Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA pada Materi Momentum dan Impuls
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i1.397Keywords:
Inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kreatif, momentum dan impulsAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain static group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 5 Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 4 dan 5 yang masing-masing berjumlah 36 orang. Analisis data menggunakan uji t independen t test. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata kelas eksperimen dan kontrol dengan perolehan p-value sebesar 0,000. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,49 dalam kategori sedang. Model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa memiliki tingkat keefektifan yang tinggi dengan effect size sebesar 0,93.
Downloads
References
Aftriani, D, N., dkk. 2019. Pengaruh Pembelajaran Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Pelajaran Kimia Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Chemistry Education Practice, 1 (2), 1-6
Amijaya S.L, Ramdani A dan Merta W. 2018. “Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik”. Jurnal Pijar Mipa. Vol,2 No.02
Depdiknas. 2005. Misi Pendidikan Nasional dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Jakarta: Depdiknas
Fraenkel, Jack R. 2012. How To Design and Evaluate Research in Education. America: McGraw-Hill.
Maulidah,E. 2019. Character Building dan Keterampilan Abad 21 dalam Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST
Munandar, U. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Nur, H dan Mohammad J. 2014. Strategi Belajar- Mengajar dikelas. Jakarta: Prestasi Pustaka
Nurdyansyah dan Eni F. 2016. Inovasi Model Pembelajaran.
Purwananti, Y. S. 2016. Peningkatan Kualitas Pendidikan sebagai Pencetak Sumber Daya Manusia Handal. Proceding International Seminar FoE (Faculty of Education).
Pratiwi, I., dkk. 2018. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa MTs Di Tinjau Dari Kemampuan Resiliensi Matematika Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 1 (1) pp 171-183
Redhana, I. W. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia. 1(13) 2239-2251
Riswan. 2018. Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Kegiatan Praktikum Biologi Pada Siswa Kelas XI. Artikel ilmiah. 1-13
Sulastri, F., dkk. 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Berbantuan Lembar Kerja Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. 3(1), 15-22
Suardipa, I. P. 2019. Kajian Creative Thingking Matematis Dalam Inovasi. 3(2), 15- 22
Wenning, C. J., (2007). Assessing inquiry skills as a component of scientific literacy. Journal of Physic Teacher Education
Wenning, C. J., 2011. Level Inquiry: Hierarchies of Pedagogical Practices and Inquiry Processes. Journal of Physics Teacher Education
Yuliani, H., dkk. 2017. Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Siswa Sekolah Menengah Di Palangkaraya Menggunakan Pendekatan Saintifik.” Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK). 3(1), 49–51.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.