Main Article Content
Abstract
Siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal literasi numerasi menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi siswa perlu dilatih. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis Problem Based Learning yang valid, praktis, dan efektif untuk melatih literasi numerasi siswa. Jenis penelitian ini ialah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dengan sampel penelitian terdiri dari 20 siswa kelas X SMKN 1 Sidayu. Data penelitian diperoleh dari lembar validasi oleh ahli materi dan ahli media, angket respon siswa, serta tes hasil belajar. Masing-masing instrumen mendapat perolehan rata-rata sebesar 3,4 dan 3,7 untuk validasi, rata-rata 3,19 untuk angket respon siswa, dan rata-rata 75,83 untuk tes hasil belajar. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis Problem Based Learning yang dihasilkan layak digunakan untuk melatih literasi numerasi siswa.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika applies the license of CC BY-SA 4.0 (a Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License). This license allows authors to keep ownership of the copyright of their papers. But this license permits any user to download, print out, extract, reuse, archive, and distribute the article, so long as appropriate credit is given to the authors and the source of the work. The license ensures that the article will be available as widely as possible and that the article can be included in any scientific archive. For more information, please see Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License.
References
- Aldo, N. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning pada Materi Statistika SMP Kelas VIII. [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. http://repository.uin-suska.ac.id/54145
- Ambarwati, D., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2857–2868. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.829
- Badi’ah, I., Pamungkas, A. S., & Rafianti, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Knisley Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Literasi Numerasi. WILANGAN: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(3), 289–303. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan/article/download/8966/pdf_16
- Indah, N., Mania, S., & Nursalam, N. (2016). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas Vii Smp Negeri 5 Pallangga Kabupaten Gowa. MaPan, 4(2), 200–210. https://doi.org/10.24252/mapan.2016v4n2a4
- Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Murtiyasa, B. (2015). Tantangan Pembelajaran Matematika Era Global. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UMS, 810–2000(3), 28–47.
- OECD. (2016). Results from PISA 2015: Indonesia. OECD Publishing, 1–8. https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf
- OECD. (2019). Programme for International Student Assessment (PISA). OECD Publishing, 1–10. https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf
- Ramadani, Z., & Oktiningrum, W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika “Minitim Kabar” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 152–168. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i2.152-168
- Rusman. (2014). Penerapan pembelajaran berbasis masalah. Edutech, 1(2), 212–230.
- Sugiarto, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika untuk Siswa Kelas II SD Materi Penjumlahan dan Pengurangan Berbasis Metode Montessori. [Skripsi, Universitas Sanata Dharma] https://repository.usd.ac.id/31617/2/141134113_full.pdf
- Wibowo, A.H.W. (2017). Pengembangan Media Manipulatif Graphmetri Model Pembelajaran Direct Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Grafik Fungsi Trigonometri. [Tesis, Universitas Negeri Malang]. http://repository.um.ac.id/59651
- Widiantari, N. K. K., Suparta, I. N., & Sariyasa, S. (2022). Meningkatkan Literasi Numerasi dan Pendidikan Karakter dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika di Era Pandemi COVID-19. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 331. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.10218
- Widjajanti, D. B. (2011). Problem-Based Learning dan Implementasinya. Jurnal Kependidikan, 1, 2–8. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/PPM-PBL- 10 Maret 2011-Djamilah.pdf