Perbedaan Hasil Belajar antara Pembelajaran Problem Based Learning dengan Eksperimen dan Tanpa Eksperimen Pada Siswa Kelas XI IPA SMA 2 Sendawar
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i01.76Keywords:
Eksperimen, Problem Based Learning, Hasil BelajarAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran yang menggunakan problem based learning dengan eksperimen dan tanpa eksperimen pada siswa kelas XI IPA, materi fluida statis dan dinamis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sendawar tahun pembelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenient sampling, sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPA 2 (sebagai kelas eksperimen) dan siswa XI IPA 3 (sebagai kelas kontrol) dimana masing masing kelas terdapat 35 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes tertulis untuk mengetahui hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah diterapkan model pada masing-masing kelas diperoleh hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 75 dan pada kelas kontrol sebesar 61. Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran problem based learning pada kelas yang menggunakan eksperimen dan yang tanpa eksperimen.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.