Peningkatan literasi numerasi terhadap minat baca siswa SMP Negeri 22 Surabaya melalui program pembiasaan literasi berupa komik
DOI:
https://doi.org/10.30872/primatika.v13i2.3293Keywords:
Literasi, Numerasi, Minat Baca, Komik, Program Pembiasaan LiterasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pada literasi numerasi pada minat baca peserta didik di SMP Negeri 22 Surabaya melalui implementasi program pembiasaan literasi berupa komik. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan desain pre dan post-test tanpa kelompok kontrol. Sebanyak 67 siswa dari kelas delapan di SMP Negeri 22 Surabaya dipilih sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui tes yang meliputi pre-test dan post-test. Analisis data dilakukan menggunakan metode alur interaktif dengan pendekatan kualitatif, dan data yang relevan dikumpulkan dari berbagai sumber. Hasil penelitian ini menyarankan bahwa program pembiasaan literasi yang menggunakan media komik matematika dapat meningkatkan keterampilan literasi numerasi siswa di SMP Negeri 22 Surabaya.
Downloads
References
Amirova, G. (2020). The benefits of reading skills in the educational process. Proceedings of The ICECRS, 3. https://doi.org/10.21070/icecrs2019463
Antasari, I. W. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. Libria: Library of Uin Ar-Raniry 9(1), 13-26. http://dx.doi.org/10.22373/1680
Asrijanty, A. (2020). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan implikasinya pada pembelajaran. Pusat Asesmen dan Pembelajaran.
Bangsawan, I. P. R. (2018). Minat Baca Siswa. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banyuasin.
Basri, H., Kurnadi, B., Tafriliyanto, C. F., & Nugroho, P. B. (2021). Investigasi kemampuan numerasi mahasiswa calon guru matematika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.30605/proximal.v4i2.1318
Denty, A. (2023). Peringkat Indonesia pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi Dibanding 2018. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018
Fitriyani, Y., Eliyanti, M., & Lestari, M. A. (2021). Penerapan media komik untuk meningkatkan kemampuan literasi dalam memahami soal cerita matematika di sekolah dasar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2). https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i2a5.2021
Hasibuan, N. H., Gusmania, Y., & Rahman, S. (2022). Efektivitas Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Kodular untuk Kemampuan Pemahaman Literasi Matematika Siswa SDS Edustar. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.30606/absis.v4i2.1218
Hastuti, S., & Lestari, N. A. (2018). Gerakan literasi sekolah: implementasi tahap pembiasaan dan pengembangan literasi di SD Sukorejo Kediri. Jurnal Basataka (JBT), 1(2). https://doi.org/10.36277/basataka.v1i2.34
Kartikasari, E. (2022). Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(5), 8879–8885. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3959
Nudiati, D., & Sudiapermana, E. (2020). Literasi sebagai kecakapan hidup abad 21 pada mahasiswa. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34-40. https://doi.org/10.31960/ijolec.v2i1.151
Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic Literature Review: Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.951
Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1),9. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385
Putri, B. A., Utomo, D. P., & Zukhrufurrohmah, Z. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(2). https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.2.141-153
Ratnasari, J. R., & Setiawan, Y. E. (2022). Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah segiempat dan trapesium. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2533-2544. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5714
Sadriani, A., Arifin, I., Muliana, G. H., & Ruslan, Z. A. (2023). Peningkatan Literasi dan Numerasi Siswa Melalui Program Pojok Baca di SD Negeri Pampang. Ininnawa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 30-36.
Setiawan, A. A., & Sudigdo, A. (2019). Penguatan Literasi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kunjungan Perpustakaan. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 1(1).
Yayuk, E., Restian, A., & Ekowati, D. W. (2023). Literasi Numerasi dalam Kerangka Kurikulum Merdeka Berbasis Art Education. International Journal of Community Service Learning, 7(2). https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.56278
Wiedarti, P., Laksono, K., Retnaningdyah, P. (2018) Desain induk Gerakan Literasi Sekolah. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Balqis Tsani Inesita, Hanifatul Maghfiroh, Karimah Nuril Azizah, Lisanul Uswah Sadieda, Nuryanti Hanizar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika applies the license of CC BY-SA 4.0 (a Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License). This license allows authors to keep ownership of the copyright of their papers. But this license permits any user to download, print out, extract, reuse, archive, and distribute the article, so long as appropriate credit is given to the authors and the source of the work. The license ensures that the article will be available as widely as possible and that the article can be included in any scientific archive. For more information, please see Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License.