Efektivitas kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa dengan model PBL berbantuan aplikasi Kahoot di MTsS Kesuma LKMD
DOI:
https://doi.org/10.30872/primatika.v14i1.4727Keywords:
Problem-Based Learning, Kahoot, Kemampuan pemecahan masalah, Motivasi belajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan model Problem-Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Kahoot terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa kelas VII pada materi aritmatika sosial di MTsS Kesuma LKMD. Penelitian eksperimen ini mengadopsi desain pretest-posttest control group design. Sampelnya meliputi dua kelas, yakni kelas VII-1 selaku kelompok eksperimennya (39 siswa) dan kelas VII-2 selaku kelompok kontrolnya (42 siswa). Teknik pengumpulan data yang dipergunakan ialah tes dan angket. Data dianalisis mengadopsi uji t dan N-Gain. Temuan penelitian mengonfirmasi adanya perbedaan yang signifikan di antara kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model PBL berbantuan aplikasi Kahoot dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Rata-rata kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata motivasi belajar siswa sebelum menggunakan model PBL berbantuan aplikasi Kahoot sebesar 74,82%, meningkat menjadi 90,08% setelah menggunakan model. Peningkatan motivasi belajar sebesar 0,61% tergolong sedang. Alhasil, kesimpulannya bahwa model PBL berbantuan aplikasi Kahoot efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa kelas VII pada materi aritmatika sosial di MTsS Kesuma LKMD.
Downloads
References
Alam, S. (2023). Hasil PISA 2022, Refleksi mutu pendidikan nasional 2023. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/opini/638003/hasil-pisa-2022-refleksi-mutu-pendidikan-nasional-2023
Alizamar. (2016). Teori belajar & pembelajaran implementasi dalam bimbingan kelompok belajar di Perguruan Tinggi. Media Akademi.
Astika, M., & Hidayat. (2023). Pengaruh penggunaan model PBL (Problem Based Learning) terhadap motivasi dan hasil belajar materi penjumlahan pecahan siswa kelas 4 SDN 102025 Rambung Sialang Sawit. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 3, 26–34.
Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611–1622. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824
Dewantari, O., & Djami, C. B. N. (2022). Efektivitas penggunaan model Problem Based Learning berbantuan Grocery Shopping dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi pecahan. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 40–49. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1832
Dewi, I. S., Fauzi, I., & Sukmawati. (2022). Motivasi belajar mahasiswa ditinjau dengan pola asuh orang tua demokratis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 2951–2955. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Dwi Rahma Putri, R., Ratnasari, T., Trimadani, D., Halimatussakdiah, H., Nathalia Husna, E., & Yulianti, W. (2022). Pentingnya keterampilan Abad 21 dalam pembelajaran matematika. Science and Education Journal (SICEDU), 1(2), 449–459. https://doi.org/10.31004/sicedu.v1i2.64
Fernando, Y., Andriani, P., & Syam, H. (2024). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843
Halimah, S. (2021). Efektifitas penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi kahoot dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Pasuruan. Jurnal Al-Murabbi, 7(1), 20–30. https://doi.org/10.35891/amb.v7i1.2685
Hartanti, D. (2019). Meningkatkan motivasi belajar siswa dengan media pembelajaran interaktif game Kahoot berbasis hypermedia. Prosiding Seminar Nasional, 1(1), 78–85. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/snpep2019/article/view/5631
Khayroiyah, S., & Nasution, H. A. (2020). Perbedaan motivasi belajar siswa SMK yang diajar dengan menggunakan Macromedia Flash dan yang diajar dengan menggunakan Power Point. Prosiding Seminar Hasil Penelitian 2019, 681–689.
Khayroiyah, S., & Ramadhani. (2018). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada soal cerita matematika menggunakan model PBL berbasis media realistik. Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah. Jalan Garu, 1(2), 12–17.
Kurniawati, I., Raharjo, T. J., & Khumaedi. (2019). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi tantangan abad 21. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.
Habbah, E. S. M., Husna, E. N., Yantoro, Y., & Setiyadi, B. (2023). Strategi guru dalam pengelolaan kelas yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Holistika, 7(1), 18–26. https://doi.org/10.24853/holistika.7.1.18-26
Landong, A., Sembiring, M. P., Safika, N., & Nurjannah, S. (2023). Pengembangan bahan ajar bangun ruang menggunakan model RME terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(3), 804–814. https://doi.org/10.47467/jdi.v6i1.4182
Marwa, Kresnadi, H., & Pranata, R. (2023). Pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media digital Kahoot terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas V SD Mujahidin Pontianak. Journal on Education, 6(1), 6760–6769.
Nasution, H. A., Nurdalilah, & Wardani, H. (2021). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal MathEducation Nusantara, 4(1), 110–120.
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku ajar dasar-dasar statistik penelitian. Sibuku Media.
Oktarina, N. (2019). Peranan pendidikan global dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 189–198.
Rahim, S. M., Nurfaika, Pambudi, M. R. (2025). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa pada materi dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan kelas X-D di SMA Negeri 6 Gorontalo Utara. Jurnal Riset dan Pengabdian Interdisipliner, 2(3), 510–520. https://doi.org/10.37905/jrpi.v2i3.32499
Rahmawati, S. (2023). Efektivitas penggunaan aplikasi kahoot dalam pembelajaran IPA SD. Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 30–34. https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.12834
Reski, D. P., Agustina, S. D., & Musfirah. (2023). Peningkatan keaktifan belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning kelas VI SDN 1 Kaliguwo. Pinisi Journal PGSD, 3(1), 581–587.
Rismawati, N., & Kadarisma, G. (2019). Analisis motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. On Education, 1(2), 491–496.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Edisi kedua. Alfabeta.
Sulsana, R. M., Karma, I. N., & Nurwahidah, N. (2024). Model Problem Based Learning berbantuan media digital Kahoot untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 491–497. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8669
Suprihatin, S. (2019). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.89
Sutrisni, T., & Firmansyah. (2021). Pengaruh model pembelajaran Index Card Math (ICM) terhadap motivasi belajar dan model pembelajaran terhadap motivasi belajar dan hasil belajar matematis siswa pada materi garis dan sudut. Jurnal MathEducation Nusantara, 4(2), 73–78. https://doi.org/10.22202/economica.2017.v6.i1.1941
Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Penerbit Adab.
Wahyuni, F. T., & Sholichah, N. M. (2022). Pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Kahoot terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI MA Mu’allimat NU Kudus. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 1(3). https://doi.org/10.59818/jpi.v1i3.27
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Khadijah, Siti Khayroiyah, Saiful Bahri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika applies the license of CC BY-SA 4.0 (a Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License). This license allows authors to keep ownership of the copyright of their papers. But this license permits any user to download, print out, extract, reuse, archive, and distribute the article, so long as appropriate credit is given to the authors and the source of the work. The license ensures that the article will be available as widely as possible and that the article can be included in any scientific archive. For more information, please see Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License.









