Analisis Soal Fisika Level HOTS (Higher Order Thinking Skills) Pada Ujian Sumatif Kelas X SMA/MA di KotaTarakan

  • Fina Nur Apriliani Universitas Mulawarman
  • Puardmi Damayanti Universitas Mulawarman
  • Riskan Qadar Universitas Mulawarman
Keywords: Soal UJian Sumatif, HOTS, Dimensi Proses Kognitif, Dimensi Pengetahuan

Abstract

Penelitian ini berfokus untuk menganalisis soal ujian sumatif pelajaran Fisika SMA/MA kelas X di kota Tarakan dengan mengetahui dimensi proses kognitif soal HOTS dan dimensi pengetahuan. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian diambil dari 4 sekolah dengan teknik pengumpulan data yaitu lembar analisis soal. Hasil penelitian menunjukkan proporsi soal dari 4 sekolah tersebut berada pada dimensi proses kognitif dengan kategori level HOTS yang paling besar yaitu kategori soal C4 sebesar 11,6%, dan tidak ditemukan kategori soal C5 maupun C6. Sementara dari tinjauan dimensi pengetahuan, soal level HOTS yang berjumlah 10 butir soal masuk ke dalam kategori pengetahuan Prosedural yaitu sebanyak 9 butir soal, pengetahuan Konseptual sebanyak 1 butir soal, dan tidak ditemukan soal yang menggali pengetahuan Faktual maupun Metakognitif. Dengan demikian, soal level HOTS pada ujian sumatif diharapkan dapat menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi untuk siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aflah, N. S., & Sunarti, T. (2022). Analisis Soal Fisika berbasis High Order Thinking Skill dalam Penilaian Akhir Tahun di SMA. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 573-579.

Malik, A., Ertikanto, C., & Suyatna, A. (2015). Deskripsi Kebutuhan HOTS Assessment Pada Pembelajaran Fisika Dengan Metode Inkuiri Terbimbing. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), Vol. 4, pp. SNF2015-III.

Rochman, S., & Hartoyo, Z. (2018). Analisis High Order Thinking Skills (HOTS) Taksonomi Menganalisis Permasalahan Fisika. SPEJ (Science and Physics Education Journal), 1(2), 78-88.

Sukiminiandari, Y. P., Budi, A. S., & Supriyati, Y. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Saintifik. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) , Vol.4, SNF2015-II.

Syarifah, L. L., Yenni, & Dewi, W. K. (2020). Analisis Soal-Soal Pada Buku Ajar Matematika Siswa Kelas XI Ditinjau Dari Aspek Kognitif. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1259-1272.

Yuniar, M., Rakhmat, C., & Saepulrohman, A. (2015). Analisis HOTS (High Order Thinking Skills) Pada Soal Objektif Tes Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V SD Negeri 7 Ciamis. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 187-195.

Published
2024-04-30
How to Cite
Nur Apriliani, F., Damayanti, P., & Qadar, R. (2024). Analisis Soal Fisika Level HOTS (Higher Order Thinking Skills) Pada Ujian Sumatif Kelas X SMA/MA di KotaTarakan. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 5(1), 70-79. https://doi.org/10.30872/jlpf.v5i1.2716
Section
Articles