Pengaruh kecemasan matematika siswa kelas VIII SMP wilayah pulau-pulau kecil perbatasan terhadap kemampuan literasi matematika
DOI:
https://doi.org/10.30872/primatika.v14i1.5062Keywords:
Kecemasan matematika, Literasi matematika, Pulau-pulau kecil perbatasanAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi apakah kecemasan matematika siswa SMP di daerah pulau-pulau kecil perbatasan berpengaruh terhadap kemampuan literasi matematika menurut versi PISA. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto tipe regresi linier sederhana dimana kecemasan matematika bertindak sebagai variabel bebas (X) dan kemampuan literasi matematika sebagai variabel terikat (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Tiakur Kab. Maluku Barat Daya dengan sampel adalah siswa kelas VIIID berjumlah 26 siswa yang dipilih secara acak dengan melakukan pengundian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket kecemasan matematika dan soal literasi matematika PISA level 1-3. Teknik analisis data menggunakan statistik inferensial berupa uji prasyarat normalitas dan linieritas serta uji hipotesis berupa analisis model regresi linier sederhana, uji signifikansi persamaan regresi, dan analisis kekuatan pengaruh dengan R2. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh negatif kecemasan matematika terhadap kemampuan literasi matematika siswa dengan model regresi linier sederhananya adalah Y=-0.962+0.722X dan R2=0.204 yang berarti 20,4% kemampuan literasi matematika siswa dipengaruhi oleh kecemasan matematika siswa itu sendiri sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa kecemasan matematika mempengaruhi literasi matematika siswa di pulau-pulau kecil, membutuhkan pendekatan pembelajaran yang mendukung dan pelatihan guru.
Downloads
References
Amidi, Kartono, Mulyono, & Pudjiastuti, E. (2025). The effectiveness of contextual teaching and learning with articulate storyline in improving mathematical literacy: A perspective of high self-confidence students. Educational Process: International Journal, 16. https://doi.org/10.22521/edupij.2025.16.233
Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa: Ditinjau dari kategori kecemasan matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24–32. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033
Fauziah, N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis tingkat kecemasan siswa dalam menghadapi ujian matematika. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 179–188. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.872
Fransisca, A., & Suprananto. (2024). Pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan literasi matematis siswa SMP. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 88–100.
Habibi, & Suparman. (2020). Literasi matematika dalam menyambut PISA 2021 berdasarkan kecakapan abad 21. JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6(1), 57–64. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8177
Hakim, R. N., & Adirakasiwi, A. G., (2021). Analisis tingkat kecemasan matematika siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 809–816. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.809-816
Hamidah, I., Zulkardi, Putri, R. I. I., & Pramuditya, S. A. (2025). Developing a mathematical literacy learning environment for students through educational game assistance. Mathematics Education Journal, 19(1), 141–162. https://doi.org/10.22342/jpm.v19i1.pp141-162
Harefa, A. D., Lase, S., & Zega, Y. (2023). Hubungan kecemasan matematika dan kemampuan literasi matematika terhadap hasil belajar peserta didik. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 144–151. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.96
Hilz, A., Hofman, A., Jansen, B., & Aldrup, K. (2025). Tracing students’ practice behavior in an adaptive math learning program: Does it mediate the math anxiety–performance link? Learning and Instruction, 98. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2025.102113
Ismail, F. (2018). Statistika Untuk Penelitian dan Ilmu-Ilmu Sosial. Kencana.
Istihapsari, V., Sukestiyarno, Y. L., Suyitno, H., & Rochmad, R. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik SMP Berdasarkan Kecemasan Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 1127–1132.
Laurens, T., & Ratumanan, T. G. (2015). Penilaian hasil belajar pada tingkat satuan pendidikan, Edisi ke 3. Pensil Komunika.
