Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 13 Samarinda Materi Impuls dan Momentum
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i2.935Keywords:
Model Pembelajaran, Discovery Learning, Kemampuan Berpikir KritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 13 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode posttest only control design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan melibatkan 31 peserta didik dari 2 kelas sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis berupa 8 soal yang mengacu pada indikator berpikir kritis, yaitu Elementary Clarification, Basic Support, Inference, Advance, Strategy and Tactics. Kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan model Discovery Learning mengalami peningkatan yang dilihat dari selisih antara nilai kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil uji Mann-Whitneyy diperoleh nilai Asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Melalui model discovery learning, siswa didorong untuk berpikir kritis, dan menganalisis sendiri, sehingga menemukan konsep berdasarkan bahan atau data yang dieksplorasi oleh siswa sendiri.
Downloads
References
Agustriana, Nigrum dan Somantri. 2015. “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas XI IPAS SMA Negeri 1 Dukupuntang)”. Antologi Pendidikan Geografi, Volume 3 No. 1
Amri, S. dan Ahmadi, I.K. 2010. Proses Pembelajaran Inovatif dan Kreatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Cholis, Abrori. 2007. Berpikir Kritis (Critical Thinking) Dalam Profesi Dokter. Jakarta: Universitas negeri Jakarta
Ennis, R. H. 1996. A Critical Thinking. New York: Freeman
Hikmawati, H., Kosim, K., Doyan, A., Gunawan, G., & Kurniawan, E. (2021, February). Discovery Learning Model to Practice Students’ Science Process Skill in Elasticity and Hooke’s Law. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1779, No. 1, p. 012087). IOP Publishing.Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstektual dala Pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Jhonson, E.B. 2007. Contextual Teaching and Learning. Bandung:MLC.
Joko Purwanto dan Winarti. 2016. “Profil Pembelajaran Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah se-DIY” . Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 7 (2016): 8-18
Munandar, U. 1999. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT. Gramedia.
Norris, S. P and Ennis, R. 1989. Evaluating Critical Thinking. In R. J. Swartz and D. N. Perkins (Eds), The Practitioner's Guide to Teaching Thinking Series. Pasific Grove, CA: Midwest Publications.
Putranto, Janggan A, A. 2016. Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pokok Ciri-Ciri Makhluk Hidup. Skripsi Pendidikan Biologi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Raya, D. (2019, April). Development of physic learning system by using discovery learning model integrated into 21st century learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1185, No. 1, p. 012103). IOP Publishing.
Redhana, I. W. 2003. “Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik Melalui Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Pemecahan Masalah”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 36(2): 11-21
Rohim, F. Susanto, H dan Elianawati. 2012. “Penerapan Model Discovery Learning Terbimbing pada pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan kemampuan Berpikir Kreatif”. Unnes Physics education Journal. Vol. 1(1): 1-5.
Sari, R. Y., & Cahyo, H. N. (2020). Effectivity of Guided Discovery Learning with Concept Mapping to improve conceptual understanding in endocrine system material for grade XI science class. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1440, No. 1, p. 012077). IOP Publishing.
Serevina, V., Sarah, A. L., Risniawati, M., & Andriana, W. (2020, March). Increasing students’ creative thinking skills at 11th grade of mathematics and natural sciences 5, Senior High School 42 Jakarta on subject of Temperature and Heat by applying discovery learning model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1481, No. 1, p. 012082). IOP Publishing.
Srianty, Samad, Abdul dan Patandean. 2011. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Bungoro Melalui Model Pembelajaran Generatif”. Jurnal Jurusan Fisika Universitas Negeri Makassar. Vol.7 No.1: 1-12.
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.