Kemampuan kognitif Siswa kelas homogen saat mengerjakan soal TIMSS materi bilangan

Authors

  • Silvia Aras Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Rusdiana Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Nanda Arista Rizki Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30872/primatika.v13i1.3732

Keywords:

Kemampuan kognitif, TIMSS, Bilangan

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang memiliki peran penting dalam kehidupan sehari hari sehingga perlu untuk diajarkan sedari kecil. Penilaian kemampuan matematika dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menggunakan Trend in Intenational Mathematic Science Study (TIMSS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif matematika Siswa kelas homogen di SMP Negeri 3 Tanjung Redeb saat mengerjakan soal TIMSS materi bilangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VIII homogen di SMP Negeri 3 Tanjung Redeb, sedangkan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis berupa 20 soal TIMSS uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan Siswa menjawab benar yaitu untuk kognitif pengetahuan dengan persentase 58%, kognitif penerapan dengan persentase 43% dan kognitif penalaran dengan persentase 20%. Berdasarkan hasil data tes tertulis dapat disimpulkan bahwa untuk kemampuan Siswa dominan tinggi pada kognitif pengetahuan sedangkan kemampuan Siswa dominan rendah pada kognitif penalaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah. (2013). Pengembangan soal tipe PISA di Sekolah Menengah Pertama. Edumatica, 3(1), 27–34.

Aliah, S. N., & Bernard, M. (2020). Analisis kesulitan Siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah berbentuk cerita pada materi segitiga dan segiempat. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 111–118. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v6i2.9325

Cahyanita, E., Sunardi, & Sugiarti, T. (2018). Profil berpikir kreatif Siswa dalam menyelesaikan soal model TIMSS konten geometri. Jurnal Kadikma, 9(3), 11–20.

Cahyono, B., & Adilah, N. (2016). Analisis soal dalam buku Siswa matematika kurikulum 2013 kelas VIII semester I berdasarkan dimensi kognitif dari TIMSS. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 86–98. https://doi.org/10.15642/jrpm.2016.1.1.86-98

Hidayati, A., & Widodo, S. (2015). Proses penalaran matematis Siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi pokok dimensi tiga berdasarkan kemampuan Siswa di SMA Negeri 5 Kediri. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 1–13.

Kurniawati, A., & Ramlah. (2021). Studi kasus kemampuan penalaran matematis Siswa SMP dalam memecahkan soal TIMSS pada materi bilangan. Maju : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 130–138.

Masturah, R., Zubaidah, T., & Khairunnisak, C. (2021). Kemampuan Siswa SMP dalam menyelesaikan Soal TIMSS pada materi aljabar. Jurnal Peluang, 9(2), 18–26. https://doi.org/10.24815/jp.v9i2.26488

Mullis, I. V. S., & Martin, M. O. (2013). TIMSS 2015 Assessment Frameworks. Boston College.

Prasetyo, D. A. B., & Rudhito, M. A. (2016). Analisis kemampuan dan kesulitan Siswa SMP dalam menyelesaikan soal bilangan model TIMSS. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(2), 122–128. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v21i2.819

Prasetyo, N. H., & Ramlah. (2021). Deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematis Siswa kelas VIII pada soal TIMSS ditinjau dari kemampuan awal. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1147–1156. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1147-1156

Prastyo, H. (2020). Kemampuan matematika Siswa Indonesia berdasarkan TIMSS. Jurnal Padegogik, 3(2), 111–117. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2367

Sumiati, A., & Agustini, Y. (2020). Analisis kesulitan menyelesaikan soal segiempat dan segitiga Siswa SMP kelas VIII di Cianjur. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 321–331. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.184

Susanto, A. (2013). Teori Belajara dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.

Syaripuddin, Fauzi, A., & Ariswoyo, S. (2020). Peningkatan kemampuan penalaran matematis Siswa MTs melalui pendekatan metakognitif. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(2), 55–64. https://doi.org/10.54314/jmn.v3i2.142

Usman, R. N., Bito, N., & Isa, D. R. (2022). Deskripsi kemampuan matematika berdasarkan domain kognitif TIMSS Kelas VIII SMP Negeri 3 Gorontalo. Media Pendidikan Matematika, 10(1), 60–66. https://doi.org/10.33394/mpm.v10i1.4874

Wardhani, A. K., Haerudin, & Ramlah. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis Siswa dalam menyelesaikan soal TIMSS materi geometri. Didactical Mathematics, 4(1), 94–103. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2017

Wardhani, S., & Rumiati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP : Belajar dari PISA dan TIMSS. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Aras, S., Rusdiana, R., & Rizki, N. A. (2024). Kemampuan kognitif Siswa kelas homogen saat mengerjakan soal TIMSS materi bilangan. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 55–62. https://doi.org/10.30872/primatika.v13i1.3732

Issue

Section

Articles