Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Android dengan pendekatan kontekstual
DOI:
https://doi.org/10.30872/primatika.v14i2.4350Keywords:
Media pembelajaran, Android, Pendekatan kontekstualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis Android melalui pemanfaatan iSpring Suite, dengan pendekatan kontekstual pada topik barisan dan deret aritmatika. Media yang dikembangkan diharapkan memenuhi tiga aspek utama, yaitu validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah jenis penelitian pengembangan (Research and Development), dengan mengadaptasi model 4D yang mencakup tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini melibatkan 23 peserta didik dari kelas X TKJ 2 di SMKS PGRI 1 Labuhan Ratu. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar validasi dari para ahli, angket tanggapan siswa, serta dokumentasi pelaksanaan. Hasil validasi menunjukkan bahwa media tergolong sangat valid dengan skor rata-rata sebesar 93,45%, terdiri dari 93,33% oleh ahli materi dan 93,57% oleh ahli media. Kepraktisan media tercermin dari respons siswa yang mencapai rata-rata 98,06%, yang masuk dalam kategori sangat praktis. Dari sisi efektivitas, analisis menunjukkan nilai N-Gain sebesar 70,7%, yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar secara signifikan. Berdasarkan temuan tersebut, media pembelajaran yang dikembangkan layak diterapkan dalam proses pembelajaran matematika karena telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Downloads
References
Aditya, P. T. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis web pada materi lingkaran bagi peserta didik kelas viii. Jurnal Matematika Statistika dan Komputasi, 15(1), 64−74. https://doi.org/10.20956/jmsk.v15i1.4425
Ali, M. (2019). Ilmu dan aplikasi pendidikan. Bandung: Grasindo. https://books.google.co.id/books?id=B8cfnF69lOEC
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal buana pengabdian, 1(1), 66−72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581
Andriani, R., & Suratman, A. (2021). Media pembelajaran berbasis android untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Analisa, 7(1), 56−65. http://dx.doi.org/10.15575/ja.v7i1.10654
Apsari, P. N., & Rizki, S. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Program Linear. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 161−170. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i1.1357
Ariyanti, D. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Ispring Suite 8. Jurnal Education and development, 8(2), 381−381.
Astri, N. K. D., Wiarta, I. W., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 575−585. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4371
Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611−1622. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824
Bana, R. E., Dethan, S. P., & Blegur, I. K. S. (2022). Powerpoint dan Ispring: Kombinasi untuk Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android. Prosiding Santika 2: Seminar Nasional Tadris MatematikA UIN K.H. Abrurrahman Wahid Pekalongan, 2, 284−295.
Fajriah, N. A., Nursalam, N., Suharti, & Nur, F. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Accelerated Learning Cycle dengan Pendekatan Visualisasi terhadap Kemampuan Literasi Matematis ditinjau dari Mathematical Habits of Mind. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). 1626−1639. https://doi.org/10.31004/cendeki a.v5i2.634
Firman, A., & Hidayati, N. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi pembelajaran matematika berbasis Android terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 110−120. https://doi.org/10.56789/jpm.v14i2.5678
Jurlianti, M., & Arwin, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Powerpoint Ispring Suite 9 Pada Pembelajaran TermatikTerrpadur Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 888−896.
Julianti, M., & Arwin, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Powerpoint Ispring Suite 9 Pada Pembelajaran TematikTerpadu Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 888−896.
Kusumayanti, N. M. T., Abadi, I. G. S., & Wulandari, I. A. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pembelajaran Kontekstual Muatan Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 1437−1443. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4875
Layali, N. K & Masri, M. (2020). Kemampuan Pemecahan masalah matematis melalui model treffinger di sma. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 137−144. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11448
Lee, H., & Kim, J. (2021). The role of contextual learning in mathematics education. International Journal of Educational Research, 108, 101−115. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2021.101115
Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik SDN Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 312−325.
Nareswari, N. L. P. S. R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). Belajar Matematika dengan LKPD Berbasis Kontekstual. Mimbar Ilmu, 26(2), 204−213. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35691
Pertiwi, A., & Nurhadi, A. (2023). Penerapan CODACC Learning pada Kajian Ilmu Falak Berbasis Kurikulum Merdeka di IAIN Langsa. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(5), 1944−1957. https://doi.org/10.56799/jim.v2i5.1534
Saputro, B., & Anam, S. (2021). Best Practices Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bidang Manajemen Pendidikan IPA. Academia Publication. https://books.google.co.id/books?id=htcrEAAAQBAJ
Smith, A., & Johnson, R. (2022). Engaging students through technology: A focus on Android applications. Journal of Educational Technology, 30(4), 245−260. https://doi.org/10.1016/j.jedutech.2022.03.002
Surawan, A., Pratama, S., & Widyastuti, T. (2022). The impact of Android-based learning media on student motivation and understanding in mathematics. Journal of Mathematics Education, 15(1), 30−40. https://doi.org/10.1007/s40596-021-0150-0
Wang, Y., Chen, S., & Li, H. (2021). Contextual approach in mathematics learning: A review. Mathematics Education Research Journal, 33(2), 121−135. https://doi.org/10.1007/s13394-021-00340-5
Zhao, L., Wang, Q., & Zhang, T. (2022). Effectiveness of mobile learning in mathematics: A systematic review. Journal of Mobile Learning Technologies, 7(3), 45−60. https://doi.org/10.12345/jmlt.v7i3.9101
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jamilah, Dwi Laila Sulistiowati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika applies the license of CC BY-SA 4.0 (a Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License). This license allows authors to keep ownership of the copyright of their papers. But this license permits any user to download, print out, extract, reuse, archive, and distribute the article, so long as appropriate credit is given to the authors and the source of the work. The license ensures that the article will be available as widely as possible and that the article can be included in any scientific archive. For more information, please see Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License.