Lekitoo, J. N. (2023). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) konteks etnomatematika pulau-pulau kecil perbatasan (Maluku Barat Daya). Sora Journal of Mathematics Education Oktober, 4(2), 72–80. https://doi.org/https://doi.org/10.30598/sora.4.2.72-80
Lestari, R. D., & Effendi, K. N. (2022). Analisis kemampuan literasi matematis siswa SMP Pada materi bangun datar. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 8(1), 63–73. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1221
Lestari, Y., As’ari, A. R., & Muksar, M. (2021). Analysis of students mathematical literacy skill in solving PISA mathematics problems. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 9(1), 102–118. https://doi.org/10.24252/mapan.2021v9n1a7
Maharani, M., Supriadi, N., & Widyastuti, R. (2018). Media pembelajaran matematika berbasis kartun untuk menurunkan kecemasan siswa. Desimal: Jurnal Matematika , 1(1), 101–106. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.2036
Mahmood, S., & Khatoon, T. (2011). Development and validation of the mathematics anxiety scale for secondary and senior secondary school students. British Journal of Arts and Social Sciences, 2(2), 2046–9578.
Mataheru, W., Laurens, T., & Taihuttu, S. M. (2023). The development of geometry learning using traditional dance context assisted by GeoGebra. Jurnal Elemen, 9(1), 65–83. https://doi.org/10.29408/jel.v9i1.6628
Mulyani, S., Nurcahyono, N. A., & Lukman, H. S. (2025). Analisis kemampuan literasi numerasi siswa SMP ditinjau dari kecemasan matematika. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 8(2), 121–131. https://doi.org/10.37150/jp.v8i2.3137
Murni, S., Suryadi, D., & Prabawanto, S. (2025). Lower secondary students epistemological obstacle in solving mathematical literacy task: Focus on plane geometry. Journal of Engineering Science and Technology, 20(3), 49–56. https://jestec.taylors.edu.my/Special%20Issue%20ISCoE%202024_4/ISCoE2024_4_07.pdf
Namkung, J. M., Peng, P., & Goodrich, M. J. (2025). The relation between mathematics anxiety and mathematics competence for students with versus without mathematics learning difficulties. Learning Disability Quarterly, 48(2), 143–153. https://doi.org/10.1177/07319487241301410
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The state of learning and equity in education. Organization for Economic Cooperation and Development. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
Putra, A., & Yulanda, Y. (2021). Kecemasan matematika siswa dan pengaruhnya: Systematic literature review. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 15(1), 1–14. https://doi.org/10.30863/didaktika.v15i1.1148
Ramadhan, M. Y., Haji, S., & Sumardi, H. (2023). Pengaruh matematics phobia, adversity quotient, locus of control terhadap literasi matematika pada siswa sekolah menegah. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika, dan Statistika, 4(1), 614–628. https://doi.org/10.46306/lb.v4i1
Rawa, N. R., & Yasa, P. A. E. M. (2018). Kecemasan matematika pada mahasiswa pendidikan guru Sekolah Dasar. Journal of Education Technology, 2(2), 36–45. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16180
Sausan, T., & Wibowo, M. U. (2024). Analisis kemampuan literasi matematis peserta didik sekolah menengah dalam menyelesaikan soal PISA konten quantity ditinjau dari math anxiety. Religious and Social Humanitis, 1(1), 18–33. https://doi.org/10.15575/jash.v1i1.713
Setyawati, A., & Ratu, N. (2021). Analisis kesulitan belajar matematika siswa SMP pada materi aljabar ditinjau dari mathematics anxiety. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2941–2953. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.957
Syahbana, A., Rizta, A., Suryati, S., & Kusumawati, N. I. (2024). Tingkat kecemasan matematika siswa SMP pada pembelajaran materi prisma. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 7(1), 58–71. https://doi.org/10.31851/indiktika.v7i1.16908
Zeng, C. (2025). The effects of students’ backgrounds, attitudes, and ICT familiarity on mathematical literacy: Latent profile analysis and lasso regression. Education and Information Technologies, 30(5), 5451–5475. https://doi.org/10.1007/s10639-024-13028-9
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 John Nandito Lekitoo, Michael Inuhan, La Moma, Rensa Zacharias, Dian L. Joosthensz

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika applies the license of CC BY-SA 4.0 (a Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License). This license allows authors to keep ownership of the copyright of their papers. But this license permits any user to download, print out, extract, reuse, archive, and distribute the article, so long as appropriate credit is given to the authors and the source of the work. The license ensures that the article will be available as widely as possible and that the article can be included in any scientific archive. For more information, please see Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License.









