Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA pada Materi Momentum dan Impuls

  • Rini Asriani Universitas Mulawarman
  • Abdul Hakim Mulawarman University
  • Shelly Efwinda Mulawarman University
Keywords: Inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kreatif, momentum dan impuls

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain static group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah  purposive sampling. Populasi pada penelitian  ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 5 Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian  ini adalah siswa kelas X MIPA 4 dan 5 yang masing-masing berjumlah 36 orang. Analisis data menggunakan uji t independen t test. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata kelas eksperimen dan kontrol dengan perolehan  p-value sebesar 0,000. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen diperoleh  nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,49 dalam  kategori sedang. Model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa  memiliki tingkat keefektifan yang tinggi dengan effect size sebesar 0,93.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aftriani, D, N., dkk. 2019. Pengaruh Pembelajaran Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Pelajaran Kimia Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Chemistry Education Practice, 1 (2), 1-6

Amijaya S.L, Ramdani A dan Merta W. 2018. “Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik”. Jurnal Pijar Mipa. Vol,2 No.02

Depdiknas. 2005. Misi Pendidikan Nasional dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Jakarta: Depdiknas

Fraenkel, Jack R. 2012. How To Design and Evaluate Research in Education. America: McGraw-Hill.

Maulidah,E. 2019. Character Building dan Keterampilan Abad 21 dalam Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST

Munandar, U. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Nur, H dan Mohammad J. 2014. Strategi Belajar- Mengajar dikelas. Jakarta: Prestasi Pustaka

Nurdyansyah dan Eni F. 2016. Inovasi Model Pembelajaran.

Purwananti, Y. S. 2016. Peningkatan Kualitas Pendidikan sebagai Pencetak Sumber Daya Manusia Handal. Proceding International Seminar FoE (Faculty of Education).

Pratiwi, I., dkk. 2018. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa MTs Di Tinjau Dari Kemampuan Resiliensi Matematika Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 1 (1) pp 171-183

Redhana, I. W. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia. 1(13) 2239-2251

Riswan. 2018. Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Kegiatan Praktikum Biologi Pada Siswa Kelas XI. Artikel ilmiah. 1-13

Sulastri, F., dkk. 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Berbantuan Lembar Kerja Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. 3(1), 15-22

Suardipa, I. P. 2019. Kajian Creative Thingking Matematis Dalam Inovasi. 3(2), 15- 22

Wenning, C. J., (2007). Assessing inquiry skills as a component of scientific literacy. Journal of Physic Teacher Education

Wenning, C. J., 2011. Level Inquiry: Hierarchies of Pedagogical Practices and Inquiry Processes. Journal of Physics Teacher Education

Yuliani, H., dkk. 2017. Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Siswa Sekolah Menengah Di Palangkaraya Menggunakan Pendekatan Saintifik.” Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK). 3(1), 49–51.

Published
2021-04-30
How to Cite
Asriani, R., Hakim, A., & Efwinda, S. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2(1), 34 - 43. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i1.397
Section
Articles