Main Article Content

Abstract

Discovery Learning merupakan suatu model pembelajaran yang menekankan pentingnya pemahaman struktur terhadap suatu disiplin ilmu, melalui keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 14 Samarinda tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Samarinda, yang terdiri dari 7 kelas. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Purposive Cluster Sampling, dengan sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VIIE dengan model pembelajaran Discovery Learning sebagai eksperimen dan kelas VIID dengan model pembelajaran langsung sebagai kontrol. Pengumpulan data dengan melakukan observasi dan tes hasil belajar matematika berupa soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan taraf signifikan pengujian sebesar 5%. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan Pembelajaran Langsung sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Samarinda tahun ajaran 2017/2018.

Keywords

Discovery Learning Model Pembelajaran

Article Details

How to Cite
Wahyuni, A. P., Abbas, A. B., & Kukuh, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 115-122. https://doi.org/10.30872/primatika.v7i2.420

References

  1. Adriantoni, dan Nurdin, S. (2016). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  2. Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
  3. Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
  4. Kosasih. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
  5. Kurniasih, dan Sani, B. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.
  6. Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdikarya.
  7. Sanjaya, W. (2011). Strategi pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
  8. Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning (Teori Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  9. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.
  10. Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  11. Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inivatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana