Main Article Content

Abstract

Hasil belajar siswa merupakan salah satu variabel yang banyak diteliti dalam penelitian di bidang pendidikan. Hasil belajar dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor tersebut tidak hanya berupa faktor internal, tetapi juga faktor eksternal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar, kecemasan dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Samarinda tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proportional cluster random sampling dengan sampel sebanyak 132 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket disiplin belajar, kecemasan, perhatian orang tua dan tes hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin belajar, kecemasan dan perhatian orang tua memberikan pengaruh secara simultan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018 dengan sumbangan sebesar 18,1%. Secara parsial disiplin belajar, kecemasan dan perhatian orang tua memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018.

Keywords

Disiplin belajar Kecemasan Perhatian orang tua Hasil belajar

Article Details

How to Cite
Asmawati, A. A., Sugeng, S., & Labulan, P. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar, Kecemasan dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1-10. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i1.391

References

  1. Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Azwar, S. (1995). Sikap Manusia. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  3. Munasiah. (2015). Pengaruh Kecemasan Belajar dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa terhadap Kemampuan Penalaran Matematika. Jurnal Formatif, 5(3), hal. 220-232, 2015, ISSN: 2088-351X.
  4. Nevid, J., & Greene, B. (2005). Psikologi Abnormal. Terjemahan oleh Tim Fakultas Psikologis Universitas Indonesia. Jakarta: Erlangga.
  5. Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
  6. Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
  7. Sukardi. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  8. Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.