Studi Analisis Hubungan Self-Efficacy dengan Hasil Belajar Fisika
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i1.365Keywords:
Ex-Post Facto , self efficacy, hasil belajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan self efficacy yang dimiliki siswa dengan hasil belajarnya pada pembelajaran fisika sehingga mampu mengacu kepercayaan diri yang dimilikinya dan bisa menyelesaikan segala tugas yang diberikan disekolah dengan baik. Jenis penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian Ex-Post Facto dengan melihat adanya korelasi self efficaccy terhadap hasil belajar fisika dengan melewati tiga tahapan. Bentuk penelitian ini dipilih sebab menggunakan satu kelompok subjek populasi yang sekaligus menjadi sampel ini merupakan siswa kelas X SMK Negeri 6 Samarinda jurusan teknik pengelasan yang berjumlah sebanyak 34 siswa . pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan tes berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir dan angket sebanyak 20 pertanyaan untuk mendapatkan hasil dalam melihat hubungan antara self efficacy dengan hasil belajar fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara self efficacy seorang siswa terhadap hasil belajarnya dengan melihat rentang nilai coefficcient bootstrap yang berada pada kutub yang sama yaitu nilau upper -0,125 dan lower -0,848 beraada pada kutub negatif.
Downloads
References
Agustin, F., Putri, R., Fakhruddiana, F., Psikologi, F., Ahmad, U., & Jl, D. (2018). Self-efficacy guru kelas dalam membimbing siswa slow learner. Jurnal Pendidikan Khusus, 14(1).
Ahriana. (2016). Studi Analisis Hubungan Antara Self Efficacy dengan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar 4.
Cervato, B. C., & Kerton, C. (2017). Improving the Science Teaching Self- Efficacy of Preservice Elementary. 47(2), 83–91.
Efendi, R. (2013). Journal of Social and Industrial Psychology. 2(2).
Granito, V. J., & Santana, M. E. (2016). Psychology of Learning Spaces : Impact on Teaching and Learning. 5(1).
Safitri, L., Maruddani, D. A. I., & Santoso, R. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Dividend Payout Ratio (DPR) Menggunakan Analisis Regresi Linier dengan Bootstrap (Studi Kasus: PT. Unilever Indonesia, Tbk Tahun 1999-2015). 6, 385–395.
Tenaw, Y. A. (2013). Relationship Between Self-Efficacy, Academic Achievement And Gender In Analytical Chemistry at. 3(January), 3–28.
Yoannita, B., Budi, E., & Rustana, C. E. (2016). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Model Problem Based Learning. V.
Zumro, M., Setyarsih, W., & Rohmawati, L. (2018). Identifikasi Awal Profil Self-Efficacy Siswa SMA , Hasil Belajar Fisika , dan Model Pengajarannya. 07(01).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.