Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesulitan belajar matematika yang dialami siswa dan mengetahui penyebab kesulitan belajar matematika yang dialami siswa. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di SMP Katolik Santo Mikail Balikpapan tahun ajaran 2016/2017 pada pembelajaran matematika materi kubus dan balok. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 26 siswa. Kegiatan penelitian ini meliputi identifikasi kasus, identifikasi masalah, identifikasi faktor penyebab kesulitan belajar, dan prognosis. Hasil penelitian menunjukkan jenis kesulitan belajar matematika siswa dalam menyelesaikan soal kubus dan balok adalah: (1) Kesulitan menghitung dengan persentase sebanyak 17,857%, (2) Kesulitan siswa dalam mentransfer pengetahuan dengan persentase sebanyak 24,205%, (3) pemahaman bahasa matematika yang kurang dengan persentase sebanyak 33,333%, (4) kesulitan siswa dalam persepsi visual dengan persentase sebanyak 24,205%. Faktor penyebab kesulitan belajar siswa dibedakan menjadi 2 yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi keadaan fisik siswa, intelegensi siswa, minat siswa dan motivasi siswa. Faktor eksternal meliputi cara mengajar guru, kondisi dan keadaan kelas, kegiatan yang diikuti siswa, keadaan lingkungan rumah dan hubungan keluarga.

Keywords

Kesulitan Belajar Matematika

Article Details

How to Cite
Kambey, R. A., Dimpudus, A., & Azainil, A. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Katolik Santo Mikail Balikpapan Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Kubus Dan Balok Tahun Ajaran 2016/2017. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 89-96. https://doi.org/10.30872/primatika.v7i2.417

References

  1. Abdurrahman. 2012. Anak Berkesulitan Belajar Teori, Diagnosis dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta
  2. Ali, Moh., dan Asrori. 2014. Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
  3. Dahar, R. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
  4. Jamaris, M. 2015. Kesulitan Belajar Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia
  5. Makmun, S. 2004. Psikologi Kependidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  6. Margono, S. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
  7. Mulyadi, H. 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.
  8. Purwanto, M. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  9. Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
  10. Syah, M. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.