Main Article Content

Abstract

Pemahaman konsep pada pelajaran matematika mampu membantu siswa untuk menyelesaikan soal matematika dengan baik dan benar. Akan tetapi, berdasarkan data yang diperoleh dari Kemendikbud (2019) hasil rata–rata nilai Ujian Nasional di Indonesia pada mata pelajaran matematika menduduki peringkat paling rendah di antara mata pelajaran lainnya. Banyak siswa mengalami kesulitan menyelesaikan soal karena tidak paham terhadap konsep yang dipelajari, salah satunyapada materi relasi dan fungsi. Data dari Kemendikbud menunjukkan bahwa hanya 27,14% siswa yang dapat menjawab soal dengan benar, oleh karenanya peneliti tertarik untuk mengetahui letak kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menjawab soal-soal pada materi relasi dan fungsi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 50 siswa dari salah satu SMP Negeri di Kabupaten Sleman. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian 5 soal uraian dan jawaban siswa dikumpulkan untuk dianalisis menggunakan analisis kesalahan Newman. Soal yang diberikan mengacu pada karakteristik soal pemahaman konsep yang telah tervalidasi. Hasil menunjukanbahwa jumlah kesalahan terbanyak dilakukan siswa pada tahapan memahami soal yakni sebesar 33% dan kesalahan paling kecil diperoleh pada tahapan transformasi yakni sebesar 5%. Penelitian ini penting untuk diteliti karena melihat pemahaman konsep siswa terhadap suatu materi masih sangat kurang.

Keywords

Relasi dan fungsi Pemahaman konsep Kesalahan siswa Analisis kesalahan Newman

Article Details

How to Cite
Halawa, J. S., & Heksa, D. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep pada Materi Relasi dan Fungsi. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 11-18. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i1.369

References

  1. Arifani, N.H. As’ari, A.R. & Abadyo. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Timss Menurut Teori Newman. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.
  2. Atikasari, F. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Berdasarkan Analisis Newman pada Pembelajaran PBL. Universitas Negeri Semarang.
  3. Clemen, M.N. (1980). The Newman Procedure for Analysing Errors on Written Mathematical Tasks. Educational Studies in Matheatics.
  4. Kemdikbud. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!smp!capaian_nasional!99&99&999!T&T&T&T&1&!1!&.
  5. Koli, Y.F. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Relasi dan Fungsi. Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
  6. Oktaviana, D. (2017). Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 5(2):22-32.
  7. Qurotaa'yun, U.N. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  8. Satiti, T. (2014). Analisis dengan Prosedur Newman terhadap Kesalahan Peserta Didik Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. Universitas Negeri Semarang.
  9. Septiahani, A., Melisari, M. & Zanthy, L.S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret. Mosharfa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2): 311-322.
  10. Siregar, D.P. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.