Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesulitan belajar matematika yang dialami siswa dan mengetahui penyebab kesulitan belajar matematika yang dialami siswa. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di SMP Katolik Santo Mikail Balikpapan tahun ajaran 2016/2017 pada pembelajaran matematika materi kubus dan balok. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 26 siswa. Kegiatan penelitian ini meliputi identifikasi kasus, identifikasi masalah, identifikasi faktor penyebab kesulitan belajar, dan prognosis. Hasil penelitian menunjukkan jenis kesulitan belajar matematika siswa dalam menyelesaikan soal kubus dan balok adalah: (1) Kesulitan menghitung dengan persentase sebanyak 17,857%, (2) Kesulitan siswa dalam mentransfer pengetahuan dengan persentase sebanyak 24,205%, (3) pemahaman bahasa matematika yang kurang dengan persentase sebanyak 33,333%, (4) kesulitan siswa dalam persepsi visual dengan persentase sebanyak 24,205%. Faktor penyebab kesulitan belajar siswa dibedakan menjadi 2 yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi keadaan fisik siswa, intelegensi siswa, minat siswa dan motivasi siswa. Faktor eksternal meliputi cara mengajar guru, kondisi dan keadaan kelas, kegiatan yang diikuti siswa, keadaan lingkungan rumah dan hubungan keluarga.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika applies the license of CC BY-SA 4.0 (a Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License). This license allows authors to keep ownership of the copyright of their papers. But this license permits any user to download, print out, extract, reuse, archive, and distribute the article, so long as appropriate credit is given to the authors and the source of the work. The license ensures that the article will be available as widely as possible and that the article can be included in any scientific archive. For more information, please see Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License.
References
- Abdurrahman. 2012. Anak Berkesulitan Belajar Teori, Diagnosis dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta
- Ali, Moh., dan Asrori. 2014. Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
- Dahar, R. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
- Jamaris, M. 2015. Kesulitan Belajar Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia
- Makmun, S. 2004. Psikologi Kependidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Margono, S. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Mulyadi, H. 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.
- Purwanto, M. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
- Syah, M. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.