Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Samarinda

Main Article Content

Herlin Rante Datu
Riskan Qadar
M. Junus

Abstract

Project based Learning (PjBL) adalah model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran baik dalam merancang ataupun membuat proyek yang berguna untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model PjBL. Jenis  penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan motode One Grup-Pretest-posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 5 Samarinda sebanyak 36 siswa.Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa menggunakan teknis tes dengan soal berbentuk essay berjumlah 10 soal. Data hasil belajar siswa sebelum diterapkan model PjBL nilai rata-rata siswa sebesar 20,67 dan setelah diterapkan model PjBL mendapat nilai rata-rata 69,47, dengan demikian terdapat peningkatan hasil belajar yang dilihat dari perolehan nilai N-Gain sebesar 0,51 yang termasuk dalam kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rante Datu, H., Qadar, R., & M. Junus. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1(02), 138 - 144. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i2.231
Section
Articles
Author Biography

Herlin Rante Datu, Universitas Mulawarman

NIM : 1505035055

References

Khoiri, N. 2016. Keefektifan Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika.Vol.7.No.2 .ISSN 2086-2407
Suranti Ni Made Yeni. 2016. Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Paerta Didik pada Materi Alat-Alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol. 2. No. 2. ISSN. 2407-6902
Surya Andita Putri. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar Vol. 6. No 1. hal 41-54. ISSN: 2337-9227
Arfiana & Lusiana, A. 2016. Asuhan Neonatus Bayi Balita dan Anak Pra Sekolah. Yogyakarta : Trans Medika
Kurniawan, D. 2011. Pembelajaran Terpadu. Bandung: Pustaka Cendikia Utama
Sugiyono. 2015. Metode penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Rinta, D. 2013. Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Pillar Physics Education”. Vol 1. Hal 48-54.
Kamdi, W. 2008. Project Based Learning: Pendekatan Pembelajaran Inovatif. Malang: Universitas Negeri Malang