Studi Analisis Hubungan Self-Efficacy dengan Hasil Belajar Fisika

  • Nurul Hayati universitas mulawarman
  • Muhammad Junus Universitas Mulawarman
  • Riskan Qadar Universitas Mulawarman
Keywords: Ex-Post Facto , self efficacy, hasil belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan self efficacy yang dimiliki siswa dengan hasil belajarnya pada pembelajaran fisika sehingga mampu mengacu kepercayaan diri yang dimilikinya dan bisa menyelesaikan segala tugas yang diberikan disekolah dengan baik. Jenis penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian Ex-Post Facto dengan melihat adanya korelasi self efficaccy terhadap hasil belajar fisika dengan melewati tiga tahapan. Bentuk penelitian ini dipilih sebab menggunakan satu kelompok subjek populasi yang sekaligus menjadi sampel ini merupakan siswa kelas X SMK Negeri 6 Samarinda jurusan teknik pengelasan yang berjumlah sebanyak 34 siswa . pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan tes berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir dan angket sebanyak 20 pertanyaan untuk mendapatkan hasil dalam melihat hubungan antara self efficacy dengan hasil belajar fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara self efficacy seorang siswa terhadap hasil belajarnya dengan melihat rentang nilai coefficcient bootstrap yang berada pada kutub yang sama yaitu nilau upper -0,125 dan lower -0,848 beraada pada kutub negatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, F., Putri, R., Fakhruddiana, F., Psikologi, F., Ahmad, U., & Jl, D. (2018). Self-efficacy guru kelas dalam membimbing siswa slow learner. Jurnal Pendidikan Khusus, 14(1).

Ahriana. (2016). Studi Analisis Hubungan Antara Self Efficacy dengan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar 4.

Cervato, B. C., & Kerton, C. (2017). Improving the Science Teaching Self- Efficacy of Preservice Elementary. 47(2), 83–91.

Efendi, R. (2013). Journal of Social and Industrial Psychology. 2(2).

Granito, V. J., & Santana, M. E. (2016). Psychology of Learning Spaces : Impact on Teaching and Learning. 5(1).

Safitri, L., Maruddani, D. A. I., & Santoso, R. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Dividend Payout Ratio (DPR) Menggunakan Analisis Regresi Linier dengan Bootstrap (Studi Kasus: PT. Unilever Indonesia, Tbk Tahun 1999-2015). 6, 385–395.

Tenaw, Y. A. (2013). Relationship Between Self-Efficacy, Academic Achievement And Gender In Analytical Chemistry at. 3(January), 3–28.

Yoannita, B., Budi, E., & Rustana, C. E. (2016). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Model Problem Based Learning. V.

Zumro, M., Setyarsih, W., & Rohmawati, L. (2018). Identifikasi Awal Profil Self-Efficacy Siswa SMA , Hasil Belajar Fisika , dan Model Pengajarannya. 07(01).

Published
2021-04-30
How to Cite
Hayati, N., Junus, M., & Qadar, R. (2021). Studi Analisis Hubungan Self-Efficacy dengan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2(1), 83 - 91. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i1.365
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)