaybettri_yustinaningrum@yahoo.com<p><em>Self efficacy</em> memainkan peran penting dalam penentuan prestasi belajar siswa. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengukur <em>effect size</em> hubungan diantara prestasi belajar dan <em>self efficacy</em>. Studi ini berbentuk meta analisis. Tahapan analisis menggunakan tahapan PRISMA dan memanfaatkan software OpenMEE. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai <em>P value</em> sebesar (<0,001) berarti nilainya dibawah 0,05 sehingga terbentuk korelasi yang signifikan diantara prestasi belajar dan <em>self efficacy</em>. Nilai <em>estimate effect size</em> bernilai 0,573 tergolong sedang. Dari kedua nilai tersebut didapat kesimpulan bahwa ada hubungan signifikan diantara prestasi belajar dan<em> self efficacy</em>, namun hubungan tersebut berkekuatan sedang. Untuk variable moderat, ketiga subgrup yaitu SMP, SMA, dan PT mempunyai nilai rata-rata <em>effect size</em> yang signifikan karena nilai <em>P value</em> kurang dari 0,05.</p>2024-12-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Bettri Yustinaningrum, Fina Melini Panduwinata Tanjung, Leny Agustina Daulayhttps://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/primatika/article/view/3732Kemampuan kognitif Siswa kelas homogen saat mengerjakan soal TIMSS materi bilangan2024-06-25T00:27:05+00:00Silvia Arasarassilfia18@gmail.comRusdiana Rusdianarusdiana@fkip.unmul.ac.idNanda Arista Rizkinanda.arista@fkip.unmul.ac.id<p>Matematika merupakan mata pelajaran yang memiliki peran penting dalam kehidupan sehari hari sehingga perlu untuk diajarkan sedari kecil. Penilaian kemampuan matematika dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menggunakan <em>Trend in Intenational Mathematic Science Study</em> (TIMSS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif matematika Siswa kelas homogen di SMP Negeri 3 Tanjung Redeb saat mengerjakan soal TIMSS materi bilangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VIII homogen di SMP Negeri 3 Tanjung Redeb, sedangkan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis berupa 20 soal TIMSS uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan Siswa menjawab benar yaitu untuk kognitif pengetahuan dengan persentase 58%, kognitif penerapan dengan persentase 43% dan kognitif penalaran dengan persentase 20%. Berdasarkan hasil data tes tertulis dapat disimpulkan bahwa untuk kemampuan Siswa dominan tinggi pada kognitif pengetahuan sedangkan kemampuan Siswa dominan rendah pada kognitif penalaran.</p>2024-06-23T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Silvia Aras, Rusdiana Rusdiana, Nanda Arista Rizkihttps://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/primatika/article/view/3719Penggunaan media video Macromedia Flash 8 dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar2024-06-25T00:27:05+00:00Della Taurintyadellataurintya1@gmail.comZainuddin Untuzainuddin.untu@fkip.unmul.ac.idBerahman Berahmanberahman@unmul.ac.id<p>Rendahnya hasil belajar pada materi geometri dapat dikarenakan sulitnya Siswa memahami pelajaran matematika. Kemajuan teknologi belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh Guru dalam pembelajaran sehingga menyebabkan Siswa menjadi bosan dan jenuh. Dalam pembelajaran matematika, Guru banyak menggunakan metode satu arah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika Siswa setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan media video dan pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 45 Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam bentuk tes dan observasi. Data hasil dari tes yang telah dilaksanakan kemudian dianalisis secara deskriptif meliputi rata-rata, standar deviasi, nilai maksimum, dan nilai minimum. Secara deskriptif, rata-rata untuk data hasil belajar matematika Siswa pada kelas yang menggunakan media video adalah 67 dengan nilai maksimum 94 sedangkan rata-rata kelas pada pembelajaran konvensional adalah 60 dengan nilai maksimum 82. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pada kelas yang melakukan pembelajaran dengan menggunakan media video lebih tinggi dibandingkan hasil belajar dengan pembelajaran konvensional.</p>2024-06-23T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Della Taurintya, Zainuddin Untu, Berahman Berahmanhttps://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/primatika/article/view/3672Pengembangan e-modul matematika berbasis EXE untuk meningkatkan motivasi belajar Siswa pada materi program linear dua variabel2024-06-25T00:27:04+00:00Wulan Sukma Alianawullansukma998@gmail.comAbdul Basirabd.basir@fkip.unmul.ac.idKukuh Kukuhwullansukma998@gmail.com<p>Penelitian ini bermula dari permasalahan kurangnya bahan ajar di SMA Negeri 2 Loa Kulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-modul dan mengetahui tingkat kelayakannya. Penelitian ini menggunakan metode <em>Research and Development</em> (R&D) dengan model pengembangan 4D, yang meliputi tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Namun, dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Peneliti menggunakan angket dengan skala likert untuk mengetahui kualitas e-modul yang dikembangkan. Validasi dilakukan oleh 5 validator dari ahli materi dan ahli media. E-modul dinilai berdasarkan 5 aspek yaitu kelayakan isi, penyajian, kesesuaian dengan syarat didaktis, bahasa dan kegrafikan. Penilaian dari validator ahli materi mendapat persentase 97,5% dengan kriteria sangat baik, sementara penilaian dari validator ahli media mendapat persentase 98,5% dengan kriteria sangat baik.