Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) pada pembelajaran matematika dan untuk mengetahui keefektifan model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dalam pembelajaran matematika dalam penelitian-penelitian sebelumnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat studi literatur yang menggunakan jurnal-jurnal dan literatur lainnya sebagai objek penelitian yang utama. Sumber data dalam penelitian ini dikumpulkan dari artikel penelitian terkait teori-teori model pembelajaran POGIL. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis) dengan pengambilan pandangan yang sesuai. Model pembelajaran POGIL secara umum menggunakan 3 tahapan, 5 tahapan dan 7 tahapan. Model POGIL yang menggunakan 3 tahapan melewatkan orientasi dan evaluasi pada penerapannya, sedangkan model pembelajaran dengan 5 tahapan merupakan penggabungan dari 7 tahapan model POGIL yang memiliki kesamaan dalam aktivitas pembelajarannya. Dari 13 penelitian yang dianalisis, ada 5 penelitian yang meneliti keefektifan model pembelajaran POGIL dan semuanya mengemukakan bahwa model POGIL efektif jika diterapkan pada pembelajaran matematika dan 8 penelitian lainnya lebih mengarah kepada pengaruh model pembelajaran POGIL terhadap tingkatan kemampuan siswa.

Keywords

Studi Literatur POGIL Pembelajaran Matematika

Article Details

How to Cite
Hainun, H., Haeruddin, H., & Basir, A. (2022). Literature Review: Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Pada Pembelajaran Matematika. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 61-70. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i1.796

References

  1. Daubenmire, P. L., & Bunce, D. M. (2008). What Do Students Experience during POGIL Instruction? Dalam Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) (Vol. 994, hlm. 87–99). American Chemical Society. https://doi.org/10.1021/bk-2008-0994.ch008
  2. Douglas, E. P., & Chiu, C.-C. (2013). Implementation of Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) in Engineering. Advances in Engineering Education, 3(3).
  3. Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.
  4. Hanim, Z. (2018). Belajar dan Pembelajaran (konsep, teori dan praktek). Kalika Sleman.
  5. Hanson, D. M. (2008). A Cognitive Model for Learning Chemistry and Solving Problems: Implications for Curriculum Design and Classroom Instruction. Dalam Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) (Vol. 994, hlm. 14–25). American Chemical Society. https://doi.org/10.1021/bk-2008-0994.ch002
  6. Krippendorff, K. H. (2004). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology. Sage Publications.
  7. Kurniati, N., Sari, D. I., & Listiawati, E. (2021). Student’s Critical Thinking Ability in Algebra Material using Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL). Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(1), 92–104. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v5i1.1456
  8. Margarita, M., Indiati, I., & Nugroho, A. A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (Pogil) Dan Means Ends Analysis (Mea) Berbantuan Question Card Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(3), 223–233. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i3.7576
  9. Minderhout, V., & Loertscher, J. (2008). Facilitation: The Role of the Instructor. Dalam Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) (Vol. 994, hlm. 72–86). American Chemical Society. https://doi.org/10.1021/bk-2008-0994.ch007
  10. Moog, R. S., & Spencer, J. N. (2009). Process oriented guided inquiry learning (POGIL). Dalam Choice Reviews Online (Vol. 46, Nomor 08, hlm. 4453-46–4453). https://doi.org/10.5860/choice.46-4453
  11. Mulyasa. (2015). Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.
  12. Sari, W. A., Agung Nugroho, & Masykuri, M. (2016). Penerapan Pembelajaran Process Oriented Guided inquiry Learning (POGIL) Dilengkapi LKS Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Prestasi Belajar Siswa Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) Jawa Tengah. Jurnal Profesi Pendidik, 3(2), 114–128.