Meningkatkan Hasil Belajar dan Perilaku Pro-Lingkungan Siswa melalui Implementasi Bahan Ajar pada Materi Pemanasan Global

Authors

  • Huscnul Khatima Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Muliati Syam Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Shelly Efwinda Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30872/jlpf.v6i1.4010

Abstract

Permasalahan di lingkungan sekolah salah satunya adalah kurangnya informasi untuk meningkatkan perilaku peduli lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan perilaku peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Samarinda setelah penerapan bahan ajar berbasis pro-lingkungan. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode one group pretest-posttest design. Sampel berjumlah 34 peserta didik yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes (pilihan ganda dan esai) serta kuesioner perilaku pro-lingkungan pada materi pemanasan global. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar meningkat dari 38,87 (pretest) menjadi 78,68 (posttest) dengan N-Gain sebesar 0,64 (kategori sedang). Perilaku pro-lingkungan juga mengalami peningkatan dari 75,32% menjadi 83,53% dengan N-Gain sebesar 0,33 (kategori sedang). Dengan demikian, penerapan bahan ajar berbasis pro-lingkungan efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan perilaku peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Samarinda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, A., Syam, M., & Efwinda, S. (2024). Analysis of validity and learner response to the development of pro-environment based teaching materials on global warming material. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 12(2), 194-204.

Ardianti, S. D., Wanabuliandari, A., & Rahardjo, S. (2017). Peningkatan perilaku peduli lingkungan dan tanggung jawab peserta didik melalui model EJAS dengan pendekatan science edutaintment. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1): 1-7.

Clayton, S. (2020). Climate anxiety: Psychological responses to climate change. Journal of Anxiety Disorder, 74 (August 2020), 102263.

Fitriyani, N., Gunawan, & Sutrio. (2017). Berpikir kreatif dalam fisika dengan pembelajaran conceptual understanding procedures (CUPs) berbantuan LKPD. Jurnal Fisika dan Teknologi, 3(1), 24-33.

Haryanti, N., Tohawi, A., & Purnomo, M. W. (2022). Strategi penanggulangan pemanasan global terhadap dampak laju perekonomian dalam pandangan islam. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 9(2), 168-183.

Hermawan, M. A. (2021). Analisis respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran videoscribe berpendekatan STEM materi termodinamika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 138–142.

Hikmawati, F. (2018). Metodologi Penelitian (2nd ed). Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Ibrahim, A. (2020). Implementasi bahan ajar modul Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) pada pembelajaran PAI kelas XI di SMA Negeri 5 Malang. Skripsi. Malang: UIN Malik Ibrahim.

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan menjaga kebersihan di sekolah. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 59–68.

Kahar, A. P. (2014). Pengembangan bahan ajar ekosistem mangrove berbasis potensi lokal untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA. Tesis. Bandung: Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia.

Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Monita, F. A., & Ikhsan, J. (2020). Development Virtual Reality IPA (VR-IPA) learning media for science learning. Journal of Physics: Conference Series, 1440 012103.

Mukhyati, & Sriyati, S. (2015). Pengembangan bahan ajar perubahan lingkungan berbasis realitas lokal dan literasi lingkungan. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS 2015, 151-161.

Okmarisa, H., Darmana, A., & Suyanti, R. D. (2016). Implementasi bahan ajar kimia terintegrasi nilai spiritual dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) berorientasi kolaboratif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Kimia (JPKIM), 8(2): 130-135.

Rifayanti, R., Saputri, A., Arake, A. K., & Astuti, W. (2018). Peran role model dalam membentuk perilaku pro-lingkungan. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 7(2), 12-23.

Susanti, R. (2017). Pengembangan modul pembelajaran PAI berbasis kurikulum 2013 di kelas V SD Negeri 21 Batubasa, Tanah Datar. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 156–172.

Vonnisa, M., Mardiansyah, D., Marzuki, M., Fardela, R., Irka, F. H., Harmadi, H., ... & Muttaqin, A. (2024). Pengayaan Materi Pemanasan Global di SMA Negeri 2 Gunung Talang Kabupaten Solok. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 1996-2002.

Widhiastuti, R., Susilowati, N., & Lianingsih, S. (2020). Environmental behavior mahasiswa pendidikan akuntansi di kampus konservasi. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (JPSL), 10(2), 257–269.

Winarti, W. (2023). Pengembangan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal dalam menanamkan karakter peserta didik kelas IV SDN Tebing Tingi. Skripsi. Rejang Lebong: nstitut Agama Islam Negeri Curup.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Khatima, H., Syam, M., & Efwinda, S. (2025). Meningkatkan Hasil Belajar dan Perilaku Pro-Lingkungan Siswa melalui Implementasi Bahan Ajar pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 6(1), 75–87. https://doi.org/10.30872/jlpf.v6i1.4010

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>