Literature Review: Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Pada Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.30872/primatika.v11i1.796Keywords:
Studi Literatur, POGIL, Pembelajaran MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) pada pembelajaran matematika dan untuk mengetahui keefektifan model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dalam pembelajaran matematika dalam penelitian-penelitian sebelumnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat studi literatur yang menggunakan jurnal-jurnal dan literatur lainnya sebagai objek penelitian yang utama. Sumber data dalam penelitian ini dikumpulkan dari artikel penelitian terkait teori-teori model pembelajaran POGIL. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis) dengan pengambilan pandangan yang sesuai. Model pembelajaran POGIL secara umum menggunakan 3 tahapan, 5 tahapan dan 7 tahapan. Model POGIL yang menggunakan 3 tahapan melewatkan orientasi dan evaluasi pada penerapannya, sedangkan model pembelajaran dengan 5 tahapan merupakan penggabungan dari 7 tahapan model POGIL yang memiliki kesamaan dalam aktivitas pembelajarannya. Dari 13 penelitian yang dianalisis, ada 5 penelitian yang meneliti keefektifan model pembelajaran POGIL dan semuanya mengemukakan bahwa model POGIL efektif jika diterapkan pada pembelajaran matematika dan 8 penelitian lainnya lebih mengarah kepada pengaruh model pembelajaran POGIL terhadap tingkatan kemampuan siswa.
Downloads
References
Daubenmire, P. L., & Bunce, D. M. (2008). What Do Students Experience during POGIL Instruction? Dalam Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) (Vol. 994, hlm. 87–99). American Chemical Society. https://doi.org/10.1021/bk-2008-0994.ch008
Douglas, E. P., & Chiu, C.-C. (2013). Implementation of Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) in Engineering. Advances in Engineering Education, 3(3).
Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.
Hanim, Z. (2018). Belajar dan Pembelajaran (konsep, teori dan praktek). Kalika Sleman.
Hanson, D. M. (2008). A Cognitive Model for Learning Chemistry and Solving Problems: Implications for Curriculum Design and Classroom Instruction. Dalam Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) (Vol. 994, hlm. 14–25). American Chemical Society. https://doi.org/10.1021/bk-2008-0994.ch002
Krippendorff, K. H. (2004). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology. Sage Publications.
Kurniati, N., Sari, D. I., & Listiawati, E. (2021). Student’s Critical Thinking Ability in Algebra Material using Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL). Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(1), 92–104. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v5i1.1456
Margarita, M., Indiati, I., & Nugroho, A. A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (Pogil) Dan Means Ends Analysis (Mea) Berbantuan Question Card Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(3), 223–233. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i3.7576
Minderhout, V., & Loertscher, J. (2008). Facilitation: The Role of the Instructor. Dalam Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) (Vol. 994, hlm. 72–86). American Chemical Society. https://doi.org/10.1021/bk-2008-0994.ch007
Moog, R. S., & Spencer, J. N. (2009). Process oriented guided inquiry learning (POGIL). Dalam Choice Reviews Online (Vol. 46, Nomor 08, hlm. 4453-46–4453). https://doi.org/10.5860/choice.46-4453
Mulyasa. (2015). Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.
Sari, W. A., Agung Nugroho, & Masykuri, M. (2016). Penerapan Pembelajaran Process Oriented Guided inquiry Learning (POGIL) Dilengkapi LKS Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Prestasi Belajar Siswa Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) Jawa Tengah. Jurnal Profesi Pendidik, 3(2), 114–128.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika applies the license of CC BY-SA 4.0 (a Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License). This license allows authors to keep ownership of the copyright of their papers. But this license permits any user to download, print out, extract, reuse, archive, and distribute the article, so long as appropriate credit is given to the authors and the source of the work. The license ensures that the article will be available as widely as possible and that the article can be included in any scientific archive. For more information, please see Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License.