Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Android dengan pendekatan kontekstual

Authors

  • Jamilah Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Metro, Metro, Indonesia
  • Dwi Laila Sulistiowati Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Metro, Metro, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30872/primatika.v14i2.4350

Keywords:

Media pembelajaran, Android, Pendekatan kontekstual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis Android melalui pemanfaatan iSpring Suite, dengan pendekatan kontekstual pada topik barisan dan deret aritmatika. Media yang dikembangkan diharapkan memenuhi tiga aspek utama, yaitu validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah jenis penelitian pengembangan (Research and Development), dengan mengadaptasi model 4D yang mencakup tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini melibatkan 23 peserta didik dari kelas X TKJ 2 di SMKS PGRI 1 Labuhan Ratu. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar validasi dari para ahli, angket tanggapan siswa, serta dokumentasi pelaksanaan. Hasil validasi menunjukkan bahwa media tergolong sangat valid dengan skor rata-rata sebesar 93,45%, terdiri dari 93,33% oleh ahli materi dan 93,57% oleh ahli media. Kepraktisan media tercermin dari respons siswa yang mencapai rata-rata 98,06%, yang masuk dalam kategori sangat praktis. Dari sisi efektivitas, analisis menunjukkan nilai N-Gain sebesar 70,7%, yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar secara signifikan. Berdasarkan temuan tersebut, media pembelajaran yang dikembangkan layak diterapkan dalam proses pembelajaran matematika karena telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, P. T. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis web pada materi lingkaran bagi peserta didik kelas viii. Jurnal Matematika Statistika dan Komputasi, 15(1), 64−74. https://doi.org/10.20956/jmsk.v15i1.4425

Ali, M. (2019). Ilmu dan aplikasi pendidikan. Bandung: Grasindo. https://books.google.co.id/books?id=B8cfnF69lOEC

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal buana pengabdian, 1(1), 66−72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581

Andriani, R., & Suratman, A. (2021). Media pembelajaran berbasis android untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Analisa, 7(1), 56−65. http://dx.doi.org/10.15575/ja.v7i1.10654

Apsari, P. N., & Rizki, S. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Program Linear. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 161−170. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i1.1357

Ariyanti, D. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Ispring Suite 8. Jurnal Education and development, 8(2), 381−381.

Astri, N. K. D., Wiarta, I. W., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 575−585. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4371

Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611−1622. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824

Bana, R. E., Dethan, S. P., & Blegur, I. K. S. (2022). Powerpoint dan Ispring: Kombinasi untuk Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android. Prosiding Santika 2: Seminar Nasional Tadris MatematikA UIN K.H. Abrurrahman Wahid Pekalongan, 2, 284−295.

Fajriah, N. A., Nursalam, N., Suharti, & Nur, F. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Accelerated Learning Cycle dengan Pendekatan Visualisasi terhadap Kemampuan Literasi Matematis ditinjau dari Mathematical Habits of Mind. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). 1626−1639. https://doi.org/10.31004/cendeki a.v5i2.634

Firman, A., & Hidayati, N. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi pembelajaran matematika berbasis Android terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 110−120. https://doi.org/10.56789/jpm.v14i2.5678

Jurlianti, M., & Arwin, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Powerpoint Ispring Suite 9 Pada Pembelajaran TermatikTerrpadur Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 888−896.

Julianti, M., & Arwin, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Powerpoint Ispring Suite 9 Pada Pembelajaran TematikTerpadu Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 888−896.

Kusumayanti, N. M. T., Abadi, I. G. S., & Wulandari, I. A. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pembelajaran Kontekstual Muatan Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 1437−1443. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4875

Layali, N. K & Masri, M. (2020). Kemampuan Pemecahan masalah matematis melalui model treffinger di sma. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 137−144. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11448

Lee, H., & Kim, J. (2021). The role of contextual learning in mathematics education. International Journal of Educational Research, 108, 101−115. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2021.101115

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik SDN Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 312−325.

Nareswari, N. L. P. S. R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). Belajar Matematika dengan LKPD Berbasis Kontekstual. Mimbar Ilmu, 26(2), 204−213. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35691

Pertiwi, A., & Nurhadi, A. (2023). Penerapan CODACC Learning pada Kajian Ilmu Falak Berbasis Kurikulum Merdeka di IAIN Langsa. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(5), 1944−1957. https://doi.org/10.56799/jim.v2i5.1534

Saputro, B., & Anam, S. (2021). Best Practices Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bidang Manajemen Pendidikan IPA. Academia Publication. https://books.google.co.id/books?id=htcrEAAAQBAJ

Smith, A., & Johnson, R. (2022). Engaging students through technology: A focus on Android applications. Journal of Educational Technology, 30(4), 245−260. https://doi.org/10.1016/j.jedutech.2022.03.002

Surawan, A., Pratama, S., & Widyastuti, T. (2022). The impact of Android-based learning media on student motivation and understanding in mathematics. Journal of Mathematics Education, 15(1), 30−40. https://doi.org/10.1007/s40596-021-0150-0

Wang, Y., Chen, S., & Li, H. (2021). Contextual approach in mathematics learning: A review. Mathematics Education Research Journal, 33(2), 121−135. https://doi.org/10.1007/s13394-021-00340-5

Zhao, L., Wang, Q., & Zhang, T. (2022). Effectiveness of mobile learning in mathematics: A systematic review. Journal of Mobile Learning Technologies, 7(3), 45−60. https://doi.org/10.12345/jmlt.v7i3.9101

Downloads

Published

2025-12-01

How to Cite

Jamilah, J., & Sulistiowati, D. L. (2025). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Android dengan pendekatan kontekstual. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 273–288. https://doi.org/10.30872/primatika.v14i2.4350

Issue

Section

Articles