</p>2024-06-18T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Wulan Sukma Aliana, Abdul Basir, Kukuh Kukuhhttps://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/primatika/article/view/3293Peningkatan literasi numerasi terhadap minat baca siswa SMP Negeri 22 Surabaya melalui program pembiasaan literasi berupa komik2024-08-12T01:54:54+00:00Balqis Tsani Inesitalisanuluswah@uinsa.ac.idHanifatul Maghfirohlisanuluswah@uinsa.ac.idKarimah Nuril Azizahlisanuluswah@uinsa.ac.idLisanul Uswah Sadiedalisanuluswah@uinsa.ac.idNuryanti Hanizarlisanuluswah@uinsa.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pada literasi numerasi pada minat baca peserta didik di SMP Negeri 22 Surabaya melalui implementasi program pembiasaan literasi berupa komik. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan desain pre dan post-test tanpa kelompok kontrol. Sebanyak 67 siswa dari kelas delapan di SMP Negeri 22 Surabaya dipilih sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui tes yang meliputi pre-test dan post-test. Analisis data dilakukan menggunakan metode alur interaktif dengan pendekatan kualitatif, dan data yang relevan dikumpulkan dari berbagai sumber. Hasil penelitian ini menyarankan bahwa program pembiasaan literasi yang menggunakan media komik matematika dapat meningkatkan keterampilan literasi numerasi siswa di SMP Negeri 22 Surabaya.</p>2024-12-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Balqis Tsani Inesita, Hanifatul Maghfiroh, Karimah Nuril Azizah, Lisanul Uswah Sadieda, Nuryanti Hanizarhttps://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/primatika/article/view/2972Pengaruh model LSQ berbantuan video terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis Siswa2024-06-25T00:27:05+00:00Siska Susilawatisiskaslwt01@gmail.comAmalia Fitrisiskaslwt01@gmail.com<p>Rendahnya pemahaman konsep matematika Siswa dapat dipengaruhi oleh media dan model yang diterapkan Guru dalam proses pembelajaran matematika. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran diupayakan menggunakan media dan model pembelajaran yang tepat sehingga siswa lebih mudah dalam memahami konsep yang dipelajari. Salah satu alternatif yang dapat digunakan yaitu menggunakan model <em>Learning Start with a Question</em> (LSQ) dengan bantuan media video. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematis yang dimiliki Siswa ketika diajar dengan model LSQ berbantuan video lebih tinggi jika dibandingkan model <em>Problem-Based Learning</em> (PBL) yang ada di SMK Gondang. Populasi pada penelitian ini yaitu Siswa kelas X TKRO, dengan X TKRO 2 sebagai kelas eksperimen dan X TKRO 1 sebagai kelas kontrol. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dan jenis penelitiannya adalah <em>quasi-experimental design</em>. Desain yang digunakan penelitian ini adalah <em>nonequivalent posttest-only control group design</em>. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, sedangkan analisis data yang digunakan adalah uji <em>independent sample t-test</em>. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh bahwa nilai <em>t</em><sub>hitung</sub> (2,515) > <em>t</em><sub>tabel</sub> (1,997) maka H<sub>1 </sub>diterima. Dengan demikian disimpulkan kemampuan pemahaman konsep matematis Siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model LSQ berbantuan video lebih baik dibandingkan Siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model PBL.</p>2024-06-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Siska Susilawati, Amalia Fitrihttps://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/primatika/article/view/2935Analisis kemampuan representasi matematis Peserta didik pada materi relasi2024-06-25T00:34:57+00:00Muhammad Haris Hajriyantoharishajri0@gmail.comNani Ratnaningsihharishajri0@gmail.comDiar Veni Rahayuharishajri0@gmail.com<p>Kemampuan Peserta didik untuk menyampaikan ide atau konsep matematika dalam berbagai bentuk, seperti gambar, simbol, atau bahasa lisan, disebut kemampuan representasi matematis. Keterampilan ini sangat penting untuk membantu Peserta didik memahami matematika dan menyelesaikan masalah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana Subjek penelitian ini adalah Peserta didik kelas VIII SMP pada materi relasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan Tes kemampuan representasi matematis dan wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan representasi matematis tentang materi relasi. Studi ini melibatkan tiga Peserta didik dengan tingkat kemampuan matematis yang berbeda, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Teknis analisis datanya menghitung skor tiap soal dan mewancarai Peserta didik untuk mendalami pemahaman mereka tentang materi relasi. Hasilnya menunjukkan bahwa Peserta didik dengan tingkat kemampuan matematis tinggi dapat dengan sangat baik dalam representasi verbal dan simbolik. Peserta didik yang memiliki kemampuan matematis sedang sudah melakukan representasi verbal dengan baik, tetapi belum melakukan representasi gambar dan simbolik dengan baik dan Peserta didik yang memiliki kemampuan matematis yang rendah sudah dapat mengerjakan tugas, tetapi belum melakukan representasi verbal, gambar, dan simbolik dengan baik.</p>2024-06-18T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Muhammad Haris Hajriyanto, Nani Ratnaningsih, Diar Veni Rahayuhttps://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/primatika/article/view/2886Pengaruh kecerdasan emosional dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IX MTs Midanutta’lim Mayangan Jogoroto Jombang2024-09-03T07:01:54+00:00Aisyah Nur Azizahaisyahazizah2004@gmail.comLiana Nur Fatimahliananurfatimah252@gmail.comShafila Alfi Putri Dzulrochmahshafilaalfi19@gmail.comYasfian Alfi Fu'adiyasfianalfifuadi@gmail.comZahrotul Mufarikha21mufarikha@gmail.comAma Noor Fikratielfikrati@gmail.comJauhara Dian Nurul Iffahjauharadian.stkipjb@gmail.comNurwiani Nurwianinur_13iem64@yahoo.com<p>Penelitian ini memiliki tujuan (1) mengetahui bagaimana kecerdasan emosional memengaruhi prestasi belajar matematika, (2) mengetahui bagaimana kedisiplinan memengaruhi prestasi belajar matematika, (3) mengetahui bagaimana kecerdasan emosional dan kedisiplinan memengaruhi prestasi belajar matematika siswa kelas IX MTs Midanutta’lim. Penelitian kuantitatif metode korelasional pada penelitian ini menggunakan populasi semua siswa kelas IX MTs Midanutta’lim dan kelas IX-D sebagai sampel penelitian. Adapun instrumen penelitian menggunakan lembar angket kecerdasan emosional dan kedisiplinan. Sebelum digunakan, intrumen ini diuji validitasnya. Hasil Penilaian Tengah Semester matematika digunakan untuk mendapatkan data prestasi belajar. Analisis data dilakukan menggunakan perhitungan regresi linear berganda. Sebagai hasil dari pengolahan data diperoleh (1) kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika, (2) kedisiplinan tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar matemtaika, dan (3) kecerdasan emosional dan kedisiplinan tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika. Koefisien determinasi yang bernilai 0,162 menginterpretasikan bahwa kecerdasan emosional dan kedisiplinan memengaruhi prestasi belajar matematika kelas IX MTs Midanutta’lim sebesar16,2% sedangkan 83,8% dipengaruhi oleh komponen lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.</p>2024-12-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Aisyah Nur Azizah, Liana Nur Fatimah, Shafila Alfi Putri Dzulrochmah, Yasfian Alfi Fu'adi, Zahrotul Mufarikha, Ama Noor Fikrati, Jauhara Dian Nurul Iffah, Nurwianihttps://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/primatika/article/view/2800Pemanfaatan media Educandy dalam peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika Siswa kelas V Sekolah Dasar2024-06-25T00:27:04+00:00Nur Fadhilah Amirnurfadhilahamir1992@gmail.comWa Malmianurfadhilahamir1992@gmail.comIrma Magfirahnurfadhilahamir1992@gmail.comAndi Andongnurfadhilahamir1992@gmail.comSuhardi Butonnurfadhilahamir1992@gmail.com<p>Belum ada media pembelajaran menarik yang digunakan oleh Guru dalam pembelajaran matematika Sekolah Dasar Negeri 3 Waelata. Penelitian ini memiliki tujuan mengkaji dan menganalisis perbedaan antara movitasi dan hasil dari proses pembelajaran matematika Sekolah Dasar dengan penggunaan aplikasi, yaitu Educandy. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Dari total populasi Siswa sejumlah 40 orang, terbagi lagi ke dalam dua kelompok eksperimen dan kontrol yang tiap kelompoknya sejumlah 20 orang. Selanjutnya untuk memeroleh data motivasi digunakan angket dan nilai hasil pembelajaran digunakan tes. Perolehan data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data mengungkapkan bahwasanya adanya perbebedaan cukup singnifikan dalam penggunaan aplikasi pembelajaran Educandy terhadap peningkatan motivasi dan nilai hasil pembelajaran Siswa. Dari hasil analisis ini dapat dinyatakan bahwa aplikasi Educandy begitu baik dipergunakan saat proses belajar matematika bagi Siswa Sekolah Dasar.</p>2024-06-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Nur Fadhilah Amir, Wa Malmia, Irma Magfirah, Andi Andong, Suhardi Buton