Analisis Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke dengan Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual PhET (The Physics education Technology)
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i2.1477Keywords:
Laboratorium virtual, PhET, Penguasaan Konsep, Elastisitas dan Hukum HookeAbstract
Penelitian dilakukan bertujuan untuk melihat penguasaan konsep siswa ketika melakukan pembelajaran menggunakan virtual lab pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Metode penelitian ini ialah The One-Shot Case Study dengan siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri di kota Samarinda sebagai subjek penelitian . Kelas XI MIPA 1 merupakan kelompok yang diuji coba dengan diberi perlakuan berupa pembelajaran menggunakan model discovery learning berbantuan PhET. Data yang dikumpulkan berupa nilai post-test dari 16 butir soal tes pilihan ganda. Hasil yang diperoleh menunjukkan tingkat penguasaan konsep siswa pada level kognisi C2 sebesar 60,4% kategori sedang, C3 57,6% kategori sedang, C4 50% kategori sedang, C5 48,6% kategori rendah dan C6 38,9% kategori rendah. Secara umum dapat disimpulkan bahwa penguasaan konsep level kognisi C2 hingga C4 kategori sedang, C5 kategori rendah dan C6 kategori sangat rendah. Pembelajaran discovery learning yang dilakukan secara daring kurang efektif bagi siswa, sehingga penguasaan konsep tingkat tinggi siswa perlu ditingkatkan.
Downloads
References
Aqib, Z., Jaiyaroh, S., Diniati, E., & Khotimah, K. (2009). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. CV. Yrama Widya.
Arista, F. S., & Kuswanto, H. (2018). Virtual physics laboratory application based on the android smartphone to improve learning independence and conceptual understanding. International Journal of Instruction, 11(1), 1–16. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1111a
Astuti, I. A. ., & Handayani, S. (2018). Penggunaan virtual laboratory berbasisi phet simulation untuk menentukan konstantan wien. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9.
Asyhari, A., & Saputra, H. C. (2016). Lembar Kerja INstruksi Konseptial Berbasis PhET: Mengembangkan Bahan Ajar untuk Mengkonstruksi. 05(2), 193–204. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.119
Bloom, B. S., Engelhart, M. D., Furst, E. J., Hill, W. H., & Karthwol, D. R. (1983). Taxonomy Of Educational Obejctives. The Classification Of Educational Goals. In Cataloging and Classification Quarterly (Vol. 3, Issue 1). Longmans. https://doi.org/10.1300/J104v03n01_03
Faour, M. A., & Ayoubi, Z. (2018). The Effect of Using Virtual Laboratory on Grade 10 Students’ Conceptual Understanding and their Attitudes towards Physics | Faour | Journal of Education in Science, Environment and Health. Journal of Education in Science, Environment and Health, 4(1), 54–68. https://doi.org/10.21891/jeseh.387482
Faour, M. A., Ayoubi, Z., & The, Z. (2018). The Effect of Using Virtual Laboratory on Grade 10 Students’ Conceptual Understanding and their Attitudes towards Physics. Journal of Education in Science, Environment and Health, 4(1), 54–68. https://doi.org/10.21891/jeseh.387482
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). how to design and evaluate research in education 8th
edition. McGraw- Hill Companies, Inc.
Gunawan, G., Nisrina, N., Suranti, N. M. Y., Herayanti, L., & Rahmatiah, R. (2018). Virtual Laboratory to Improve Students’ Conceptual Understanding in Physics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1108(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1108/1/012049
Hermansyah, Gunawan, & Harjono, A. (2019). Pengaruh Penggunaan LAboratorium virtual dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Penguasaan Konsep Kalor Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2).
Hermansyah, Gunawan, & Herayanti, L. (2015). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Gertaran Dan Gelombang. I(2).
Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. (2017). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang.
Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(2), 97. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i2.242
Huda, C., & Sulisworo, D. (2016). Pengembangan Modul Fisika Dasar Berbasis Virtual Laboratory di Pengembangan Modul Fisika Dasar Berbasis Virtual Laboratory di Universitas PGRI Semarang. Prosiding Seminar Nasional, December, 21–26.
Isabella Ririn, B., Zulkarnaen, & M. Junus. (2020). Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Simulasi PhET Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1(01), 81–89. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i01.131
Kameo, S. : W., Handayanto, S. K., Taufiq, D. A., (2020). Eksplorasi Penguasaan Konsep Gelombang Mekanik Mahasiswa Pendidikan Fisika Tahun Pertama Semester Genap Universitas Nusa Cendana Kupang. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 5(1), 46–52. http://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf/
Kemendikbud. (2016). permendikbud tahun 2016 no 21. 4(4).
Maulidiyah, D. R., Serevina, V., & Budi, A. S. (2020). E-Learning berbasis Discovery Learning Menggunakan Shcoolog. IX, 191–198.
Mebang, V., Komariyah, L., & Haryanto, Z. (2021). Pengaruh Respon Model Discovery Learning Berbasis Media Aplikasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 2(1), 73– 82. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i1.382
Prihatiningtyas, S., Prastowo, T., & Jatmiko, B. (2013). Imlementasi simulasi phet dan kit sederhana untuk mengajarkan keterampilan psikomotor siswa pada pokok bahasan alat optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 18–22. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2505
Rabiudin, R., Rusdin, R., & Maimuna, W. (2022). Telaah Kognitif: Pemetaan Kemampuan Mengingat Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Dan Matematika. Jambura Physics Journal, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.34312/jpj.v4i1.13603
Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 119. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388
Salsabila, S., Sudarti, & Supeno. (2018). Analisis Penguasaan Konsep Pokok Bahasan Gelombang Elektromagnetik pada Siswa Kelas XII SMA. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2018, 3, 162–166.
Sari Ay, Ö., & Yilmaz, S. (2015). Effects of Virtual Experiments Oriented Science Instruction on Students’ Achievement and Attitude. Elementary Education Online, 14(2), 609–620. https://doi.org/10.17051/io.2015.25820
Sari, S. P., Lubis, P. H. M., & Sugiarti, S. (2021). Pengembangan Lkpd Berbasis Discovery Learning Berbantuan Software Tracker Pada Materi Gerak Melingkar Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 137–146. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.137-146
Wahyudi, R., Rukmini, D., Anggani, D., & Bharati, L. (2019). Developing Discovery Learning-Based Assessment Module to Stimulate Critical Thinking and Creativity of Students ’ Speaking Performance. 9(2), 172–180.
Yuszahra, R., Maryani, & Supradi, B. (2019). Model Discovery Learning dengan Media E-Learning pada Pembeljaran Fisika saat Coivd-19 di SMA. 5(1), 33–39.
Zannah, S. N., Subagiyo, L., & Damayanti, P. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Edmodo Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 2(2), 183– 192. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i2.617
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.