Studi Komparasi Buku Teks Pelajaran IPA SMP/MTS Kelas VIII Semester II Buku Sekolah Elektronik (BSE), Balitbang, dan Erlangga dalam Aspek Literasi Sains
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i1.654Keywords:
Studi Komparasi, Literasi Sains, Buku Teks””Abstract
Literasi sains merupakan kemampuan siswa untuk mengatur informasi logis dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui karakteristik dan perbandingan buku IPA siswa SMP dalam.kategori literasi sains. Penggolongan.kategori literasi.ilmiah aspek.yang digunakan.adalah aspek”sains sebagai batang tubuh pengetahuan, aspek sains sebagai cara menyelidiki, aspek.sains sebagi cara untuk berpikir dan.aspek`interaksi sains, teknologi serta masyarakat.”Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui analisis isi/dokumentasi”buku teks. Sebanyak tiga buku sains digunakan sebagai subjek dalam penelitian ini. Pengumpulan informasi penelitian digunakan instrument lembar pengamatan literasi sains. Teknik analisis digunakan untuk menentukan jumlah setiap kemunculan kategori literasi sains. Teknik Triangulasi digunakan untuk mengukur reabilitas pengamatan . Hasil penelitian menunjukkan bahwa.literasi”sains yang paling banyak muncul adalah kategori pengetahuan”ilmiah. Kategori penyelidikan hakikat sains adalah dominasi tertinggi kedua, sains sebagai cara berpikir adalah dominasi tertinggi ketiga. Sedangkan untuk.yang terendah yaitu literasi sains pada interaksi sains;teknologi serta masyarakat. Sehingga kesimpulannya buku ajar peserta didik telah termasuk literasi sains tetapi tidak seimbang karena lebih mengutamakan pada aspek pengetahuan ilmiah dan kurang pada aspek interaksi antara teknologi”dan ilmu sosial.
Downloads
References
Annur, A. F. (2011). Analisis Buku Pelajaran Kimia SMA Kelas X di Kota Tangerang Selatan Berdasarkan Literasi Sains. Skripsi S1 Jurusan Pendidikan Kimia Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Huda, N. (2017). Analisis Buku Ajar Biologi Kelas X SMA Berdasarkan Literasi Sains. Skripsi. Pontianak: Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Pontianak.
Kurnia, F., . Z., & Fathurohman, A. (2014). Analisis Bahan Ajar Fisika Sma Kelas Xi Di Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 43–47. https://doi.org/10.36706/jipf.v1i1.1263
Maturradiyah, D. (2015). Analisis Buku Ajar Fisika SMA Kelas XII Di Kabupaten Pati Berdasarkan Muatan Lierasi Sains. Unnes Physics Education, 4(1), 17–20.
Moleong, L. J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Pratiwi, I. (2019). Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157
Q, H. L., Rosyidatun, E. S., & Miranto, S. (2015). Analisis Isi Buku Sekolah Elektronik (Bse) Biologi Kelas Xi Semester 1 Berdasarkan Literasi Sains. Edusains, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.15408/es.v7i1.1403
Retno, A. T. P., Saputro, S., & Ulfa, M. (2017). Kajian Aspek Literasi Sains pada Buku Ajar Kimia SMA Kelas XI di Kabupaten Brebes. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) 2017, 21(2013), 112–123. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/11400
Schleicher, A. (2018). PISA 2018 Insights and Interpretations.
Syamsuddin Asyrofi, T. P. (2016). Penulisan Buku Teks Bahasa Arab ( Konsep, Prinsip, Problematika, dan Proyeksi). Ombak.
Udeani, U. (2013). Quatitative analysis of secondary school biology textbooks for scienctific literacy themes. Research Journal in Organizational Psychology & Education Studies, 2(1), 39–43.
Wahyu, I. H. (2020). Relevansi Buku Teks Sebagai Sumber Belajar. https://kumparan.com/ilham-wahyu-hidayat/relevansi-buku-teks-sebagai-sumber-belajar-1tNhFoPYgmU/full
Wahyusari, P. (2017). Analisis buku teks kimia sma kelas xii berdasarkan literasi sains skripsi.
Zulfiani., Feronika, T., dan Suartini, K. (2009). Strategi Pembelajaran Sains. Lembaga Penelitian UIN Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.