Keefektifan Model Pembelajaran Novick terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMK Negeri 17 Samarinda Materi Elastisitas dan Hukum Hooke
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i01.77Keywords:
Model Pembelajaran Novick, Pemahaman Konsep, FisikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep fisika siswa SMK serta keefektifan model pembelajaran Novick terhadap pemahaman konsep fisika. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas X SMKN 17 Samarinda. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X-1 dan X-2 Farmasi yang masing-masing berjumlah 35 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain static-group pre-test post-test design. Instrumen penelitian menggunakan teknik tes berupa soal uraian. Hasil rata-rata pemahaman konsep fisika siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dengan N-Gain sebesar 0,68 dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol sebesar 0,49 dengan kategori sedang. Peningkatan tertinggi terdapat pada indikator mencontohkan dengan memperoleh hasil N-Gain sebesar 0,88 kategori tinggi. Sedangkan peningkatan terendah terdapat pada indikator membandingkan dengan memperoleh hasil N-Gain sebesar 0,59 dengan kategori sedang. Penerapan model pembelajaran Novick untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa memiliki tingkat efektifitas yang tinggi dengan effect size sebesar 1,36.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.